Kenali 6 Manfaat Sehat Buah Kiwi

manfaat sehat buah kiwi
Tahukah Anda bahwa buah kiwi ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita? Ingin tahu manfaat sehat buah kiwi lainnya? Simak yuk!

GoDok Manfaat Sehat Buah Kiwi Bagi Anda para penggemar buah, tentu kenal dengan buah kiwi. Buah dengan perawakan kecil ini seringkali dikira sebagai buah asal Selandia Baru, lantaran namanya mengambil dari salah satu burung endemik negara tersebut. Padahal, sebenarnya buah ini berasal dari Negeri Cina dan kerap dijadikan bahan ramuan herbal di negara asalnya tersebut. Meski jarang diminati oleh masyarakat Indonesia, khususnya kalangan menengah ke bawah, karena harganya yang cukup tinggi. Maklum, masa panen buah yang satu ini harus menunggu 3 – 4 tahun sejak ia ditanam

Nah, meskipun sedikit mahal, namun tak ada salahnya jika Anda mengonsumsi buah ini sesekali. Sebab, kandungannya memiliki segudang manfaat kesehatan, lho. Apa sajakah manfaat tersebut? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Manfaat sehat buah kiwi untuk kesehatan tubuh Anda

1. Meningkatkan kesuburan wanita

Manfaat sehat buah kiwi yang pertama adalah meningkatkan kesuburan para kaum hawa. Harus Anda ketahui, bahwa kiwi merupakan buah yang memiliki indeks glikemik serta kadar lemak yang rendah, sehingga apabila seorang wanita menerapkan gaya hidup sehat, dapat meningkatkan peluang untuk memiliki keturunan. Ditambah lagi kandungannya yang kaya asam folat, karbohidrat, vitamin serta protein yang menjaga keranuman tubuh calon ibu.

2. Menyehatkan ibu hamil

Tak hanya meningkatkan kesuburan, manfaat sehat buah kiwi ternyata juga mampu menyehatkan Anda di masa kehamilan. Kandungan asam folat-nya yang tinggi membuat buah kiwi berguna dalam mencegah terjadinya cacat pada otak dan saraf tulang belakang janin yang akan dilahirkan. Tak hanya itu, kandungan kiwi juga mampu mengatasi kekurangan zat besi pada ibu hamil, yang bisa menyebabkaan menurunnya sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko kehamilan.

3. Menangkal radikal bebas

Manfaat sehat buah kiwi yang ketiga adalah menangkal radikal bebas. Pasalnya, kiwi kaya akan antioksidan yang terdiri dari kandungan karotenoid, polifonel, dan enzim-enzim lainnya. Kandungan antioksidan inilah yang kemudian menangkal radikal bebas di dalam tubuh Anda, sehingga membuat tubuh lebih sehat dan terhindar banyak penyakit.

Siapa bilang cuma pepaya yang ampuh untuk mengatasi sembelit? Berdasarkan hasil riset dari dr. Richard Gearry di University of Otago, Chsritchurch, diketahui bahwa mengonsumsi dua kiwi per hari dapat menambah pergerakan serta kinerja usus, sehingga Anda terhindar dari kosntipasi alias sembelit. Tak hanya itu, kandungan di dalam buah kiwi juga efektif untuk mengurangi sakit perut serta rasa kembung pada perut Anda. Hebat, bukan?

5. Menyehatkan mata

Manfaat sehat buah kiwi yang selanjutnya adalah menyehatkan mata. Pasalnya, kiwi memiliki kandungan vitamin A yang sudah dikenal luas baik untuk kesehatan mata. Tak berhenti di situ, kiwi juga ternyata mengandung lutein dan beta-karoten yang juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata Anda.

6. Menyehatkan jantung

Tak hanya menyehatkan mata, ternyata manfaat sehat buah kiwi juga bagus untuk kesehatan jantung. Tahukah Anda bahwa kandungan potasium yang dimiliki buah kiwi hampir sama besarnya dengan yang terkandung di dalam buah pisang? Kandungan potasium rendah garam pada kiwi dipercaya dapat membantu dalam menjaga tekanan darah serta kesehatan jantung Anda.

Nah, itu tadi 6 manfaat sehat buah kiwi yang patut Anda ketahui. Bagaimana? Masih ragu untuk mengonsumsi kiwi meski hanya sesekali? Semoga bemanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.