Ladies, Ini Dia Cara Ampuh atasi Nyeri Haid

cara ampuh atasi nyeri haid

GoDok – Cara ampuh atasi nyeri haid – Ladies, saat sedang waktunya datang bulan, tentu beberapa dari Anda ada yang mengalami nyeri teramat sangat di bagian bawah perut. Biasanya, nyeri ini datang dibarengi dengan rasa pegal di pinggang dan sekujur tubuh. Hasilnya, masa-masa menstruasi terasa bagai neraka. Bukan, begitu?

Namun, tak perlu cemas! Sebab, ada beberapa cara dan rutinitas yang dapat Anda terapkan untuk mengatasinya. Apa sajakah cara ampuh hadapi nyeri haid tersebut?

Berikut Go Dok jabarkan daftar lengkap cara ampuh atasi nyeri haid

1. Kompres atau mandi dengan air hangat

Untuk langkah awal sebagai cara ampuh atasi nyeri haid cobalah mengompres area yang terasa nyeri dengan botol atau handuk air hangat kuku. Panas yang dikeluarkan dari kedua hal tersebut dipercaya dapat merelaksasi otot-otot perut dan uterus yang tengah tegang. Hasilnya, nyeri yang Anda rasakan perlahan akan berkurang. Jika mau, Anda juga bisa mandi atau berendam air hangat guna merelaksasi seluruh tubuh sekaligus melancarkan peredaran darah. Percayalah, rasanya akan sangat nyaman!

2. Olahraga teratur

Olahraga adalah salah satu cara ampuh atasi nyeri haid. Saat sudah dekat tanggal datang bulan, usahakanlah untuk berolahraga secara teratur, baik di pagi maupun sore hari. Nah, ketika Anda datang bulan, jangan hentikan rutinitas ini dan tetaplah berolahraga. Hanya saja, kurangi porsi olahraga Anda menjadi ringan, seperti bersepeda atau jogging jarak dekat. Berolahraga ringan akan membantu dalam mengurangi rasa nyeri haid. Meski begitu, jangan paksakan diri Anda jika tidak mampu.

3. Minum jamu

Cara tradisional ini sudah sejak lama digunakan sebaga cara ampuh atasi nyeri haid. Bukan tanpa alasan, meminum jamu, khususnya yang mengandung kunyit, memang dapat meredakan rasa sakitnya. Racik sendiri jamu ini dengan merebus 15 – 30 gr daun dewa dan 20 gr kunyit bersama 600 cc air. Sisakan setengah air rebusan yang telah disaring, lalu minumlah dua kali dalam sehari. Jika dilakukan rutin, yakin deh hal ini bisa mengobati nyeri haid sekaligus memperlancar menstruasi.

4. Manfaatkan jahe

Selanjutnya, cara ampuh atasi nyeri haid dengan memanfaatkan jahe. Terkenal sebagai obat flu dan masuk angin, ternyata jahe juga memiliki khasiat dalam meringankan nyeri haid. Cara penggunaannya mudah saja, Anda cukup mengiris sebuah jahe kecil-kecil, seduh dengan air panas secukupnya, dan minumlah. Jika mau, Anda dapat pula menambahkan gula pada ramuan satu ini.

5. Gunakan kayu manis

Bumbu dapur yang berguna sebagai penyedap masakan ini, ternyata juga bagus untuk kesehatan rahim, lho . Pasalnya, kayu manis mengandung vitamin, mineral, dan zat besi yang dibutuhkan seorang wanita saat sedang datang bulan. Karenanya, kayu manis banyak dipercaya sebagai pereda nyeri haid yang ampuh.

6. Banyak minum air

Cara ampuh atasi nyeri haid yang selanjutnya dengan banyak minum air. Tentu banyak dari Anda yang setuju bahwa meminum banyak air dapat memperlancar menstruasi. Selain itu, meminum cukup dan banyak air juga dapat menghindarkan Anda dari sakit yang berlebih ketika haid. Akan lebih jika Anda meminum air hangat, guna melemaskan otot-otot perut dan rahim yang tengah tegang, dan mengurangi rasa sakitnya.

7. Tidur

Tak banyak yang menduga bahwa tidur merupakan salah satu cara ampuh hadapi nyeri haid. Mungkin lebih tepatnya, tidur teratur dan lelap, karena kebiasaan begadang ditambah kualitas tidur yang buruk akan membuat masa haid lebih sakit. Tidur lebih lama dan lebih nyenyak juga dapat membantu tubuh Anda merasa lebih rileks dibandingkan dengan meminum obat-obatan pereda nyeri.

8. Hindari hal-hal berikut

Terakhir, cara ampuh atasi nyeri haid dengan menghindari hal-hal didaftar berikut:

Minuman bersoda

– Minuman berkafein (kopi)

– Merokok

– Menenggak minuman beralkohol

– Makanan berlemak

– Makanan yang mengandung banyak garam

Karena dengan menghindarinya, Anda bisa terhindarkan dari rasa sakit yang amat sangat saat menstruasi. Mudah, bukan?

Nah, itu dia 8 cara ampuh atasi nyeri haid yang harus Anda lakukan. Tertarik mencoba salah satunya? Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasi Go Dok di sini.