Kenali dan Waspadai Gejala Diabetes Insipidus

gejala diabetes insipidus

Go Dok- Gejala diabetes insipidus- Mungkin Anda sudah sering mendengar nama penyakit diabetes melitus. Tapi, bagaimana dengan diabetes insipidus; akrabkah Anda dengan penyakit yang satu ini? Berbeda dengan diabetes melitus, diabetes insipidus merupakan kondisi yang cukup langka. Disebabkan oleh terganggunya kerja hormon ADH (Antidiuretic Hormone),

Berikut beberapa gejala diabetes insipidus yang harus Anda kenali dan waspadai sejak dini:

1. Rasa haus berlebih

Gejala diabetes insipidus yang pertama adalah rasa haus berlebih. Normalnya, seseorang akan minum sebanyak ± 8 gelas/ hari. Selain baik untuk mencegah dehidrasi, jumlah ini juga dirasa cukup untuk menjaga fungsi setiap organ di dalam tubuh agar dapat bekerja secara optimal. Tapi, apa jadinya jika seseorang merasa haus berlebih hingga akhirnya minum dalam jumlah yang terlalu banyak? Maka, perlu diwaspadai bahwa ia menderita diabetes insipidus.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, diabetes insipidus disebabkan oleh terganggunya kerja hormon ADH. Perlu diketahui bahwa hormon ini berfungsi untuk mempertahankan cairan tubuh. Jika sampai kerjanya terganggu, maka tubuh akan meresponnya dengan mengirimkan sinyal haus secara berlebih.

2. Meningkatnya frekuensi berkemih

Selanjutnya, diabetes insipidus juga ditandai dengan meningkatnya frekuensi berkemih. Kondisi ini merupakan akibat dari terlalu banyaknya cairan yang dikonsumsi pasien. Bahkan, dalam kasus diabetes insipidus parah, pasien dapat mengeluarkan urin sebanyak 20 liter/hari. Normalnya, seseorang hanya mengeluarkan 1,5-2,5 liter urin/hari.

Bisa dibayangkan betapa merepotkannya jika Anda harus terus menerus berkemih. Segala aktivitas akan terbengkalai dan tubuh akan merasa kelelahan karena harus bolak-balik ke kamar mandi.

3. Ngompol

Gejala diabetes insipidus yang lainnya adalah ngompol di malam hari. Merupakan hal yang tidak wajar bagi orang dewasa untuk ngompol di malam hari. Namun, kondisi ini sering kali tidak terelakkan karena terlalu banyaknya cairan yang dikonsumsi seharian. Nah, jika Anda mengalami hal ini, maka jangan lagi tunda keputusan untuk berkonsultasi ke dokter atau rumah sakit terdekat.

4. Suhu tubuh tinggi

Suhu tubuh yang tinggi juga bisa menjadi gejala diabetes insipidus. Gejala yang juga dikenal dengan istilah hipertermia ini mengacu pada kondisi medis di mana suhu tubuh mengalami peningkatan. Sayangnya, kondisi ini tetap tidak akan membaik meskipun keringat sudah diproduksi. Jika tidak segera ditangani, hipertermia dapat memicu komplikasi lain, seperti cemas bahkan kejang.

5. Kehilangan selera makan dan mengalami penurunan berat badan

Gejala diabetes insipidus yang lain adalah menurunnnya selera makan. Akibatnya, pasien akan perlahan kehilangan bobot tubuh –dan hal tentunya akan memperparah kondisi kesehatannya. Jadi, jika ada anggota keluarga yang tiba-tiba tidak berselera makan dan menunjukkan gejala diabetes insipidus lainnya, maka segera bawa ia ke dokter atau rumah sakit demi mendapatkan pertolongan medis yang tepat!

Itu tadi beberapa gejala diabetes indsipidus yang harus Anda kenali dan waspadai sejak dini. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.