Ladies, Ini Dia 8 Makanan Peningkat Kesuburan Wanita

Makanan Peningkat Kesuburan Wanita

Go Dok- Makanan peningkat kesuburan wanita- Apa rasanya jika Anda, ladies, didiagnosa tidak bisa memiliki keturunan karena tingkat kesuburan kandungan yang kurang? Pastinya sangat menyesakkan! Nah, demi menghindari kemungkinan terburuk;

Yuk, konsumsi 8 makanan peningkat kesuburan wanita berikut ini!

1. Tiram

Makanan peningkat kesuburan wanita yang pertama adalah tiram. Jarang yang mengetahui bahwa dalam satu buah tiram, terkandung banyak zinc yang bermanfaat untuk memperlancar siklus menstruasi dan merangsang produksi sel telur yang berkualitas. Jadi, masih malas makan tiram?

2. Produk olahan susu

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan beberapa produk olahan susu, seperti mentega, keju, dan yoghurt. Namun, siapa sangka bahwa makanan tersebut ternyata dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesuburan wanita? Ya, studi terakhir menunjukkan bahwa konsumsi rutin makanan berbahan dasar susu tinggi lemak dan kalsium terbukti mampu meningkatkan kesehatan serta kesuburan kandungan.

3. Daging ayam dan sapi

Selanjutnya, Anda juga bisa meningkatkan kesuburan dengan rutin mengonsumsi daging ayam atau sapi, minimal seminggu sekali. Faktanya, jarang mengonsumsi daging ayam atau sapi yang notabene merupakan sumber zat besi dan protein hewani dipercaya mampu meningkatkan risiko kemandulan.

Eits, jangan asal dalam memilih daging sapi dan ayam, ya! Ada baiknya Anda mengonsumsi bagian daging yang rendah lemak, seperti bagian dada pada ayam atau daging has luar dan dalam pada sapi.

4. Karbohidrat kompleks

Makanan peningkat kesuburan wanita yang selanjutnya adalah karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, gandum utuh, dan sereal biji-bijian. Banyak ahli mempercayai bahwa bahan pangan tadi baik untuk meningkatkan kesuburan wanita karena nutrisi yang terkandung di dalamnya terhitung masih utuh jika dibandingkan dengan sumber karbohidrat olahan, semisal roti tawar dan nasi putih.

5. Ubi

Ubi -siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini. Selain berkhasiat sebagai sumber energi bagi tubuh, ubi juga ternyata bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesuburan wanita. Faktanya, dalam ubi terkandung zat yang dapat merangsang proses ovulasi. Jadi, mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk berkreasi mencipta makanan berbahan dasar ubi, ya!

6. Minyak zaitun

Mungkin Anda mengira bahwa minyak zaitun hanya dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit saja. Salah! Buktinya, banyak studi yang mengemukakan bahwa kandungan Omega-3 dalam minyak zaitun berkhasiat untuk meningkatkan kualitas sel telur pada wanita. Karenanya, yuk, ganti minyak gorang Anda dengan minyak zaitun!

7. Telur

Jarang yang mengetahui bahwa kandungan protein dan kolin yang tinggi pada telur membuat konsumsi bahan pangan ini baik untuk meningkatakn kesuburan wanita karena dapat mengoptimalkan penyerapan asam folat.

8. Buah dan sayuran

Makanan peningkat kesuburan wanita yang terakhir adalah buah dan sayuran. Eits, tapi jangan asal, ya! Karena buah dan sayur yang dimaksud di sini adalah jenis yang berwarna cerah. Alasannya tidak lain karena warna cerahnya menunjukkan bahwa buah dan sayuran tersebut kaya akan senyawa antioksidan dan fitokimia; yang jika dikonsumsi dapat menekan risiko timbulnya gangguan pada hormon reproduksi.

Itu tadi penjabaran lengkap mengenai 8 makanan peningkat kesuburan wanita. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.