Langkah-langkah yang Harus Diperhatikan dalam Berolahraga

GoDok – Olahraga merupakan kegiatan  yang mempunyai manfaat baik bagi tubuh. Tapi, tahukah Anda, olahraga dapat menyebabkan cedera pada tubuh jika dilakukan secara sembarangan?

Pemanasan dan pendinginan adalah 2 kegiatan yang harus Anda lakukan sebelum berolahraga. Mulailah dengan pemanasan dengan durasi 5-10 menit. Fungsinya untuk memacu peredaran darah sekaligus meningkatkan suhu otot. William Levine MD, Director of Sports Medicine dari Columbia University Medical Center di New York mengatakan, olahraga sebaiknya dimulai dengan melakukan pemanasan seperti jalan santai atau jogging. Gunanya untuk menghindari otot kaku serta ‘dingin’ yang dapat mengakibatkan cedera.

Setelah pemanasan, lanjutkanlah dengan melenturkan otot tubuh agar terhindar dari keram dan salah urat dengan peregangan. Ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan peregangan, seperti:

  • Pilihlah gerakan yang ringan dengan durasi setiap gerakan tidak lebih dari 30 detik
  • Hindari gerakan melompat selama peregangan
  • Jangan memaksakan tubuh selama proses peregangan. Apabila badan terasa tidak nyaman, berarti Anda berlebihan melakukan proses tersebut.

Bagi Anda yang belum mengetahui langkah-langkah gerakan dalam peregangan, berikut urutan gerakan yang bisa Anda lakukan:

  1. Mulailah dengan gerakan yang dinamis, seperti memutar-mutar tangan dan pinggang selama 30 detik.
  2. Setelah itu, lakukanlah gerakan memutar pergelangan kaki yang diikuti oleh butt-kick. Gerakan ini untuk menghindari kaku otot di area kaki.
  3. Lalu, dekatkan telinga pada bahu masing-masing selama 5-10 detik. Setelah itu, turunkan perlahan dagu kedada, tahan selama 5-10 detik. Gerakan tersebut untuk menghindari cedera leher.
  4. Regangkan bahu secara bergantian dengan cara menarik sikut kedalam sebanyak 20 kali.
  5. Putar tangan dalam bentuk lingkaran sembari mengepal dan membuka jari tangan secara bergantian selama 30 detik.
  6. Bungkukkan bagian atas tubuh ke depan dan ke belakang secara perlahan dengan jari tangan menyentuh jari kaki saat membungkuk ke depan. Lalu, putar badan ke samping kanan dan kiri secara bergantian. Durasi untuk masing-masing gerakan tidak lebih dari 15 detik.
  7. Terakhir, regangkanlah pinggan Anda. Carilah tempat yang nyaman untuk telungkup, tahan lantai dengan kedua tangan Anda dan angkat kaki secara bergantian seperti sedang berjalan selama 30 detik.

Setelah melakukan 2 kegiatan tersebut, barulah Anda boleh berolahraga. Yang perlu diingat setelah selesai berolahraga, jangan lupa untuk melakukan sesi pendinginan agar detak jantung serta suhu tubuh kembali normal. Beberapa gerakan seperti sky-strecth atau arm-strecth dapat mengembalikan kondisi tubuh Anda ke keadaan normal. Selamat berolahraga!

Leave a Reply