Kenali 12 Perubahan Payudara Saat Hamil

perubahan payudara saat hamil

GoDok- Perubahan payudara saat hamil- Hampir seluruh kaum Hawa, selama hidupnya, merasakan masa kehamilan yang mendebarkan. Pasalnya, fase kewanitaan ini akan membawa banyak perubahan bagi kehidupan Anda, mulai dari naik-turunnya emosi, bertambahnya berat badan, serta rasa mual dan muntah yang amat terasa di masa awal kehamilan. Salah satu perubahan yang paling terasa adalah yang terjadi pada bagian payudara Anda.

Yuk, ketahui 12 perubahan payudara saat hamil berikut ini :

  • Membesarnya ukuran payudara,  perubahan payudara saat hamil ini umumnya akan terlihat pada minggu ke-6 kehamilan, atau di sekitar waktu tersebut. Pasalnya, mulai dari awal kehamilan, pasokan aliran darah dan jumlah jaringan lemak di dalam payudara Anda akan meningkat. Tujuannya? Tentu saja untuk mempersiapkan kelenjar susu dan membantu perkembangan saluran susu Anda demi si jabang bayi. Tak hanya itu, puting susu Anda juga akan membesar di masa kehamilan.
  • Munculnya benjolan, hal ini cukup wajar terjadi pada wanita yang tengah mengandung sehingga Anda tak perlu panik. Setelah melahirkan dan mulai menyusui, benjolan ini akan hilang dengan sendirinya.
  • Rasa kesemutan,sama seperti benjolan, rasa kesemutan yang timbul pada payudara saat hamil juga merupakan hal yang umum terjadi.
  • Berubahnya warna, di masa kehamilan, umumnya warna kulit di sekitar puting susu dan areola -wilayah gelap di sekitar puting- akan berubah menjadi lebih gelap.
  • Timbul rasa sakit, perubahan payudara saat hamil ini seringkali terjadi dan 90% wanita yang tengah hamil mengalami hal ini. Rasa sakit ini muncul karena adanya perubahan pada kadar hormon progesteron dan estrogen di dalam tubuh Anda.
  • Terjadi kebocoran, biasanya hal ini terjadi saat usia kehamilan mencapai minggu ke-16 atau di atasnya, di mana terjadi kebocoran kolostrum -suatu cairan berwarna keemasan yang adalah ASI awal wanita, dihasilkan saat hamil- dari puting Anda.
  • Timbul rasa nyeri, di samping rasa sakit, rasa nyeri juga dapat menyerang payudara saat hamil. Rasa nyeri ini diakibatkan oleh pembentukan susu dan pengumpulannya yang sudah dimulai dalam payudara Anda, serta sel-sel payudara yang membengkak.
  • Beratnya semakin bertambah, perubaha payudara saat hamil, aliran darah Anda akan bertambah jumlahnya. Selain itu, kelenjar-kelenjar di dalam payudara Anda juga akan semakin membesar sehingga berat payudara pun turut bertambah. Ditambah lagi, payudara Anda juga akan mulai menampung cairan .
  • Pembuluh darah menjadi terlihat, di mana pada saat kehamilan payudara Anda seakan menjadi transparan dan terlihat serat serta berwarna biru dan hijau yang membentang di bawah permukaannya. Hal ini wajar terjadi akibat membesarnya pembuluh darah yang juga menandakan bahwa aliran darah di payudara semakin kencang dan banyak.
  • Adanya sensasi baru, di mana akan terasa beberapa sensasi seperti rasa gatal, rasa geli menggelitik, hingga rasa seperti tertusuk yang Anda alami di bagian payudara saat hamil. Anda dapat meredakan sensasi ini dengan mengoleskan pelembap pada payudara di malam hari.
  • Mengeras, puting susu Anda akan terasa mengeras di masa kehamilan (bahkan sesudahnya), karena sudah mulai memproduksi ASI. Nah, karena bayi belum lahir dan ASI terus disimpan di dalam payudara di masa kehamilan inilah payudara berikut putingnya akan terasa keras.
  • Berbintik-bintik, perubahan payudara saat hamil ini akan membuat payudara Anda dipenuhi bintik-bintik merah yang disebut Montgomery’s turbucles selama masa kehamilan. Hal ini wajar terjadi, dan karenanya Anda tak perlu menggaruk atau menggosok guna menghilangkannya karena bisa menyebakan infeksi. Bintik-bintik tersebut akan hilang sendiri pda waktunya.

Nah, itu dia 12 perubahan payudara saat hamil yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.