Konsumsilah Makanan Berikut! Berkhasiat untuk Menyembuhkan Demam Berdarah

GoDok – Demam berdarah merupakan penyakit yang sering diderita oleh masyarakat Indonesia. Tentunya Anda sudah mengetahui jika demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini tidak akan muncul jika Anda memperhatikan kebersihan rumah dan lingkungan sekitar, karena mereka sangat menyukai tempat-tempat yang kotor dan kumuh.

Demam berdarah harus segera ditangani karena dapat memperburuk keadaan penderita. Lalu, apa sih gejala yang dirasakan oleh penderita demam berdarah? Biasanya gejala yang ditimbulkan jika Anda tertular demam berdarah adalah sakit kepala mendadak, demam tinggi, mual dan muntah, nyeri pada persendian dan otot, dan ruam merah pada kulit. Jika sudah ada gejala seperti yang diutarakan tadi segera konsultasikan kesehatan Anda pada Dokter.  Selain itu, Anda juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Berikut Go Dok paparkan  beberapa makanan yang berkhasiat untuk menyembuhkan demam beradarah: .

1. Kunyit putih

Kunyit putih atau yang biasa disebut dengan kunir dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah. Cukup dengan menyediakan beberapa kunyit putih dan cuci bersih. Setelah itu, parut kunyit tersebut. Kemudian, tambahkan air dan peras kunyit. Nah, air perasan tersebut dimasak sampai air tersebut mengeluarkan gelembung. Anda dapat meminumnya setiap hari yang berkhasiat menyembuhkan demam berdarah secara alami.

2. Makanan kaya protein

Protein dipercaya mampu memulihkan kondisi dengan cepat dan memberikan kembali nutrisi yang hilang pada tubuh. Oleh karenanya, makanan yang mengandung protein, seperti ayam, ikan, telur, dan sebagianya dapat dikonsumsi oleh penderita demam berdarah.

3. Daun pepaya

Anda pasti pernah merasakan bagaimana rasanya daun pepaya. Pahit bukan?  Karena rasanya yang pahit, banyak orang yang tidak menyukai daun yang satu ini. Akan tetapi, tahukah Anda ternyata rasa pahit pada daun pepaya tersebut mampu menyembuhkan penyakit demam berdarah, lho! Tidak menyembuhkan khasiat daun pepaya juga dapat mencegah Anda untuk terkena penyakit demam berdarah. Mengejutkan bukan?

4. Jus sayuran

Tidak diragukan lagi bahwa sayuran banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari sayuran yaitu dapat menyembuhkan beberapa penyakit termasuk demam berdarah. Caranya,  Anda dapat membuat jus sayuran yang terdiri dari campuran wortel, mentimun, dan sayuran hijau lainnya. Sayuran-sayuran tersebut mengandung banyak nutrisi yang dapat mempercepat penyembuhan demam berdarah. Jadi, jangan ragu mencobanya ya!

5. Jeruk

Jeruk si asam yang kaya akan Vitamin C ini berperan untuk mengembangkan zat antibodi tubuh sehingga mempercepat penyembuhan demam berdarah. Tidak hanya itu, jeruk juga dapat memperlancar pencernaan penderita demam berdarah.

6. Jus buah

Penderita demam berdarah biasanya banyak kekurangan cairan. Nah, cairan tersebut bisa didapatkan dari buah-buahan, seperti jambu biji, pepaya, jeruk, mangga, dan sebagainya. Kadar air dalam buah-buahan tersebut dapat mencapai 92 persen yang mampu menutupi cairan yang kurang pada tubuh. Selain itu, jus juga membantu pencernaan dan mempercepat penyerapan nutrisi.

7. Alang-alang

Alang-alang mengandung zat-zat yang mampu menurunkan panas, meluruhkan kemih, menghilangkan haus, dan menghentikan pendarahan. Anda dapat menyediakan satu ikat atau menggulung akar alang-alang. Cuci alang-alang dan rebus dengan 3 gelas air. Campur tiga sendok air alang-alang tersebut dengan air perasan jeruk nipis. Anda dapat menambahkan gula. Konsumsilah secara teratur.

Di samping mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan di atas untuk menyembuhkan demam berdarah dengan cepat. Selamat mencoba!

Jika Anda timbul gejala-gejala demam berdarah pada diri Anda, segera klik ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan masalah kesehatan Anda.

(Baca: Ibu, Segera Cegah Gigitan Nyamuk dengan Cara Ini!)

Comments are closed.