Bunda, Kenali Makanan Terbaik Untuk Tiap Trimester Kehamilan

Makanan Terbaik Untuk Tiap Trimester Kehamilan
Ada baiknya jika Anda menyusun menu selama kehamilan, dan lebih baik jika disesuaikan dengan tahapan perkembangan janin. Apa saja makanan yang harus menjadi prioritas di tiap trisemester Anda? Yuk, simak berikut ini!

GoDok –  Makanan Terbaik Untuk Tiap Trimester Kehamilan – Apakah Anda saat ini sedang mengandung? Jika iya, tentu sekarang Anda sedang merasakan sensasi luar biasa -berdebar, bahagia, mood naik turun, dsb- yang hanya dialami oleh seorang wanita hamil. Anda pun kini praktis harus lebih memperhatikan segala hal terkait kesehatan. Bukan hanya kesehatan Anda sendiri, namun juga kesehatan si janin yang sedang Anda kandung. Artinya, Anda juga perlu berbagi dan menanggung asupan gizi serta makanan si janin melalui diri Anda agar perkembangannya lancar selama 9 bulan waktu kehamilan.

Lalu, apakah ini berarti Bunda harus mengonsumsi makanan sehari-hari dengan porsi dua kali lebih banyak dari biasanya? Oh, tidak. Menurut Catherine Jeans, seorang pakar gizi dari Inggris Raya, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan dalam porsi dobel untuk memenuhi kebutuhan janin adalah mitos. Menurutnya, mengonsumsi terlalu banyak makanan tanpa aturan yang jelas justru tidak sehat bagi ibu dan janinnya dan hanya akan memicu kenaikaan berat badan Anda.

Karena itulah, ada baiknya jika Anda menyusun menu selama kehamilan, dan lebih baik jika disesuaikan dengan tahapan perkembangan janin. Apa saja makanan yang harus menjadi prioritas di tiap trisemester Anda? Yuk, simak daftar asupan berikut yang telah disesuaikan dengan pertumbuhan janin per trimesternya :

1. Trimester pertama (usia kandungan 1-3 bulan)

  • Oat: Asupan penuh nutrisi ini baik lho, untuk menjaga keseimbangan gula darah Anda.
  • Asam folat:Pada trimester awal, biasanya dokter kandungan akan memberikan suplemen guna memenuhi kebutuhan asam folat Anda. Meski begitu, toh tak ada salahnya jika Anda juga mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan asam folat, seperti pisang, beri-berian dan alpukat, maupun sayur hijau seperti bayam, brokoli atau buncis.
  • Vitamin D: Pada masa-masa ini, vitamin D akan sangat membantu janin dalam menyerap kalsium yang dikonsumsi.
  • Kacang-kacangan: Kacang-kacangan merupakan sumber protein dan serat, oleh karena itu kacang selama kehamilan akan membantu mengatasi sembelit. Kacang juga mengandung sumber yang kaya akan asam folat dan zat besi.

(Baca: 10 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan)

2. Trimester kedua (usia kandungan 4-6 bulan)

  • Susu: Pada usia ini, mencukupi kebutuhan vitamin D masih sangat penting mengingat pertumbuhan dan perkembangan tulang janin yang tinggi.
  • Telur: Kuning telur mengandung kolin, yang adalah nutrisi penting dalam perkembangan otak bayi. Di samping itu, telur dapat pula menguatkan otak ibu hamil. Jika Anda vegetarian atau tidak suka telur, makanan lain yang mengandung kolin adalah daging sapi, susu dan kacang kedelai.
  • Brokoli: Konsumsi brokoli untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan magnesium.
  • Daging: Zat besi dibutuhkan ibu hamil dalam jumlah banyak. Tingkatkan asupannya dari daging merah, sayuran, dan kacang-kacangan.
  • Alpukat: Ibu hamil trimester dua dianjurkan mengonsumsi alpukat sebagai sumber serat, vitamin K, asam folat, vitamin C, kalium dan vitamin B6. Diperkaya juga dengan lemak tak jenuh yang sehat, alpukat dapat pula membantu dalam melindungi tubuh Anda dari risiko penyakit jantung. Lebih jauh, alpukat juga telah diketahui dapat membantu  membantu pertumbuhan otak bayi, pertumbuhan jaringan, serta mengurangi gejala morning sickness.

(Baca: Serba-Serbi Morning Sickness yang Harus Diketahui Ibu Hamil)

3. Trimester ketiga (usia kandungan 7-9 bulan)

  • Omega 3: Penting untuk membantu perkembangan otak janin lebih sempurna. Misalnya dari ikan tuna atau sarden.
  • Zinc/seng: Tahukah Anda jika kekurangan asupan zinc, maka akan terjadi peningkatan risiko mengalami depresi pasca melahirkan? Karena itulah, ketika memasuki trimester akhir, calon ibu disarankan untuk mengonsumsi panganan yang kaya zinc, seperti biji-bijian dan daging merah.
  • Pepaya :Memasuki trimester ketiga dalam kehamilan, Anda akan sering mengalami sembelit, lho. Nah, untuk mengatasinya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi buah pepaya. Lebih jauh, buah tropis yang satu ini juga kaya akan vitamin C, asam folat, serat, dan potasium. Wah, banyak manfaatnya, bukan? Namun, harus Anda ketahui bahwa ibu  hamil hanya boleh memakan pepaya matang Sebab, kebanyakan pepaya yang masih mentah justru mengandung pepsin pada getahnya (resin), sehingga dapat menyebabkan kontraksi.

(Baca: Ini Dia 6 Manfaat Telur Untuk Hidup Anda)

Bunda, ingat ya, setiap orang memiliki tipe tubuh yang berbeda. Masing-masing kasus kehamilan pun berbeda dan memiliki kebutuhan yang berbeda pula. Karenanya, pilihan paling tepat bagi Anda untuk berkonsultasi dalam menentukan proporsi yang tepat adalah dokter kandungan. Jadi, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter, ya! Semoga bermanfaat!

Comments are closed.