Kebiasaan Buruk untuk Kesehatan; Segera Hentikan!

kebiasaan buruk untuk kesehatan

GoDok- Kebiasaan buruk untuk kesehatan- Anda tentu sadar terdapat beberapa kebiasaan-kebiasaan kecil yang sulit dihentikan, seperti menggigit bibir, mengelupas kulit bibir, atau menggigit kuku. Tahukah Anda , bahwa kebiasaan tersebut sebenarnya tidak baik untuk kesehatan Anda dan harus dihentikan? Beberapa dari Anda tentu tahu, namun Anda pun tidak dapat menghentikannya. Lantas bagaimana caranya?

Ini dia daftar kebiasaan buruk untuk kesehatan dan cara mengehentikannya! 

1. Menggigit kuku

Kebiasaan buruk untuk kesehatan pertama adalah mengigit kuku. Tangan adalah salah satu alat untuk Anda beraktivitas sehari-hari, seperti menulis, memegang benda, mengetik, menyetir, dan sebagainya. Berbagai aktivitas yang Anda lakukan dengan tangan membuat Anda penuh dengan bakteri. Terlebih lagi jika Anda tidak rajin mencuci tangan atau menggunting kuku.

Bayangkan, berapa banyak kuman dan bakteri yang bersarang di tangan Anda. Padahal, ketika Anda menggigit kuku, secara tidak sadar Anda telah memindahkan bakteri tersebut ke mulut Anda dan bersarang di tubuh Anda. Hiii!

Ternyata, dengan menggunakan pelapis kuku, bahkan yang berwarna merah, dapat menghentikan Anda untuk mengigitnya. Selain warna merah menyala yang mengindikasikan tanda berhenti, Anda juga tentu tidak ingin merusak riasan kuku, bukan?

2. Menggigit bibir

Biasanya, menggigit bibir menjadi salah satu ikon sensual. Namun, banyak yang melakukannya secara tidak sadar dan menjadi kebiasaan, terutama ketika sedang banyak pikiran, cemas, panik, bingung, atau merasa kering pada bagian bibir. Padahal dampak dari kebiasaan ini bisa cukup serius, karena kulit bibir bisa menjadi kering dan terkelupas ketika tergigit, hingga menyebabkan luka dan infeksi.

Menurut Healthguidance.com, Anda bisa menghentikannya dengan banyak mengonsumsi air putih jika bibir kering menjadi penyebabnya. Anda juga bisa mengakalinya dengan membawa permen karet yang akan menyibukkan mulut Anda untuk sibuk mengunyah, dibanding harus mengigit bibir. Menggunakan pelembap atau lipstik juga dapat mengingatkan Anda untuk tidak menggigit.

3. Mengucek mata

Kebiasaan buruk untuk kesehatan selanjutnya adalah mengucek mata. Anda terbiasa melakukan kebiasaan ini? Sebaiknya, segera hentikan! Mata adalah salah satu bagian tubuh yang sensitif. Bakteri yang berpindah ke mata Anda dapat menyebabkan infeksi dan meradang yang menyebabkan mata merah dan perih. Anda bisa saja merasa kebiasaan satu ini sulit dihentikan, terutama ketika mata terasa gatal.

Sebelum menyentuh mata, Anda harus memastikan tangan Anda bersih. Jika mata tidak terlalu terasa gatal, Anda bisa menggantikan mengucek mata dengan mengedipkan mata beberapa kali hingga rasa gatal sudah mereda. Jangan biasakan mengucek terlalu keras karena dapat melukai permukaan mata Anda.

4. Membersihkan hidung terlalu dalam

Membersihkan hidung terlalu dalam bisa jadi terasa nikmat, meski terkadang menyakitkan. Terutama ketika Anda tidak sengaja menarik bulu hidung Anda. Ouch! Anda bisa aja melukai bagian dalam hidung Anda, lho.

Bagaimana cara menghentikannya? Anda bisa membalut jari yang biasa Anda gunakan untuk mengorek hidung dengan plester sebagai pengingat bahwa kebiasaan tersebut harus dihentikan. Usahakan hanya membersihkan hidung ketika diperlukan saja.

5. Menggaruk dengan kuku

Rasa gatal memang mengganggu, apalagi jika disebabkan oleh nyamuk. Eit, tapi tahan dulu tangan Anda! Hentikan kebiasaan buruk menggaruk dengan kuku. Menggaruk bagian tubuh yang gatal bisa menyebabkan luka. Terlebih lagi, jika luka tersebut meninggalkan bekas. Permukaan kulit menjadi tidak mulus lagi!

Lantas, bagaimana cara menghentikan rasa gatal tersebut jika tidak digaruk? Bukan berarti Anda tidak boleh menggaruk. Anda hanya perlu mengganti cara menggaruknya. Hindari penggunaan kuku dan menggaruk terlalu keras. Gunakan ujung jari dan garuk perlahan saja. Gesekan antarkulit tidak merusak seperti menggunakan kuku.

6.  Membersihkan telinga terlalu dalam dan sering

Terakhir, kebiasaaan buruk untuk kesehatan adalah membersihkan telinga terlalu dalam dan sering. Membersihkan bagian dalam telinga memang merupakan hal yang harus dilakukan. Namun, “kenikmatan” tersebut tidak boleh dilakukan terlalu sering dan terlalu dalam jika menggunakan cotton bud. Mengapa demikian? Semakin Anda menggaruh kulit bagian dalam terlinga Anda, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak histamin yang akan membuat kulit semakin iritasi dan meradang. Terlebih lagi jika Anda terlalu dalam yang bisa menyebabkan luka pada gendang telinga.

Anda disarankan untuk membersihkan telinga bagian luar saja, karena pelumas alami yang dihasilkan tubuh akan mendorong kotoran yang ada di bagian dalam telinga ke bagian luar. Jika Anda ingin membersihkan bagian dalam ,lebih baik Anda pergi ke klinik untuk melakukan perawatan dengan lilin.

Nah, itu tadi kebiasaan buruk untuk kesehatan yang mungkin saja sering Anda lakukan dengan tidak sadar. Jangan sepelekan dan hentikan kebiasaan tersebut mulai sekarang!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasi Go Dok di sini.