Berbuka dengan Blewah; Kenali Manfaat Blewah untuk Kesehatan

manfaat blewah untuk kesehatan
Apakah Anda sudah terbiasa menjadikan buah bleweh sebagai menu berbuka puasa? Jika, iya. Sebaiknya, Anda simak manfaat buah blewah untuk kesehatan berikut ini

GoDokManfaat Blewah untuk Kesehatan- Bulan Ramadhan kerapkali menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh beberapa penjual buah-buahan, khususnya mereka yang menjual buah blewah. Bagaimana tidak! Rasa manis serta efek ‘mendinginkan’ sistem pencernaan yang dihasilkan oleh buah ini memang cocok sekali diolah menjadi beragam sajian khas buka puasa. Lantas adakah manfaat blewah untuk kesehatan? Berikut Go Dok paparkan penjelasan lengkapnya:

Manfaat Blewah untuk Kesehatan

 1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat blewah untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan dalam blewah, terkandung vitamin C dan senyawa betakaroten dalam jumlah tinggi yang baik untuk mencegah timbulnya penyakit yang berhubungan dengan fungsi dan kerja jantung.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Selain baik bagi kesehatan jantung, kandungan vitamin C dalam blewah juga terbukti efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, senyawa ini juga baik untuk menguatkan dinding kapiler sekaligus mencegah pembekuan darah.

3. Memelihara kesehatan kulit

Layaknya buah-buahan kaya vitamin lainnya, manfaat blewah untuk kesehatan untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan rutin mengonsumsi buah ini, kulit akan terlihat lebih cerah, terhindar dari flek hitam, dan kerutan halus akibat penuaan.

(Baca: Cara Stabilkan Kolesterol dengan Hindari 8 Makanan Ini!)

4. Melancarkan pencernaan

Manfaat blewah untuk kesehatan yang lainnya adalah melancarkan pencernaan. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa senyawa yang terkandung di dalam blewah bermanfaat untuk memecah partikel karbohidrat yang sulit dicerna. Inilah yang membuat Anda terhindar dari penyakit Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan gangguan pencernaan lainnya.

5. Mengobati insomnia

Memilki keluhan medis susah terlelap, atau insomnia? Maka, konsumsi rutin blewah bisa jadi jawaban yang selama ini Anda cari-cari. Selain dapat memberikan efek menenangkan, kandunangan sedatif dalam blewah juga dapat membuat Anda lebih mudah mengantuk dan terlelap.

6. Menurunkan berat badan

Manfaat blewah untuk kesehatan selanjutnya dapat menurunkan berat badan. Jarang yang mengetahui bahwa salah satu manfaat blewah adalah untuk menurunkan berat badan. Ya, dibanding buah lainnya, kalori dan gula dalam blewah tergolong rendah. Inilah yang membuatnya ideal untuk dikonsumsi sebagai camilan ketika menjalani program diet.

(Baca: Diet Ampuh dengan Praktikkan 7 Cara Ini)

7. Meningkatkan kesehatan mata

Pernahkah terbersit rasa takut bahwa kesehatan mata Anda akan menurun akibat sering terpapar radiasi dari layar gadget dan komputer? Jika ya, maka rutinlah mengonsumsi blewah. Faktanya, kandungan vitamin A yang tinggi menjadikan manfaat blewah untuk kesehatan dapat meningkatkan kesehatan mata yang mulai mengalami kemunduran.

8. Mencegah kanker

Manfaat blewah untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk mencegah kanker. Alasannya, karena dalam buah blewah, terkandung betakaroten, asam folat, dan vitamin C. Kombinasi inilah yang membuat buah ini baik untuk dikonsumsi demi mencegah pertumbuhan sel abnormal di dalam tubuh.

(Baca: Cegah Kerusakan Mata dengan Konsumsi Makanan Ini)

Itu tadi beberapa manfaat blewah untuk kesehatan. Jadi, jangan ragu untuk berbuka dengan sajian berbahan dasar blewah, ya!