Ladies, ini Bahan Alami Cegah Kulit Kering!

www.go-dok.com

Kurang minum, terlalu lama di ruang ber AC, hingga penggunaan sabun dan bahan antiseptik adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan permukaan kulit terasa kasar dan kering.

Kulit kering biasanya juga ditandai dengan retakan atau garis-garis halus yang menyebabkan kulit bersisik dan mengelupas. Bagi yang mengalami hal tersebut, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perawatan, yuk cek terlebih dahulu tips mudah menjaga kelembapan kulit di bawah ini:

1. Banyak minum air putih

Air dapat membantu melancarkan aliran pembuluh darah ke lapisan kulit, sehingga kulit menjadi lembap. Jika ingin terhindar dari kulit kering, pastikan konsumsi air putih harian Anda tercukupi yaitu dengan setidaknya meminum 8 – 9 gelas air putih setiap hari.

2. Rajin mandi dengan air dingin

Ternyata, kebiasaan mandi menggunakan air hangat terlalu sering tidak disarankan karena dapat menghilangkan minyak alami kulit yang membuatnya menjadi keriput. Ada baiknya mulai biasakan mandi dengan air dingin karena dapat mengembalikan kesegaran kulit. Selain itu, jangan menggosok tubuh dengan handuk setelah selesai mandi karena dapat mengiritasi kulit. Anda cukup menepuk-nepukkan handuk ke bagian tubuh yang basah agar lapisan kulit tetap terjaga.

3. Batasi paparan AC

Udara dingin yang dikeluarkan oleh AC (Air Conditioner) ternyata dapat  menyerap kelambaban kulit sehingga menjadi kering. Solusinya, jika Anda terbiasa beraktivitas dalam ruangan ber-AC, gunakanlah pelembap untuk meminimalisir efek negatifnya pada kulit. Penggunaan pelembap yang memiliki kandungan minyak yang tinggi seperti salep dan krim dapat membuat kulit tetap lembap dan sehat.

4. Tidur yang cukup

Jangan sepelekan jadwal serta durasi tidur, karena kebiasaan begadang atau tidur terlalu larut dapat mengganggu proses peremajaan kulit yang menyebabkannya terlihat lebih kusam dan kering.

5. Hindari merokokserta kurangi konsumsi kopi

Merokok dapat mengikis kelembapan kulit karena zat nikotin yang terkandung di dalamnya dan menghambat proses peremajaan kulit. Selain itu, kurangilah konsumsi kopi  karena asupan kafein berlebih dapat membuat kulit dehidrasi.

6. Jaga asupan makanan

Jika ingin mendapatkan kulit yang lembap dan sehat, ada baiknya Anda rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, C, dan E serta tinggi asam lemak Omega-3. Selalu sertakan sayuran, buah-buahan, serta sumber protein baik seperti daging ikan ke dalam diet harian karena jenis pangan tadi berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

7. Olahraga teratur

Olahraga tidak hanya mampu menjaga keseimbangan tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan kelembapan kulit. Lakukan kegiatan ringan seperti jogging atau bersepeda setidaknya seminggu sekali agar kulit tetap terlihat sehat berseri.

Ternyata, tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia atau melakukan perwatan mahal demi kulit yang lembab nan sehat. Kuncinya terletak pada pola makan dan hidup yang sehat. Selamat mencoba!