Kutu Rambut; Parasit Nakal Penyebab Kepala Gatal

Gambar kutu rambut
Kutu Rambut  – atau dikenal juga dengan nama latin Pediculus humanus capitis, merupakan parasit yang hidup pada rambut. Mari kenali kutu rambut beserta cara menghilangkannya!

GoDokKutu Rambut – Siapa sih yang tidak merasa sebal jika kulit kepalanya dijangkiti kutu? Jangan salah! Meskipun ukurannya mikroskopis, kutu rambut dapat membuat kita kerepotan setengah mati, lho!

Memang, tidak seperti permasalah kulit kepala lainnya, kutu rambut tidak termasuk ke dalam jenis yang berbahaya -apalagi mengancam jiwa. Tapi, jika dibiarkan berlarut-larut, kutu dapat memicu perasaan tidak nyaman dan gatal yang membuat inangnya senewen. Belum lagi risiko penularan ke orang terdekat. Duh, jangan sampai kutu membuat Anda dijauhi keluarga dan kerabat! Karenanya, yuk, kenali kutu rambut dan cara menghilangkannya dengan membaca penjelasan lengkap berikut ini!

Mengenal kutu rambut

Pediculus humanus capitis adalah jenis kutu yang hidup pada rambut. Ketika dewasa, serangga parasit ini memiliki ukuran 2,1 mm -3,3 mm. Rasa gatal yang Anda rasakan disebabkan oleh air liur yang disuntikkan kutu rambut pada kulit kepala ketika ia menghisap darah. Air liur inilah yang kemudian menyebabkan reaksi alergi berupa rasa gatal. Perlu Anda ketahui bahwa bertolakbelakang dengan kepercayaan orang-orang, kutu rambut tidak ada hubungannya dengan masalah kebersihan kulit kepala seseorang. Sebab, kutu memiliki tubuh yang dengan mudah dapat disesuaikan dengan jenis rambut yang dipilihnya sebagai tempat tinggal. Kaum perempuan memang lebih rentan dijangkiti kutu rambut dibandingkan kaum lelaki. Sebab, umumnya kaum perempuan memiliki rambut panjang yang menjadi tempat nyaman dan luas bagi kutu-kutu untuk hidup dan berkembang biak.

(Baca: 5 Gangguan Kulit Kepala yang Pantang Dianggap Remeh)

Siklus hidup kutu rambut

Kutu rambut, atau Pediculus humanus capitis, memiliki tiga tahap dalam siklus hidupnya, yaitu :

1. Telur kutu

Telur kutu memiliki bentuk oval dengan ukuran sekitar 0,8 mm, berwarna kuning atau putih. Si telur biasanya dijumpai pada dasar batang rambut yang posisinya dekat dengan kulit kepala. Telur kutu memerlukan waktu kurang lebih selama 6-9 hari untuk menetas. Fakta menyebalkan dari telur kutu, adalah sulitnya ia dilepaskan dari batang rambut, sehingga seringkali sisir kutu pun gagal menjatuhkannya. Solusinya? Gunakan tangan Anda sendiri untuk menjepit, mengambil, dan memecahkan telur kutu.

2. Nimfa

Kutu muda yang baru menetas disebut nimfa, dan ia memerlukan waktu sekitar tujuh hari setelah menetas untuk berkembang menjadi kutu dewasa. Sementara itu, sisa cangkang telur dari nimfa yang telah menetas akan tetap tertinggal di batang rambut dan secara perlahan mengalami perubahan warna menjadi lebih kusam.

(Baca: Mitos VS Fakta Seputar Rambut)

3. Dewasa

Kutu dewasa memiliki ukuran kurang lebih sebesar biji wijen di mana betina memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan jantan. Kutu dewasa dapat hidup sampai dengan 30 hari dan untuk bertahan hidup, kutu dewasa harus menghisap darah selama beberapa kali setiap harinya. Kutu dewasa yang tidak mendapatkan suplai darah akan mati dengan sendirinya selama 1-2 hari.

Lalu, bagaimana cara menyingkirkan kutu rambut?

Sebagian besar produk yang digunakan untuk mengobati kutu rambut adalah pestisida yang dapat diserap melalui kulit sehingga penting bagi Anda untuk mengikuti aturan. Produk untuk mengobati kutu sebenarnya bisa Anda dapatkan dengan mudah dan dijual bebas pada apotik-apotik terdekat. Sebaiknya, sebelum mengaplikasikan produk, di hari sebelumnya jangan membersihkan rambut dengan conditioner agar produk dapat bekerja dengan maksimal.

(Baca: Tips Rambut Sehat Walaupun Berhijab)

Selain itu, penting pula untuk mencuci setiap benda yang berkontak dengan penderita selama 48 jam terakhir. Caranya? Cukup dengan merendamnya di dalam air panas selama 5 menit sebelum dilakukan proses pencucian. Mudah, bukan?

Itu tadi penjelasan mengenai kutu rambut dan cara menghilangkannya. Semoga bermanfaat!