Kekurangan KB Spiral; Pertimbangkan Dulu Sebelum Memasang

kekurangan KB Spiral

Go Dok- Kekurangan KB Spiral- KB spiral, atau yang dikenal juga dengan istilah IUD (Intrauterine Device), merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi yang banyak dipilih wanita. Banyak alasan kenapa jenis kb ini kemudian menjadi favorit, seperti: tidak membuat gemuk layaknya efek kb jenis lain, kb spiral dapat dilepas kapan saja, hingga mengurangi risiko menderita kanker serviks dan endometrium. Namun, bukan berarti kb spiral tidak mempunyai kekurangan, lho!

Cari tahu apa saja kekurangan kb spiral lewat penjelasan di bawah:

1. Biaya

Kekurangan kb spiral yang pertama adalah kurang efisiennya biaya yang dikeluarkan. Tidak seperti halnya jenis kb oral, kb spiral harus dipasang dan dilepas oleh dokter. Selain itu, sebelum proses pemasangan spiral dilakukan, pasien juga biasanya dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Salah satu jenis pemeriksaan medis yang umum dilakukan adalah pemeriksaan pelvik.

2. Gangguan menstruasi

Perlu Anda ketahui bahwa kb spiral dibagi menjadi dua jenis, yaitu IUD tembaga dan IUD hormonal. Nah, khusus untuk wanita yang memasang IUD tembaga, biasanya mereka akan mengeluhkan beragam gangguan saat menstruasi, seperti perdarahan berlebih atau nyeri saat menstruasi. Selain itu, dalam beberapa kasus wanita juga bisa mengalami keluarnya bercak darah (flek) di antara periode menstruasi.

3. Dampak hormonal

Kekurangan kb spiral yang selanjutnya adalah dampak perubahan hormon pada kondisi fisik maupun mental. Hal ini biasanya dialami oleh wanita yang memasang IUD hormonal. Bebeberapa dampak yang dimaksud meliputi mood swings, tumbuh jerawat, sakit kepala, hingga payudara yang terasa nyeri.

4. Risiko kista ovarium

Meskipun jumlah kasusunya masih tergolong sedikit, namun beberapa pemasangan kb spiral –khususnya jenis IUD hormonal- terbukti dapat memicu timbulnya kista ovarium. Tenang! Selain bersifat jinak atau non-kanker, kista ini pun umumnya akan hilang dengan sendirinya.

5. Radang panggul

Tahukah Anda, bahwa kb spiral ternyata dapat menyebabkan radang panggul? Ya, hal ini bisa terjadi jika kb dipasang tanpa memperhatikan tingkat kehigienitasan. Karenanya, untuk menghindari kemungkinan buruk ini, selalu pastikan bahwa tenaga medis yang Anda pilih terbukti ahli dan terampil.

6. Tidak mencegah penyakit seksual

Kekurangan kb spiral yang terakhir adalah bahwa alat kontrasepsi yang satu ini tidak membuat Anda terhindar dari penyakit seksual. Karena alasan inilah, kb spiral tidak dianjurkan untuk wanita yang memiliki lebih dari satu pasangan.

Itu tadi beberapa kekurangan kb spiral yang harus Anda ketahui. Selain poin di atas, perlu diketahui pula bahwa alat kontrasepsi ini tidak cocok bagi: pasien kanker serviks & kanker payudara, wanita dengan kelainan pada rahim, atau wanita dengan riwayat radang panggul. Jadi, sebelum, Anda memutuskan untuk memsanga kb spiral, alangkah lebih baik untuk memeriksakan kondisi kesehatan terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.