Kenali Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Anda

manfaat mentimun untuk kesehatan

GoDok-Manfaat Mentimun untuk Kesehatan- Mentimun, seringkali dihidangkan sebagai pencuci mulut atau pelengkap hidangan utama. Biasanya, sayuran yang satu ini dihidangkan sebagai bagian dari acar, atau lalap. Tak jarang ia juga hadir sendirian, atau hanya bersama tomat dalam sajian nasi goreng. Memang, menyantap mentimun setelah selesai makan memberikan sensasi bersih pada mulut Anda.

Namun, tahukah Anda bahwa mentimun juga baik untuk kesehatan? Apa saja sih manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh?

Yuk, cek daftar lengkap seputar manfaat mentimun untuk kesehatan di bawah ini :

1. Menyehatkan kulit

Manfaat mentimun untuk kesehatan yang pertama adalah menyehatkan kulit tubuh. Pasalnya, sayuran yang satu ini memiliki efek menenangkan yang mampu meredakan peradangan, iritasi, serta pembengkakan pada kulit. Tak hanya itu, mentimun juga bagus untuk mengobati kulit yang tersengat matahari. Dari semua khasiat tersebut, yang paling menarik adalah khasiatnya untuk meredakan jerawat serta bintik-bintik merah pada kulit wajah, serta mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Banyak sekali, bukan?

2. Menjaga kesehatan tulang

Tahukah Anda  bahwa mentimun memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi? Kandungan vitamin ini mampu meningkatkan daya serap tulang terhadap kalsium sehingga lebih optimal. Hal ini akan menurunkan risiko Anda terkena osteoporosis dan tulang keropos.

 3. Menstabilkan tekanan darah

Manfaat mentimun untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga tekanan darah Anda tetap stabil. Kandungan serat, kalium, serta magnesium di dalam mentimun mampu membantu tubuh untuk mengendalikan tekanan darah. Karenanya, jika ingin tekanan darah tetap stabil, rajinlah mengonsumsi mentimun.

4. Mencegah kanker

Jarang yang tahu bahwa rutin mengonsumsi mentimun dapat pula mencegah kanker. Pasalnya, kandungan 3 lignan (pinoresinol, secoisolariciresinol, dan lariciresinol) dalam mentimun dapat mengurangi risiko datangnya bermacam-macam jenis kanker, mulai dari kanker rahim, kanker ovarium, kanker payudara, hingga kanker prostat. Tak hanya itu, mentimun juga memiliki kadar nutrisi tinggi, yaitu cucurbitacins, yang memiliki sifat anti-kanker. Hasilnya, sel kanker tidak akan mampu berkembangbiak di dalam tubuh Anda. Hebat, bukan?

5. Detoksifikasi racun

Manfaat mentimun bagi kesehatan yang kelima adalah sebagai penetral kadar racun di dalam tubuh. Sari atau air mentimun memiliki senyawa antioksidan yang mampu melawan serangan radikal bebas. Tak hanya itu, antioksidan juga dapat membantu dalam menyingkirkan racun yang menumpuk di dalam tubuh.

6. Menyuburkan rambut

Tak hanya bagus untuk kulit, mentimun ternyata juga bagus untuk menjaga kesehatan rambut. Pasalnya, mentimun mengandung silikon dan sulfur yang mampu menyehatkan rambut kusam. Nah, jika Anda menginginkan rambut sehat yang cerah dan berkilau, rajin-rajinlah mengonsumsi mentimun.

7. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat mentimun yang cukup terkenal adalah membantu para penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula dalam darah mereka. Rutin meminum jus mentimun dipercaya dapat meningkatkan hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.

8. Mengatasi nyeri sendi dan encok

Manfaat mentimun bagi kesehatan yang terakhir adalah mengatasi nyeri pada sendi dan encok. Kandungan kalsium, magnesium, potassium, asam folat, serta vitamin A, B1, B6, C, dan D pada mentimun dapat mengurangi nyeri pada sendi dan encok. Ditambah lagi kandungan silikanya yang digadang-gadang dapat memperkokoh jaringan sendi.

Nah, itu dia 8 manfaat mentimun untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasinya Go Dok di sini.