Ketahui Penyebab Keputihan Berwarna Kuning

penyebab keputihan berwarna kuning
Keputihan yang berubah warna menjadi kuning pekat menuju hijau dan berbau menyengat bisa jadi salah satu gejala adanya infeksi pada vagina.

GoDok- Penyebab keputihan berwarna kuning- Biasanya Anda menemukan cairan berwarna putih pada celana dalam Anda. Hal tersebut normal saja terjadi pada wanita. Tapi, kok, kini cairan itu berwarna kuning? Anda perlu mewaspadai jika keputihan Anda mulai berubah warna. Sebenarnya, apa yang menyebabkan perubahan warna tersebut? Apakah hal tersebut berarti berbahaya bagi kesehatan?

Temukan penyebab keputihan berwarna kuning dari pemaparan Go Dok berikut ini!

Seperti yang dilansir oleh Everydayhealth.com, keputihan adalah hal yang sangat wajar terjadi pada wanita. Keputihan ini merupakan lendir yang diproduksi oleh kelenjar di dalam rahim dan dinding rahim. Keputihan sering terjadi jika perempuan sudah mendekati masa menstruasi. Biasanya, keputihan yang sehat berwarna bening atau putih. Selain itu, keputihan seharusnya tidak berbau.

Menurut Huffingtonpost.co.uk, ketika keputihan bertemu dengan udara, keputihan tersebut bisa berubah warna menjadi kuning. Jadi, Anda jangan panik terlebih dahulu ketika menemui hal tersebut. Namun, keputihan yang berubah warna menjadi kuning pekat menuju hijau dan berbau menyengat bisa jadi salah satu gejala adanya infeksi pada vagina.

Penyebab keputihan berwarna kuning yaitu adanya infeksi vagina dan diikuti dengan jumlah yang banyak, rasa gatal pada bagian luar vagina, rasa sakit di pinggul atau perut, dan pendarahan tiba-tiba dari vagina.

Hingga saat ini, infeksi tersebut terjadi karena adanya ketidakseimbangan bakteri baik pada vagina. Hal tersebut dikarenakan kebiasaan untuk mencuci bagian dalam vagina, termasuk beberapa jenis sabun, sabun untuk berendam, antiobiotik, diabetes, kehamilan, atau infeksi yang tertular secara seksual. Terdapat beberapa penyakit yang menjadi penyebab keputihan berwarna kuning:

  1. Vaginosis Bakterialis. Kondisi vagina selama ini dijaga oleh bakteri ‘baik’ yang menghentikan bakteri ‘jahat’ untuk berkembang. Sedangkan, pada kondisi ini, bakteri baik tersebut jumlahnya sedikit sehingga bakteri jahat berkembang. Vaginosis bakterialis bisa disembuhkan dengan obat minum. Jika ingin mencegah, Anda bisa menggunakan kondom ketika berhubungan seksual.
  2. Klamidia/Gonorea. Salah satu penyakit penyebab keputihan berwarna kuning ini merupakan penyakit menular seksual. Jadi, kemungkinan besar penyakit ini didapat dari penularan pasangan seksual. Biasanya gejalanya tidak diketahui sampai keputihan berubah warna menjadi warna kehijauan atau kekuningan.
  3. Trikomoniasis. Penyakit kelamin ini disebabkan oleh mikroorganisme bernama Trichomonas vaginalisini juga merupakan salah satu penyakit penyebab keputihan berwarna kuning. Selain keputihan yang berwarna penderita biasanya merasakan peradangan dan gatal di sekitar vagina, merasa sakit ketika buang air seni, dan sakit ketika berhubungan seksual. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan antibiotik yang sudah diresepkan.

Jika Anda mengalami beberapa hal yang mengindikasi adanya infeksi tersebut, Anda bisa segera menghubungi dokter untuk tindakan lebih lanjut. Biasanya, dokter akan menanyakan keluhan dan gejala yang Anda rasakan, serta keaktifan seksual Anda, seperti frekuensi berhubungan seksual dan penggunaan alat kontrasepsi.

Dokter akan mengambil sampel keputihan dari vagina Anda dengan alat khusus untuk diperiksa. Terkadang, pengambilan darah untuk pemeriksaan penyakit menular seksual juga diperlukan.

Ada beberapa cara bagi Anda untuk menghindari adanya infeksi penyebab keputihan berawarna kuning tersebut, dengan cara:

  • Jangan berganti-ganti pasangan seksual
  • Mengeringkan kemaluan setelah buang air dengan mengelap dari bagian depan ke belakang untuk menghindar bakteri yang berpindah ke area vagina
  • Gunakan celana dalam berbahan katun agar bisa “bernapas”
  • Hindari penggunaan celana dalam ketat pada saat tidur atau jangka panjang
  • Jika ada indikasi iritasi yang disebabkan oleh sabun atau deterjen, segera ganti
  • Hindari penggunaan semprotan untuk bagian kelamin, kertas tisu yang berparfum atau berwarna, serta tampon.

Itu tadi penjelasan mengapa penyabab keputihan berwarna kuning yang harus para wanita ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.