Inilah Kenapa Anda Perlu ke Dokter Gigi Setiap Enam Bulan Sekali

memeriksakan gigi ke dokter setiap enam bulan sekali
Apabila menyikat gigi telah dilakukan setiap hari, ada baiknya perawatan ini dilengkapi pula dengan rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. 

GoDokMemeriksakan Gigi ke Dokter Setiap Enam Bulan Sekali – Sebagian besar dari Anda pasti sudah sering mendengar anjuran untuk memeriksakan diri ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Namun, banyak yang merasa heran, mengapa harus selama itu? Tidak bisakah kita periksa lebih cepat? Atau menjadwalkan pemeriksaan lebih lambat; setahun dua tahun sekali misalnya? Nah, untuk menjawab hal-hal tersebut, ada baiknya Anda memahami seluk-beluk dari pemeriksaan gigi rutin tersebut.

Pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut

Sejatinya, kesehatan mulut dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sehingga terganggunya kesehatan gigi dan mulut dapat berdampak pula pada terganggunya kualitas hidup Anda. Rongga mulut dan gigi yang sehat dan senantiasa bersih tentunya dapat  membuat Anda merasa lebih percaya diri saat berbicara, makan, dan bersosialisasi. Karena itulah, menjaga kebersihan gigi dan mulut setiap harinya merupakan tindakan pencegahan paling utama terhadap kerusakan permanen yang berkaitan dengan karies gigi dan penyakit periodontal.

Nah, salah satu cara menjaga kebersihan gigi dan mulut yang paling mudah dan banyak dianjurkan oleh pakar kesehatan adalah dengan menyikat gigi Anda sendiri, setiap hari. Teratur menyikat gigi dengan cara yang benar merupakan metode utama untuk menghilangkan plak serta mengontrol timbulnya penyakit akibat plak, seperti karies dan periodontitis. Hal inilah yang membuat Anda wajib untuk menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari.

Lalu, untuk apa ke dokter gigi 6 bulan sekali?

Apabila menyikat gigi telah dilakukan setiap hari, ada baiknya perawatan ini dilengkapi pula dengan rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Hal ini sebenarnya menguntungkan Anda, lho. Mengapa? Sebab, dengan mengunjungi dokter gigi, Anda dapat :

1. Mengetahui kondisi kesehatan gigi dan mulut

Dengan memeriksakan gigi secara rutin, Anda dapat mengontrol kondisi kesehatan gigi. Biasanya, terdapat beberapa karies dan plak gigi yang tersembunyi di celah-celah gigi sehingga tidak bisa Anda bersihkan secara sempurna dengan perawatan sehari-hari. Keberadaan plak dan karang tersembunyi ini pun tidak terlihat oleh Anda. Selain itu, bagian lain dalam mulut seperti lidah dan gusi pun dapat diketahui kondisi kesehatannya.

(Baca: Gusi Anda Berdarah? Mungkin Saja Ini Penyebabnya)

2. Membersihkan plak gigi atau karang gigi

Jika ternyata pada saat pemeriksaan ditemukan karang gigi, Anda tentu dapat langsung membersihkannya di dokter gigi. Sebab, seperti yang telah kita ketahui, karang gigi tidak dapat hilang hanya dengan menyikat gigi. Nah, dengan penanganan oleh dokter gigi, karang pada gigi Anda dapat dihilangkan menggunakan alat manual atau dengan alat elektrik yang dinamakan scaller.

(Baca: Menurut Dokter Gigi, Inilah Kebiasaan Penyebab Gigi Berlubang)

3. Diberikan edukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut

Hal yang terpenting dari mengunjungi dokter gigi adalah pemberian edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut. Eits, jangan salah. Pendidikan mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut itu penting lho, untuk dilakukan secara kontinyu. Sebab, dengan edukasi berkelanjutan, seseorang akan menjadi lebih paham mengenai pentingnya cara merawat kesehatan gigi. Sehingga kebiasaan dan gaya hidup yang dikembangkan seseorang sejak dini juga tidak akan merugikan kesehatan gigi dan mulut; seperti kebiasaan untuk menyikat gigi dan membersihkan lidah.

(Baca: Sudahkah Anda Menyikat Gigi dengan Benar Hari Ini?)

Nah, setelah mengetahui manfaatnya, masihkah Anda merasa ragu untuk rutin memeriksakan gigi dalam 6 bulan sekali?

Comments are closed.