Lakukan 3 Hal Ini Saat Berolahraga di Waktu Puasa

berolahraga di waktu puasa
Saat berpuasa biasanya menjadi suatu alasan bagi Anda untuk bermalas-malasan. Tahukah Anda bahwa saat berpuasa kita masih dianjurkan untuk tetap berolahraga?

GoDok – Berolahraga di Waktu Puasa – Bagaimana persiapan puasa Anda? Sudahkah Anda lakukan dengan benar? Pastinya banyak dari Anda yang telah mengikuti cara berpuasa sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, kaya karbohidrat, dan kaya serat.

Namun masalahnya, saat berpuasa biasanya menjadi suatu alasan bagi Anda untuk bermalas-malasan. Benar, bukan? Hayo ngaku! Padahal, tahukah Anda bahwa saat berpuasa kita masih dianjurkan untuk tetap berolahraga?

Berolahraga di Waktu Puasa

Berolahraga saat puasa

Puasa bukanlah penghalang bagi kita untuk beraktivitas dan melakukan olahraga, terutama bagi Anda yang ingin menurunkan atau menjaga berat badan. Memang terkesan berat, terlebih Anda harus menahan makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Namun, itu bukanlah alasan untuk lemas. Karena, Berolahraga di waktu puasa itu tetap direkomendasikan untuk kesehatan dan kesegaran tubuh. Dengan berolahraga, akan membuat tubuh Anda lebih bugar dan bersemangat, bukan jadi malas! Namun, patut Anda ketahui bahwa saat puasa akan terjadi penurunan metabolisme tubuh secara alami karena terbatasnya asupan energi dan nutrisi yang didapat melalui makanan.

Bagaimana aturannya?

Sebelum memulai berolahraga di waktu puasa,  perlu Anda ketahui bahwa menurut dr. Michael Triangto dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran Jakarta, berolahraga di waktu puasa harus jelas tujuannya Apabila untuk kesehatan dan kebugaran lakukanlah di sore hari, karena efeknya akan terasa sampai malam hari. Namun apabila untuk kesegaran, lakukanlah pagi hari atau setelah subuh agar tubuh Anda menjadi semangat dalam melakukan aktivitias selanjutnya.

Nah, bagi Anda yang masih pemula, lakukanlah olahraga selama kurang lebih 30 menit, sebelum berbuka puasa. Dan bagi Anda yang sudah biasa, tambah waktunya menjadi kurang lebih 45 menit – 1 jam. Untuk melengkapinya, yuk lakukan 3 hal ini saat berolahraga :

(Baca: 7 Cara Mencegah Rasa Kantuk Setelah Sahur)

1.  Konsumsilah protein dan karbohidrat yang sehat saat sahur dan buka puasa

Berolahraga di waktu puasa sebaiknya Anda lakukan tetapi jangan lupa untuk konsumsi protein dan karbohidrat saat sahur dan berbuka. Saat berpuasa, Anda tidak akan mengonsumsi makanan atau minuman sesuai waktu yang seharusnya. Oleh karena itu, asupan gizi dan nutrisi bagi tubuh Anda akan berkurang. Untuk mengatasinya, bekali tubuh Anda sebelum puasa pada saat sahur dan konsumsi pula makanan yang baik saat berbuka. Makanan dan minuman berprotein yang dapat menjadi alternatif misalnya daging, sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan dan susu. Serta konsumsi pula nasi, kentang atau roti sebagai sumber karbohidrat. Dengan tercukupinya asupan makanan, maka puasa dan olahraga Anda akan tetap berjalan dengan lancar.

(Baca: Bahaya Tidur Setelah Sahur, Waspadai Sebelum Terlambat!)

2. Hindari olahraga yang intensitasnya tinggi saat sedang berpuasa

Berolahraga di waktu puasa memang dianjurkan tapi jangan lupa untuk menghindari aktivitas cardio yang berlebihan, ya! Pasalnya, hal ini tidak baik bagi kesehatan. Lebih baik Anda memilih olahraga yang intensitasnya rendah hingga sedang, demi menjaga puasa Anda tetap kuat. Contohnya, seperti jalan cepat, jogging santai, bersepeda, bowling atau yoga.

3. Jika ingin melakukan cardio dengan intensitas tinggi, lakukanlah 2-3 jam setelah makan berat

Nah, apabila olahraga dengan intensitas rendah hingga sedang belum cukup bagi Anda, maka lakukanlah olahraga cardio yang lebih berat. Tidak apa-apa, kok! Namun, harus tahu waktunya, ya! Lakukanlah setelah tubuh mendapat asupan makanan berat yang cukup dan tidak berlebihan saat berbuka puasa. Kosongkan waktu selama 2-3 jam untuk membiarkan makanan dalam perut Anda tercerna dengan baik. Dengan begitu, Anda dapat melakukan cardio dengan intensitas yang tinggi.

(Baca: 6 Olahraga untuk Penderita Nyeri Lutut)

Jadi, masih ingin bermalas-malasan saat berpuasa? Lebih baik bangkit dan berolahraga di waktu puasa ini, yuk. Semangat berpuasa!