Kebiasaan Penyebab Sariawan Yang Harus Anda Hindari!

Kebiasaan Penyebab Sariawan
Penyebab sariawan sangat beragam dan terhitung cukup banyak. Salah satunya adalah beberapa kebiasaan yang secara sadar maupun tidak sadar sering Anda lakukan

 GoDok – Kebiasaan Penyebab Sariawan – Sariawan merupakan salah satu jenis penyakit yang paling umum terjadi di dunia. Tak mengherankan, sebab penyebabnya pun beragam dan terhitung cukup banyak. Salah satunya adalah beberapa kebiasaan yang secara sadar maupun tidak sadar sering Anda lakukan. Apa saja kebiasaan penyebab sariawan tersebut? Berikut Go Dok paparkan beberapa di antaranya :

Kebiasaan Penyebab Sariawan

1. Merokok

Hmmm… akui saja, banyak di antara Anda yang melakukan kebiasaan ini terlalu sering dalam sehari, mulai dari bangun di pagi hari hingga menjelang tidur. Awas! Kebiasaan ini berpotensi besar menyebabkan sariawan, baik pada bibir bagian dalam maupun pipi bagian dalam. Tak hanya itu, jika kebiasaan ini diteruskan dan kecanduan Anda semakin parah, lama kelamaan kanker mulut juga bisa menyerang!

(Baca: Serba Serbi Kanker Mulut yang Harus Anda Ketahui)

2. Mengonsumsi makanan pedas

Tentu kebiasaan penyebab sariawan yang satu ini sudah umum diketahui oleh berbagai kalangan. Hal ini pula yang digadang-gadang sebagai penyebab utama sariawan oleh orangtua Anda. Mereka tidak salah, makanan pedas memang salah satu penyebab, meskipun bukan yang utama. Pasalnya, makanan pedas dapat mengeluarkan efek panas yang menyebabkan iritasi pada rongga mulut, sehingga terjadilah sariawan. Meski begitu, Anda tidak perlu cemas karena hanya konsumsi dalam jumlah banyak yang dapat menyebabkan sariawan pada mulut. Jadi, batasi mengonsumsi makanan pedas ya!

(Baca: Waspada! 6 Makanan Penyebab Maag Kambuh)

3. Jarang mengonsumsi buah dan sayuran

Salah satu faktor pemicu terjadinya sariawan adalah karena tubuh tidak mendapatkan asupan vitamin C, vitamin B12, dan asam folat yang cukup. Semua kandungan ini sejatinya bisa Anda peroleh lewat buah dan sayuran yang dikonsumsi rutin. Karena itulah, penting bagi Anda untuk mulai memasukkan kedua panganan ini ke dalam menu harian.

4. Berbicara saat makan

Tentunya Anda tahu bahwa salah satu faktor pemicu terjadinya sariawan adalah terdapatnya trauma pada mulut. Nah, trauma dan iritasi dapat terjadi jika lidah atau bibir Anda tergigit keras oleh gigi sendiri. Nah, salah satu yang bisa menyebabkan hal ini terjadi adalah kebiasaan Anda berbicara saat sedang makan. Jadi, patuhi nasihat orangtua dan berhentilah berbicara saat makan, ya!

(Baca: Ibu, Coba Trik Berikut Jika Anak Susah Makan Sayur)

5. Mengunyah makanan terlalu cepat

Selain sering berbicara saat makan, mengunyah terlalu cepat dapat pula membuat lidah dan bibir Anda tergigit secara tidak sengaja. Jika mulut Anda tidak memiliki jaringan mulut yang bekerja optimal dalam menutup luka akibat tergigit sesegera mungkin, maka akan timbullah sariawan. Karenanya, jangan terburu-buru dalam menghabiskan makanan ya!

6. Menyikat gigi terlalu keras

Kebiasaan penyebab sariawan ini juga merupakan salah satu yang dapat meninggalkan luka iritasi pada mulut jika dilakukan terlalu sering. Kerasnya bulu sikat gigi yang ditekan dan digosokkan berkali-kali di dalam mulut dapat menyebabkan bibir atau pipi bagian dalam tergores. Hal inilah yang kemudian bisa menimbulkan sariawan di rongga mulut.

(Baca: Sudahkah Anda Menyikat Gigi dengan Benar Hari Ini?)

7. Berbagi sendok atau sedotan

Berhentilah menggunakan sendok atau sedotan bersama dengan orang lain, terutama mereka yang tengah menderita flu. Karena ini menjadi kebiasaan penyebab sariawan. meskipun sariawan bukan penyakit menular, namun flu adalah penyakit menular yang juga dapat menyebabkan sariawan pada penderitanya.

Nah, itu tadi 7 kebiasaan penyebab sariawan yang harus Anda ketahui. Kurangilah kebiasaan-kebiasaan penyebab sariawan tersebut jika Anda tidak ingin terkena sariawan, bahkan kanker mulut di kemudian hari. Semoga bermanfaat!