6 Langkah Mudah Dapatkan Tubuh Bugar di Usia Tua

tubuh bugar di usia tua
Sehat atau tidaknya tubuh yang dimiliki saat tua nanti murni ditentukan oleh pola hidup yang kita anut; dimulai dari sekarang saat masih muda. Miliki tubuh bugar di usia tua dengan praktikan hal-hal berikut ini:

GoDokTubuh Bugar di Usia TuaMemiliki tubuh yang sehat dan bugar saat usia telah beranjak tua nanti sudah pasti jadi impian setiap orang. Namun, terkadang kita terlalu malas untuk mulai menjaga kesehatan tubuh sejak masih muda dan berendapat bahwa tubuh yang sehat saat tua hanyalah perkara ‘untung-untungan’ saja. Padahal, menurut menurut drg. Kartini Rustandi M. Kes.,-mantan ditjen Bina Upaya Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan-, kondisi tubuh yang bugar dan sehat di usia lanjut sangat ditentukan oleh pola hidup yang kita jalani  mulai dari usia kanak-kanak, remaja, dewasa, hingga nanti saat sudah tua. Inilah yang ia sebut dengan life cycle approve.

Nah, sehat atau tidaknya tubuh yang dimiliki saat tua nanti murni ditentukan oleh pola hidup yang kita anut; dimulai dari sekarang saat masih muda. Tidak ada kata terlambat! Berikut Go Dok paparkan beberapa tips jitu rawat kesehatan demi mendapatkan tubuh bugar di usia tua:

1. Olahraga secara teratur

Meskipun manfaat olahraga secara teratur sudah banyak digaung-gaungkan, namun tetap saja banyak dari kita yang menganggap sepele hal ini. Padahal, jika sejak muda tubuh terbiasa berolahraga; maka niscaya otot, persendian, serta tulang Anda akan  tetap kuat meskipun usia mulai beranjak tua. Karenanya, mulailah rutin melakukan beberapa jenis olahraga ringan yang dapat melatih kebugaran, seperti senam, yoga, atau pilates agar Anda miliki tubuh bugar di usia tua nanti.

2. Mencukupi kebutuhan air putih

Selain berkhasiat untuk menjaga tubuh agar terus terdehidrasi, kebiasaan minum air putih dengan jumlah yang mencukupi juga terbukti dapat meningkatkan fungsi otak, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, hingga mencegah timbulnya beberapa penyakit, seperti batu ginjal dan sembelit.

3. Memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi dengan diet yang seimbang

Jika ingin memiliki tubuh bugar di usia tua, maka Anda disarankan untuk mulai mengurangi konsumsi junk food yang tinggi kandungan lemak dan garamnya. Gantinya, Anda diwajibkan untuk menjaga pola makan yang sehat dengan selalu mempertimbangkan asupan semua kebutuhan esensial tubuh, seperti karbohidrat, lemak, protein, mineral, kalisum, dan vitamin. Berikut, beberapa jenis makanan yang dianjurkan jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat di usia tua:

  • Gandum. Bahan pangan yang satu ini memang kaya akan serat alami. Karenanya, konsumsi gandum secara rutin dipercaya dapat menjaga kesehatan organ serta sistem pencernaan
  • Kentang. Dibandingkan dengan nasi, karbohidrat yang terkandung di dalam kentang tidaklah terlalu tinggi. Karenanya, kentang dapat dijadikan opsi sumber karbohidrat jika Anda ingin terhindar dari obesitas. Selain itu, kentang juga kaya akan kalium-senyawa yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otot-otot tubuh
  • Ikan. Tahukah Anda, bahwa bahan pangan ini terbukti mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi? Karenanya, asupan ikan yang cukup sejak dini terbukti dapat mencegah kemunduran fungsi kognitif hingga mencegah timbulnya Alzheimer di usia tua.
  • Blueberry. Buah ini sudah dikenal sejak lama akan kandungan senyawa antioksidannya yang tinggi. Oleh karena itu, tidak aneh jika kemudian banyak ahli yang menyarankan konsumsi rutin blueberrysejak dini karena antioksidannya berfungsi untuk menghalau masuknya zat-zat asing ke dalam tubuh.
  • Lemak baik yang terkandung di dalam alpukat terbukti ampuh dalam menjaga fungsi serta kesehatan organ jantung.

4. Terus mengasah otak

Ingin terhindar dari penurunan fungsi otak saat tua nanti? Maka, rajin-rajinlah mengasah otak mulai dari sekarang. Cobalah beberapa jenis permainan yang baik bagi fungsi kognitif Anda, seperti sudoku dan TTS (Teka-teki Silang)

5. Tidur yang cukup

Tidur merupakan waktu di mana otak dan tubuh Anda beristirahat. Karenanya, terbiasa mencukupi waktu tidur tidak hanya baik bagi kesehatan mental, namun juga baik bagi kesehatan tubuh. Bayangkan jika tubuh Anda dipaksa untuk terus bekerja padahal waktu sudah menunjukkan jam beristirahat. Tentunya hal ini dapat membuat organ tubuh kelelahan hingga akhirnya menunjukkan gejala kemunduran fungsi.

6. Rutin checkup

Siapa bilang kebisaan rutin check-up hanya harus dilakukan oleh mereka yang sudah berusia senja saja? Pemahaman tersebut terbukti salah besar. Alasannya tidak lain karena kebiasaan mengonsultasikan kesehatan Anda secara rutin justru dianggap ampuh untuk mendeteksi penyebaran penyakit yang tidak kasat mata. Hasilnya, Anda lebih sigap dalam mengobati dan menangani peyakit tersebut sebelum bertambah parah.

Itu tadi beberapa beberapa tips jitu merawat tubuh sejak dini demi mendapatkan tubuh bugar di usia tua. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari Smartphone. Download aplikasi Go Dok di sini.

Comments are closed.