Kegunaan Baby Oil yang Jarang Diketahui

kegunaan baby oil

GoDok- Kegunaan Baby Oil- Bagi sebagian orang, baby oil bisa jadi hanya dipandang sebagai suatu produk yang dikhususkan untuk bayi-bayi mungil agar kulit mereka tak cepat kering. Karenanya, Anda tentu seringkali melewati produk ini begitu saja saat berbelanja. Eits, jangan salah! Baby oil ternyat juga memiliki banyak kegunaan bagi para remaja dan dewasa, lho.

 Apa saja kegunaan baby oil tersebut? Yuk simak daftar lengkapnya berikut ini:

1. Merawat kuku

Kegunaan baby oil yang pertama untuk Anda adalah perawatan kuku sendiri, tanpa harus ke salon. Caranya mudah saja, Anda cukup mengoleskan beberapa tetes baby oil ke area kuku dan sekitarnya, lalu pijatlah perlahan dan biarkan baby oil menempel selama satu malam. Hal ini akan membuat kuku Anda lebih kuat, halus, dan lembap.

2. Mengurangi stretch mark

Jarang yang tahu kegunaan baby oil yang satu ini. Padahal, kandungan vitamin A, mineral oil dan ekstrak lidah buaya pada beberapa produk baby oil dipercaya dapat memperbaiki jaringan-jaringan kulit yang kering dan rusak. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus mengoleskan baby oil pada area kulit yang menderita stretch mark secara rutin setiap harinya. Tak hanya memperbaiki, baby oil dapat pula mencegah datangnya stretch mark jika dioleskan secara rutin di masa kehamilan.

3. Memijat tubuh

Selain membuat tubuh terasa lebih hangat, baby oil juga akan membuat kulit Anda lebih lembut saat digunakan untuk memijat. Di samping itu, baby oil juga dapat membantu dalam mengecilkan pori-pori kulit yang membesar dan terbuka saat dipijat, sehingga suhu tubuh tetap terjaga. Untuk menambah khasiatnya, cobalah untuk berendam dengan air hangat yang dibubuhi baby oil sehabis pijat. Jadi, jika Anda masih menggunakan balsem untuk memijat, sudah saatnya berganti dengan baby oil, ya!

4. Melembapkan bibir

Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda harus rutin mengoleskan baby oil pada bibir dan area sekitarnya, sembari memijat bibir secara perlahan. Ingat, waktu yang paling efektif untuk melakukan hal ini adalah malam hari sebelum tidur, agar hasilnya lebih optimal.

5. Menangkal nyamuk

Tahukah Anda bahwa salah satu kegunaan baby oil adalah untuk menangkal nyamuk? Jika tidak percaya, Anda bisa langsung mengoleskan baby oil di area kulit terbuka setelah membersihkan badan. Tak hanya efektif untuk menghindarkan gigitan nyamuk, baby oil juga dapat membuat tidurmu lebih nyaman dengan aromanya jika dioleskan sebelum tidur, lho!

6. Membersihkan telinga

Tentu setiap pagi atau malam Anda selalu ingat untuk membersihakn telinga yang rasanya kotor sekali setalah seharian beraktivitas. Nah, kegunaan baby oil juga bisa diterapkan pada rutinitas ini, lho! Dengan membubuhkan beberapa tetes baby oil pada cotton bud, bagian telinga yang Anda bersihkan akan terhindar dari iritasi dan kotoran akan lebih mudah menempel serta terangkat. Efisien, bukan?

7. Mengatasi tumit pecah-pecah

Tumit pecah-pecah seringkali menjadi masalah bagi Anda yang kerap bepergian dengan alas kaki terbuka. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengoleskan baby oil pada area tumit sebelum tidur, memijatnya lembut, dan membawanya tidur semalaman penuh. Dengan cara ini, tumit Anda akan menjadi lebih lembut dan lembap secara alami. Agar lebih efektif, Anda dapat terlebih dulu merendam kedua kaki dengan air hangat yang telah diberi sabun.

8. Melembutkan dan mencerahkan kulit

Kegunaan baby oil yang terakhir adalah untuk membantu dalam melembutkan dan mencerahkan kulit Anda. Pasalnya, selain melembutkan bibir dan tumit, baby oil dapat pula digunakan untuk melembutkan, melembapkan, serta mencerahkan bagian kulit lainnya. Sebab, baby oil mampu mengurangi produksi minyak seharian, menjaga kulit dari kekeringan, serta membuatnya lebih bercahaya.

Nah, itu dia 8 kegunaan baby oil yang jarang Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.