Langkah Jitu Hentikan Kebiasaan Mengonsumsi Minuman Keras

Langkah Jitu Hentikan Kebiasaan Mengonsumsi Minuman Keras

Meskipun dampak buruk minuman keras sudah dikenal luas, namun banyak penikmatnya yang mengeluhkan bahwa perkara berhenti mengonsumsi minuman jenis ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

GoDok – Langkah Jitu Hentikan Kebiasaan Mengonsumsi Minuman Keras – Seiring dengan perkembangan jaman, kebiasaan mengonsumsi minuman keras yang dulu dianggap tabu -bahkan untuk diperbincangkan- kini malah dianggap sebagai salah satu kebiasaan ‘khas’ anak muda di kota-kota metropolitan. Banyak sekali alasan yang diutarakan oleh mereka penikmat minuman beralkohol; mulai dari efeknya yang menenangkan hingga karena alasan ikut tren saja.

Padahal, sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol tidaklah baik bagi kesehatan. Sebut saja beberapa dampak buruknya, seperti memicu sirosis hati, penyakit jantung, hingga kanker. Mengerikan!

Meskipun dampak buruk minuman keras sudah dikenal luas, namun banyak penikmatnya yang mengeluhkan bahwa perkara berhenti mengonsumsi minuman jenis ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Pernyataan tersebut memang benar adanya. Tapi, peribahasa mengatakan, “Di mana ada kemauan, di situ ada jalan”, bukan? Berikut Go Dok paparkan 5 langkah jitu hentikan kebiasaan mengonsumsi  minuman keras yang dapat Anda coba:

Langkah jitu hentikan kebiasaan mengonsumsi  minuman keras 

1.  Tumbuhkan niat, bulatkan tekad!

Memang, mengubah kebiasaan tidaklah mudah; begitu juga dengan kebiasaan mengonsumsi miras. Namun, semua itu dapat berubah jika Anda memiliki niat yang kuat. Maka, teguhkan dan bulatkan niat serta tekad Anda untuk tidak lagi mengonsumsi alkohol demi kehidupan yang lebih baik. Anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk konsisten di awal. Namun, selalu ingatkan diri bahwa alkohol tidak akan menyelesaikan masalah Anda.

2. Ganti pola hidup yang lebih sehat!

Agar niatan untuk meninggalkan miras dapat berjalan dengan lancar, maka Anda disarankan untuk mulai menjalani pola hidup yang lebih sehat. Mulai dari sekarang, mulai dorong diri sendiri untuk berolahraga secara rutin. Aktivitas fisik ini terbukti ampuh dalam mengalihkan pikiran Anda setiap kali ingin kembali mengonsumsi alkohol. Selain itu, perbanyaklah meminum air putih. Kandungan oksigen di dalamnya terbukti dapat memperlancar sistem peredaran darah ke otak sekaligus memicu pembuangan zat-zat toksin yang ada di dalam tubuh.

(Baca: Intip Tips Hidup Sehat ala Artis Indonesia)

3. Hindari tempat yang menjajakan gemerlap malam!

Banyak orang yang mengeluhkan bahwa kecanduan mereka terhadap minuman beralkohol diawali dari tempat-tempat yang menjajakan gemerlap malam, seperti diskotik dan club malam. Karenanya, mulai dari sekarang, yuk hindari kebiasaan pergi ke tempat seperti itu lagi! Sebaliknya, mulailah cari kegiatan yang bermanfaat bersama kerabat, seperti hunting pemandangan malam kota; atau bahkan berolahraga.

4. Rasakan semua yang ingin Anda rasakan!

Jika dulu Anda sering melampiaskan semua permasalahan hidup yang dirasa dengan mengonsumsi minuman beralkohol; maka, mulai dari sekarang, mulailah berlaku dewasa dengan menghadapi segalanya secara ‘jantan’. Daripada memendam emosi, ada baiknya Anda mencurahkan semua perasaan secara lebih real.  Jika memang sedang bersedih, maka menangislah. Jika sedang tertekan, maka curahkan semua beban dengan keluarga atau orang terdekat. Niscaya, Anda akan merasakan perasaan lega tanpa harus menenggak miras.

5. Rasakan manfaatnya!

Nah, akhirnya, jika kelak Anda berhasil dengan segala usaha untuk berhenti ‘minum’, maka rasakanlah manfaatnya! Perhatikan kesehatan tubuh Anda; dan sadari bahwa langkah untuk berhenti ‘minum’ merupakan resolusi terhebat yang pernah Anda lakukan.  Bukan saja energi tubuh yang akan meningkat, Anda juga akan terhindar dari risiko penyakit harian hingga kanker.

Itu tadi 5 langkah jitu hentikan kebiasaan mengonsumsi minuman keras. Semoga bermanfaat!

Comments are closed.