Ladies, Ini Dia 8 Hal Penyebab Payudara Nyeri

penyebab payudara nyeri

GoDok- Penyebab payudara nyeriPernahkah Anda mengalami kondisi di mana payudara terasa nyeri? Seringnya dianggap sebagai kondisi medis yang tidak berbahaya, banyak wanita yang kemudian menganggap sepele sensasi nyeri yang muncul. Padahal, payudara nyeri bisa saja merupakan pertanda penyakit mematikan, seperti kanker, lho!

Yuk, hindari kemungkinan terburuk dengan kenali terlebih dahulu 8 penyebab payudara nyeri berikut ini!

1. Mastitis

Payudara nyeri bisa disebabkan oleh mastitis. Pada dasarnya, mastitis mengacu pada infeksi yang mengenai satu atau beberapa saluran payudara. Infeksi sendiri bisa diakibatkan oleh masuknya bakteri yang berasal dari mulut dan hidung bayi. Karenanya, tidak heran jika mastitis kemudian banyak diasosiasikan sebagai penyebab payudara nyeri pada ibu menyusui.

2. Siklus menstruasi

Perlu Anda ketahui bahwa nyeri pada payudara juga biasa dirasakan oleh wanita ketika mereka mendekati siklus menstruasi. Kondisi yang disebut dengan istilah nyeri payudara siklik ini biasanya akan muncul 3 hari sebelum siklus menstruasi dimulai; dan akan menghilang dengan sendirinya.

3. Ukuran bra yang tidak sesuai

Ukuran payudara yang tidak sesuai bisa menyebabkan payudara nyeri. Lho. Misalnya, ukuran payudara yang seharusnya termasuk ke dalam cup B malah dipaksa untuk muat ke dalam bra berukuran cup A. Padahal, hal ini dapat menganggu peredaran darah sehingga timbullah rasa nyeri.

Selain itu, kebiasaan menggunakan bra yang ditopang dengan kawat juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Solusinya, pilihlah bra dengan ukuran yang sesuai dan terbuat dari bahan yang nyaman. Usahakan pula untuk melepas bra ketika sedang tidak beraktivitas, sebab hal ini dapat membuat pori-pori pada kulit payudara dapat bernafas dengan leluasa.

(Baca: Cara Mengencangkan Payudara yang Terbukti Ampuh!)

4. Kebiasaan membawa beban berat

Selanjutnya, penyebab payudara nyeri adalah kebiasaan membawa beban berat. Ternyata, kebiasaan membawa beban dapat membuat otot pektoral yang terletak di bawah payudara menjadi tegang. Inilah yang kemudian memicu timbulnya perasaan tidak nyaman, bahkan nyeri.

5. Alergi

Dalam beberapa kasus, nyeri di payudara dapat pula dipicu oleh penggunaan body lotion yang tidak tepat sehingga menimbulkan reaksi alergi. Hal ini sejalan dengan penjelasan dr. Diana Ramos -seorang ahli kesehatan- yang mengungkapkan bahwa kandungan senyawa kimia dalam body lotion, mist, atau detergen dapat masuk melalui pori-pori kulit payudara dan memicu nyeri khas alergi.

6. Konsumsi obat-obatan

Tahukah Anda, bahwa obat yang termasuk ke dalam golongan vasodilator -seperti obat penurun tekanan darah tinggi- dapat menjadi penyebab payudara nyeri? Faktanya, obat golongan ini bekerja dengan cara memperlebar pembuluh darah. Nah, meskipun terbukti ampuh dalam menyetabilkan tekanan darah, obat-obatan ini ternyata memiliki beberapa efek samping -termasuk menyebabkan payudara nyeri.

(Baca: Cara Mencegah Kanker Payudara, Kenali dan Praktikan!)

7. Pil KB

Jarang yang mengetahui bahwa penggunaan pil KB dapat meningkatkan jumlah hormon esterogen dalam tubuh wanita. Dampaknya, payudara akan terasa nyeri, lebih sensitif, terasa lembek, dan membengkak.

8. Kanker payudara

Ini dia penyebab payudara nyeri yang paling ditakutkan; kanker payudara. Karenanya, jika nyeri diiringi dengan itmbulnya benjolan, maka segera konsultasikan kesehatan Anda ke dokter. Ingat! Semakin lama Anda menunda konsultasi, maka semakin besar pula risiko sel kanker menyebar ke organ tubuh lain.

Itu tadi 8 penyebab payudara nyeri yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!