Kenali dan Waspadai 9 Gejala Kanker Darah

gejala kanker darah

Go Dok- Gejala kanker darah- Meskipun teknologi di dunia kesehatan semakin berkembang, namun kanker tetap jadi misteri tersendiri karena sampai sekarang belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini secara total. Nah, dari sekian banyak jenis kanker yang mengincar Anda dan keluarga, kanker darah -atau leukemia- merupakan jenis yang jadi momok tersendiri.

Yuk, kenali dan waspadai 9 gejala kanker darah berikut ini!

1. Penurunan berat badan drastis

Gejala kanker darah yang pertama adalah penurunan berat badan secara drastis. Banyak kasus mengungkapkan bahwa penderita kanker darah kerapkali mengeluhkan berat badan yang terus berkurang, padahal asupan makanan sudah dijaga seoptimal mungkin.

2. Tubuh terasa nyeri, menggigil, dan demam

Sudah jadi rahasia umum bahwa salah satu gejala kanker darah adalah tubuh yang sering terasa nyeri, menggigil, dan demam. Ternyata, hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah sel darah putih yang kemudian terkonsentrasi di ginjal, hati, dan empedu. Mengerikan!

3. Tubuh yang lemah dan lemas

Mungkin Anda bertanya-tanya, “Bukankan tubuh yang lemah dan lemas bisa saja diakibatkan oleh banyak hal, bukan karena kanker darah saja?”. Memang benar, tubuh yang lemah dan lemas bisa saja diakibatkan oleh kegiatan sehari-hari yang padat. Namun, jika tubuh tetap terasa lemah padahal sudah diistirahatkan, maka hal ini bisa saja jadi pertanda ada yang salah dengan tubuh Anda.

4. Sistem imun memburuk

Selanjutnya, kanker darah juga bisa ditandai dengan memburuknya sistem imun. Kanker darah yang notabene membuat jumlah sel darah putih meningkat akan membuat sistem imun tidak bisa bekerja secara normal. Hasilnya, Anda akan lebih mudah terserang penyakit.

 5. Mudah terkena infeksi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, peningkatan jumlah sel darah putih membuat sistem imun tidak bisa bekerja secara optimal. Karenanya, tidak heran jika penderita kanker darah kemudian jadi lebih rentan terkena penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

6. Muncul memar dan bintik merah di kulit

Tahukah Anda, bahwa kanker darah membuat penderitanya kekurangan trombosit -jenis sel yang berfungsi untuk mempercepat proses pembekuan darah? Ya, jika jumlah trombosit terlampau rendah, maka tubuh akan mulai menunjukkan beberapa gejala, seperti munculnya memar dan bintik kemerahan.

7. Sering mimisan

Pada kondisi normal, mimisan biasanya dipicu oleh demam atau trauma eksternal. Namun, tidak begitu halnya dengan penderita kanker darah. Tingginya jumlah sel darah putih dalam tubuh akan membuat mereka sering mengalami mimisan yang disertai dengan nyeri dan pusing pada kepala.

8. Mengalami pendarahan hebat

Seperti yang telah disinggung sebelumnya; trombosit merupakan sel yang berfungsi untuk mempercepat proses pembekuan dan penggumpalan darah. Karenanya, tidak heran jika pada penderita kanker darah, rendahnya jumlah trombosit membuat mereka kerapkali mengalami pendarahan hebat.

9. Anemia

Gejala kanker darah yang terakhir adalah anemia. Biasanya, anemia pada penderita kanker darah akan diiringi dengan pembengkakan gusi, menurunnya nafsu makan, hingga demam dan tubuh yang menggigil.

Itu tadi 9 gejala kanker darah yang patut Anda kenali dan waspadai. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.