Kebiasaan Pemicu Sariawan, Kenali dan Waspadai!

kebiasaan pemicu sariawan
Sariawan merupakan munculnya bercak putih, kuning, atau abu di sekitar dalam mulut. Penyebab  sariawan belum diketahui secara pasti, tetapi terdapat beberapa kebiasaan yang dapat memicu sariawan.

GoDok – Kebiasaan Pemicu Sariawan – Apakah anda pernah merasakan susah untuk makan, berbicara, atau membuka mulut? Jika anda memakan sesuatu atau bahkan meminum air putih, anda akan merasa perih di bagian dalam bibir anda. Jika pernah, itu adalah gejala sariawan. Hampir setiap orang pernah mengalami sariawan bahkan penyakit ini tidak mengenal umur dan bisa menyerang bayi.

Sariawan merupakan munculnya bercak putih, kuning, atau abu di sekitar dalam mulut. Sariawan ini biasanya menyerang pipi bagian dalam, bibir, dan lidah. Sariawan biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah satu atau 2 minggu. Hanya saja jika dibiarkan akan mengganggu keseharian anda. Sariawan biasanya akan terjadi beberapa kali dan cenderung akan muncul lagi. Penyebab  sariawan belum diketahui secara pasti, tetapi terdapat beberapa kebiasaan pemicu sariawan yang harus Anda ketahui dan waspadai.

Kebiasaan Pemicu Sariawan

1. Stres

Terkadang anda merasa tertekan dengan segala kegiatan yang anda jalani sehingga mengalami stres. Dilansir dari webMD, stres dan cemas dapat menjadi kebiasaan pemicu sariawan. Cobalah untuk rileks sebentar jika anda sudah merasa jenuh.

(Baca: Solusi Singkat Atasi Stres Hebat)

2. Kurang tidur

Sebagian orang banyak yang melewatkan waktu tidurnya untuk melakukan pekerjaan, menonton bola, atau hal lainnya. Jangan dibiasakan karena kurang tidur merupakan salah satu kebiasaan pemicu sariawan, lho. Selain sariawan, kurang tidur juga memang kurang bagus untuk kesehatan tubuh anda.

(Baca: Hal yang Pantang Dilakukan Sebelum Tidur!)

3. Merokok

Merokok bukanlah suatu hal yang aneh sekarang ini. Banyak orang yang merokok, baik wanita, pria, orang dewasa, bahkan remaja. Bukan mereka tidak mengetahui bahayanya. Hanya saja merokok sudah menjadi kebutuhan. Salah satu penyakit ringan yang disebabkan oleh rokok adalah sariawan. Selain itu, bagi anda yang juga ingin berhenti merokok, anda akan mengalami sariawan ketika pertama kali berhenti.

(Baca: Kenali Dampak Buruk Merokok pada Gigi)

4. Diet untuk mengurangi berat badan 

Badan yang kurus merupakan standar kecantikan untuk saat ini. Tidak heran jika banyak wanita yang melakukan diet untuk mendapatkan bentuk tubuh idaman. Akan tetapi, sebagian orang menerapkan pola diet yang tidak sehat sehingga dirinya mengalami kekurangan nutrisi. Kekurangan Vitamin C, B12, dan zat besi dapat memicu sariawan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan luka dan kekeringan di sekitar mulut dan tenggorokan. Dengan begitu sariawan akan cepat berkembang. Nah, ini alasan kenapa diet menjadi salah satu kebiasaan pemicu sariawan. Selain itu, jika anda mengalami penurunan berat badan dengan tiba-tiba, anda juga akan rentan terkena sariawan.

(Baca: Tubuh Ideal dengan tips diet yang benar)

5. Makanan

Makanan merupakan kebutuhan utama yang dibutuhkan oleh tubuh agar organ-organ dalam tubuh dapat bekerja. Akan tetapi, tidak semua makanan memberikan efek yang bagus untuk tubuh. Makanan seperti makanan pedas, coklat, kopi, kacang-kacangan, almond, strawberry, tomat, keju, dan kentang dapat memicu terjadinya sariawan. Kurangilah frekuensi pengonsumsiannya.

(Baca: Mari Berbicara Tentang Kopi)

Setelah mengetahui kebiasaan pemicu sariawan di atas, apakah sesuai dengan kebiasaan anda? Atau tidak? Hindarilah kebiasaan-kebiasaan tersebut. Anda dapat mengubahnya secara perlahan.