Kualitas Sperma Jelek? Mungkin Karena Konsumsi 8 Makanan Ini

kualitas sperma jelek
Kualitas sperma jelek seringkali dipandang sebagai dalang mengapa pasangan susah dikaruniai  anak. Karenanya, hindari 8 makanan ini jika tidak ingin kualitas sperma jelek 

 GoDok – Kualitas Sperma Jelek – Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa setiap wanita menginginkan suaminya memiliki kadar produksi dan kualitas sperma yang tinggi. Sebab, hal tersebut dapat memperbesar kemungkinan pasangan yang telah menikah untuk memiliki buah hati. Namun, terkadang para pria tidak acuh akan hal tersebut dan terus saja melakukan beberapa kebiasaan yang menurunkan kualitas spermanya; seperti merokok dan mengonsumsi minuman keras. Hmmm.. Sebenarnya apa sih penyebab kualitas dan produksi sperma seseorang menurun? Ternyata, hal ini ada hubungannya dengan testosteron! Penasaran? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu testosteron?

Testosteron adalah hormon yang dimiliki oleh pria dan wanita. Pada pria hormon testosteron berfungsi untuk memproduksi sperma. Kadar hormon testosteron pada pria dikatakan normal apabila berada diangka sekitar 300-900 nanogram per desiliter (ng/dL). Apabila hormon testosteron Anda berada di bawah angka tersebut, maka dapat terjadi masalah seperti hilangnya gairah seks, kelemahan otot, masalah pada ereksi, infertilitas serta menurunnya kualitas dan kuantitas sperma.

(Baca: Hormon Testosteron Berlebih; Bahayakah Bagi Kaum Hawa?)

Lalu, apa saja penyebab menurunnya hormon testosteron?

Sejatinya, banyak hal yang bisa menjadi penyebab turunnya hormon testosteron, salah satunya adalah jenis makanan yang Anda konsumsi. Apa saja sih makanan yang berpengaruh pada turunnya produksi testosteron dan sperman Anda? Yuk, simak daftar berikut ini!

1. Makanan dan minuman kemasan

Pada kasus ini, yang menjadi masalah bukanlah kandungan di dalam makanan atau minuman itu sendiri, namun kandungan bahan kimia yang terdapat pada plastik kemasan. Perlu Anda ketahui, bahwa sebagian besar pembungkus makanan dan minuman kemasan mengandung bahan kimia endokrin, seperti BPA dan phthalates yang terbukti menurunkan kadar testosteron. Nah, kandungan kimia tersebut dapat turut larut dalam makanan dan minuman kemasan sehingga mengonsumsinya otomatis akan berpengaruh pada kualitas sperma Anda. Berbahaya, bukan?

2. Alkohol

Tahukah Anda bahwa konsumsi alkohol akan menurunkan kadar testosteron Anda hingga 6,8%? Sifat estrogenik pada alkohol dapat menyerupai sifat testosteron sehingga tubuh akan salah mengenalinya sebagai testosteron. Jika hal ini terjadi terus-menerus, akan terjadi penurunan produksi testosteron yang sebenarnya (alami). Produksi testosteron yang rendah akan menyebabkan sperma berumur pendek serta menurunkan kualitas dan kuantitas sperma.

(Baca: 5 Langkah Jitu Hentikan Kebiasaan Menenggak Miras)

3. Kedelai

Sama seperti alkohol, kandungan fitoestrogen dalam kedelai memiliki kemampuan untuk menyerupai hormon testosteron alami. Akibatnya, hormon testosteron dalam tubuh Anda mengalami penurunan sehingga mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma.

4. Gula

Rasa manis yang terdapat dalam gula akan meningkatkan kadar hormon insulin sehingga lemak akan tersimpan dalam perut. Hal ini kemudian akan mengakibatkan Anda kehilangan massa otot dan timbulnya efek estrogenic; yaitu meningkatnya hormon estrogen total yang akan menyebabkan turunnya produksi hormon testosteron.

(Baca: Kenali Batas Aman Konsumsi Gula Harian Anda!)

5. Makanan olahan

Pengolahan suatu bahan pangan akan menghilangkan sebagian besar nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sebagai contoh, ketika gandum diolah menjadi tepung putih, ia akan kehilangan sekitar tiga perempat kandungan mineral sengnya  yang berfungsi untuk meningkatkan seksualitas dan reproduksi laki-laki.

Senada dengan gandum, daging olahan pun berpotensi menurunkan kadar sperma laki-laki. Seorang pria yang terlalu sering mengonsumsi daging olahan seperti sosis, nugget, hamburger, hot dog, salami, bologna terbukti memiliki jumlah sperma lebih sedikit dibandingkan dengan pria yang jarang atau sama sekali tidak mengonsumsi daging olahan. Hmm.. karena itu, lebih baik mengonsumsi daging murni, bukan?

(Baca: Seberapa Dalam Anda Mengenal Junk Food?)

6. Susu tinggi lemak

Pria yang mengonsumsi setidaknya dua porsi susu dengan kandungan lemak tinggi  cenderung memiliki jumlah sperma lebih sedikit dibandingkan pria yang mengonsumsi produk susu rendah lemak. Hal serupa pun terjadi jika Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan susu tinggi lemak, seperti keju dan yoghurt.

7. Minyak goreng

Sebagian besar minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan berasal dari minyak nabati. Kandungan PUFAs (Polyunsaturated Fatty Acids) yang terdapat dalam minyak nabati akan menyebabkan masalah pada produksi testosteron.

(Baca: Menggunakan Minyak Goreng Berulang Kali; Apa Risikonya?)

 8. Kopi

Jarang yang tahu bahwa secangkir kopi dapat berdampak baik sekaligus buruk pada kualitas sperma Anda. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Medical Research Councilmenemukan fakta bahwa mengonsumsi secangkirkopi sebelum melakukan aktivitas seksual akan meningkatkan jumlah dan kinerja sperma. Sebaliknya, terlalu banyak mengonsumsi kopi justru akan menyebabkan penurunan pada jumlah sel sperma Anda. Hal ini disebakan oleh kandungan zat phytoestrogen pada kopi.

(Baca: Mari Berbicara Tentang Kopi)

Semoga bermanfaat!

Comments are closed.