Ketahui Manfaat Kapulaga bagi Kesehatan

manfaat kapulaga bagi kesehatan

GoDokManfaat Kapulaga bagi Kesehatan – Bagi Anda yang merupakan ibu rumah tangga, atau bahkan koki, tentunya sudah tak asing lagi dengan Kapulaga. Bumbu dapur yang satu ini biasanya digunakan untuk mengharumkan masakan, serta menguatkan rasanya. Tak hanya itu, rempah dengan nama ilmiah Elettaria cardamomum ini juga kadang dipercaya sebagai obat tradisional. Mengapa?

Pasalnya, kapulaga memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan Anda. Ini Dia manfaat kapulaga bagi kesehatan yang harus Anda ketahui: 

1. Masalah pencernaan

Manfaat kapulaga bagi kesehatan yang pertama adalah untuk meredakan masalah pencernaan. Kandungan minyak astiri di dalamnya dikatakan mampu meringankan sakit perut, sembelit, disentri, serta mencegah munculnya gas pada perut. Tak hanya itu, aroma yang dihasilkan kapulaga juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan dan meringankan rasa mulas.

2. Bau mulut

Di daerah asalnya, yaitu India, kapulaga banyak digunakan untuk menyegarkan nafas. Kandungan minyak astiri di dalamnya dapat mengharumkan nafas Anda sekaligus mencegah halitosis (bau mulut). Karenanya, banyak produsen permen karet yang menggunakan kapulaga sebagai salah satu bahan pembuatnya.

3. Depresi

Manfaat kapulaga bagi kesehatan mental, dapat terkait dengan mencegah terjadinya depresi. Wangi yang dihasilkannya dapat membuat Anda tenang serta mengurangi rasa stres. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menuangkan minyak kapulaga ke dalam bak mandi untuk berendam, atau menjadikannya bahan campuran teh hangat.

4. Cegukan

Jarang yang tahu bahwa dengan merebus beberapa butir kapulaga, lalu meminum air rebusannya dapat mengatasi cegukan. Tak heran, banyak orangtua yang menyarankan kapulaga untuk menyembuhkan cegukan yang tak kunjung berhenti

5. Maag

Manfaat kapulaga bagi kesehatan selanjutnya adalah mengobati gartritis, alias maag, yang kerap mengganggu hidup Anda dengan rasa kram dan mulas di perut. Nah, kapulaga dapat memberikan efek pendinginan pada perut Anda, yang dapat meredakan penyakit ini beserta gejalanya. Tak hanya itu, kapulaga dapat pula mengontrol kesehatan empedu serta cairan lambung, dan mencegah terjadinya maag. Hebat, bukan?

6. Kanker

Tahukah Anda bahwa Kapulaga mengandung IC3 (indole-3-carbinol) serta DIM (diindolylmethane)? Kedua zat kimia ini sudah dikenal luas sebagai zat penangkal kanker yang terkait hormon. Di antaranya adalah kanker prostat, kanker payudara, serta kanker ovarium. Ditambah lagi, kapulaga juga memiliki kaya akan antioksidan, sehingga memberi tubuh perlindungan dari dampak radikal bebas pemicu kanker.

7. Detoksifikasi racun

Manfaat kapulaga bagi kesehatan yang ketujuh adalah kemampuannya untuk mendetoksifikasi racun. Kapulaga dipercaya dapat membantu tubuh untuk menetralisir sekaligus membuang racun-racun di dalam tubuh melalui ginjal Anda. Karena itulah, kapulaga juga disebut bagus untuk kinerja dan kesehatan ginjal.

8. Kolesterol tinggi

Terakhir, manfaat kapulaga bagi kesehatan dipercaya pula dapat menurunkan kadar kolesterol yang sudah terlanjur tinggi. Berdasarkan penelitian di Toxicology Divisi Farmakologi, serta penelitian oleh Dhuley di India, ditemukan bahwa enzim antioksidan dati kapulaga berpengaruh pada kadar kolesterol Anda. Melalui kedua penelitian tersebut, kapulaga disinyalir dapat mengendalikan tingkat kolesterol dalam tubuh secara signifikan.

Nah, itu tadi 8 manfaat kapulaga bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Selain 8 hal yang dapat dicegahnya di atas, kapulaga juga dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan gairah seksual, serta meningkatkan kekuatan tulang Anda. Bagaimana? Masih ragu untuk mencoba kapulaga?

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.