Enggan Makan Yoghurt? Kenali Dulu 5 Manfaat Yoghurt!

manfaat yoghurt
Dewasa kini, yoghurt tidak hanya disajikan sebagai kudapan saja, namun telah beralih sebagai bahan dasar pada sajian utama. Nah, jadi sudah tidak ada alasan untuk malas mengonsumsi yoghurt lagi, ya!

GoDok – Manfaat Yoghurt – Siapa yang tidak mengenal yoghurt? Ya, bahan pangan yang pada dasarnya tebuat dari susu yang difermentasi ini sudah dikenal akan khasiat baiknya, bahkan semenjak ribuan tahun lalu. Bagaimana tidak! Yoghurt yang memiliki rasa masam khas mengandung banyak bakteri baik yang berguna untuk membantu proses pencernaan.

Dewasa kini, yoghurt tidak hanya disajikan sebagai kudapan saja, namun telah beralih sebagai bahan dasar pada sajian utama. Nah, jadi sudah tidak ada alasan untuk malas mengonsumsi yoghurt lagi, ya!

Agar tambah semangat, berikut Go Dok paparkan beberapa manfaat yoghurt yang dapat Anda rasakan jika rajin mengonsumsinya:

1. Menjaga kesehatan jantung

Menurut Alvaro Alonso, MD., Ph.D. -profesor di University of Minnesota-, yogurt merupakan bahan pangan yang ideal dikonsumsi oleh Anda yang ingin memiliki jantung sehat. Alasannya tidak lain karena yoghurt terbukti mengandung lemak jenuh yang rendah. Karenanya, konsumsi yoghurt secara teratur dipercaya dapat menurunkan risiko Anda terkena berbagai macam penyakit kardiovaskuler.

Selain itu, sebuha hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Shiraz University of Medical Science dan Armenian Agricultural Academy juga menyebutkan bahwa konsumsi yoghurt selama 4 minggu terbukti efektif dalam  menurunkan kadar LDL dan kolesterol dalam tubuh.

(Baca: Ingin Jantung Sehat? Yuk, Hindari Kebiasaan Buruk Ini!)

2. Meningkatkan kekuatan tulang

Tahukah Anda, bahwa yoghurt kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D? Nah, seperti yang dilansir dari sebuah media online keluaran India, dua kandungan inilah yang menyebabkan konsumsi yoghurt setidaknya dua kali dalam seminggu terbukti efektif dalam menjaga kesehatan serta kepadatan tulang. Manfaat yoghurt untuk kesehatan Anda akan terhindar dari berbagai gangguan tulang, seperti osteoporosis.

3. Memperbaiki sistem pencernaan

Sering bermasalah dengan sistem pencernaan? Maka, konsumsi rutin yoghurt bisa jadi jawaban yang Anda cari selama ini. Mengapa? Menurut Robin Plotkin, RD., seorang ahli kuliner dan gizi, probiotik yang terkandung di dalam yoghurt terbukti mampu menyeimbangkan mikroflora dalam usus dan melancarkan sistem pencernaan. Jika sudah begitu, maka tubuh Anda akan terasa lebih bugar dan fit.

Eits, ada tambahan, nih! Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, maka perbanyaklah konsumsi yoghurt harian. Tingginya kandungan kalsium pada bahan pangan yang satu ini akan memacu tubuh untuk membakar lemak secara lebih optimal. Hasilnya, tubuh Anda akan terlihat lebih ramping dalam waktu singkat. Mau?

(Baca: BAB Tidak Lancar? Mungkin Ini Penyebabnya)

4. Baik untuk kesehatan kulit

Ingin memiliki wajah yang terlihat bersih dan putih? Maka, tidak ada salahnya untuk mencoba perawatan kulit yang berbahandasarkan yoghurt. Hal ini dikarenakan asam laktat di dalamnya dapat berperan sebagai exfoliator alami yang dapat mengangkat sel kulit mati, membersihkan noda hitam, meratakan warna kulit, hingga mengurangi kerutan-kerutan halus.

Jika tertarik mencobanya, maka Anda cukup menyampurkan 1 cangkir greek yoghurt dengan 2 – 3 tetes minyak almond/zaitun. Campur hingga merata, lalu oleskan ke wajah dan biarkan selama 20 – 30 menit. Setelah itu, barulah bilas sampai bersih.

(Baca: Ingin Kulit Cantik dan Sehat? Pakai Oatmeal Saja!)

5. Mengandung berbagai jenis vitamin

Tahukah Anda, bahwa dalam yoghurt terkandung banyak nutirisi, mineral, serta vitamin esensial bagi tubuh? Sebut saja beberapa, seperti kalium, riboflavin, fosfor, vitamin B5, yodium, dan seng. Sssst, kandungan vitamin B12 pada yoghurt ternyata bermanfaat untuk menjaga produksi sel-sel darah merah serta memperbaiki fungsi kerja sistem saraf, lho!

Itu tadi 5 manfaat yoghurt yang harus Anda ketahui. Jadi, sudah tidak ada lagi alasan untuk ragu mengonsumsi si masam kaya manfaat ini, ya! Semoga bermanfaat!

Comments are closed.