Kurangi Stres Dengan Berendam dalam Bathtub

www.go-dok.com

GoDok – Setelah seharian bergulat dengan penatnya ibukota, tentu hal yang paling ingin Anda lakukan adalah beristirahat dan melepaskan stres. Dalam mencapai hal ini, setiap orang punya cara-cara sendiri. Salah satunya adalah dengan berendam di dalam bathtub.  Jarang yang mengetahui bahwa sebenarnya kegiatan ini dapat menjadi sarana pengobatan alami bagi tubuh Anda. Tidak percaya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Fakta ilmiah dan dampaknya secara psikologis

Menurut Neil Morris, seorang psikolog dari University of Wolverhampton, kesehatan psikologis Anda dapat meningkat tajam dengan berendam di dalam bathtub secara rutin. Lho, kok bisa? Tentu bisa dong. Sebab faktanya, berendam dapat mengusir perasaan stres, pesimis terhadap masa depan, cemas, kurang bergairah akan hilang digantikan perasaan nyaman dan senang. Hal ini disebabkan oleh munculnya kombinasi yang indah dari sensasi terisolasi, tenang dan nyaman saat berendam.

Selain itu, dr. John Harcup, yang termasuk dalam Medical Advisory Committee di British Spa Foundation, juga menyatakan bahwa berada dalam posisi horizontal saat berendam memberikan efek yang luar biasa besar bagi kesehatan psikologis. Sebab posisi tubuh horizontal yang dikelilingi air dapat memberikan sensasi yang mirip dengan saat Anda berada di rahim ibu sehingga Anda akan merasa lebih rileks dan sangat nyaman.

Bahkan berendam dapat mengubah persepsi Anda terhadap tubuh Anda sendiri. Saat mengarahkan pandangan ke bawah, Anda akan melihat tubuh Anda sendiri yang tampak lebih ramping karena terbiaskan oleh air. Ini akan memberikan efek yang baik bagi tubuh dan pikiran anda.

Lalu, adakah manfaatnya bagi fisik?

Tak hanya untuk pengobatan psikis, berendam juga bisa menjadi dekongestan alami untuk meredakan gejala flu, khususnya jika Anda menggunakan air hangat. Sebab, uap air yang dihasilkan oleh air hangat akan dapat melembapkan saluran napas. Selain itu, berendam di air hangat juga dapat membuat kulit Anda lebih lembap dan halus. Seperti telah banyak diketahui, berendam di air hangat dapat menstimulasi sirkulasi dan pergerakan sel darah. Tekanan air hangat dapat membuat organ tubuh lebih rileks.

Namun, Anda juga harus tetap mengontrol suhu air yang digunakan, jangan sampai terlalu panas maupun terlalu dingin. Nah, karenanya ingatlah bahwa suhu yang sesuai untuk berendam adalah 32 hingga 35 derajat celcius. Sebaiknya sesuaikan pula rentang suhu ini dengan ketahanan dan kondisi tubuh anda agar mendapatkan manfaat optimalnya.

Hal-hal yang harus diperhatikan

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun tetap ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memutuskan untuk berendam. Hal yang pertama adalah durasi waktu Anda berendam di dalam bathtub. Menurut dr. Eddy Karta, SpKK. dari Edmo Clinic, Jakarta Selatan, berendam terlalu lama tidaklah dianjurkan sebab dapat membuat kulit memutih pucat dan keriput. Waktu yang dianjurkan untuk berendam dalam bathtub dengan air hangat adalah sekitar 10 menit.

Selain itu, Anda juga harus tetap membilas diri dengan mandi menggunakan gayung atau shower setelah berendam. Sebab, sejatinya saat berendam Anda berada di dalam air yang penuh oleh kotoran badan sendiri. Tidak perlu lama-lama, cukup lima menit saja membilas diri, lalu selesai. Mudah, bukan?

Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan, mandi dengan berendam juga dapat menghemat air hingga sekitar 50 liter lebih banyak ketimbang jika Anda menggunakan shower. Karenanya, jika memungkinkan, tidak ada salahnya untuk memiliki barang yang banyak manfaatnya ini, bukan?

Selamat mencoba!

Comments are closed.