Kebiasaan Buruk Saat Hamil yang Harus Dihentikan

kebiasaan buruk saat hamil

Go Dok- Kebiasaan buruk saat hamil- Ketika sedang mengandung, Anda tentu ingin memberikan yang terbaik untuk kelancaran dan kesehatan si janin. Anda berusaha memenuhi kebutuhan si kecil selama berada di dalam perut dengan berbagai upaya, baik itu makan sehat, olahraga, dan sebagainya. Eits! Memenuhi kebutuhan saja tidak cukup, lho! Ada beberapa kebiasaan buruk yang juga harus dihindari untuk menjaga kesehatan Anda dan si bayi. Apa sajakah itu?

Simak daftar kebiasaan buruk saat hamil yang harus dihentikan dari pemaparan Go Dok berikut ini!

1. Merokok

Kebiasaan buruk saat hamil satu ini harus benar-benar Anda hentikan. Hal ini bukan saja berarti berhenti merokok secara aktif, tetapi juga merokok secara pasif. Hindari area merokok dan tegur jika orang terdekat merokok di sekitar Anda. Menurut hasil penelitian dari Centers for Disease Control and Prevention, orang hamil yang terpapar oleh rokok dapat mengalami pelepasan premature pada plasenta, berat badan bayi di bawah rata-rata, dan kematian mendadak pada bayi.

2. Mengonsumsi minuman beralkohol

Tidak ada dosis yang tepat bagi ibu hamil untuk mengonsumsi minuman beralkohol, baik itu wine, bir, atau liquor. Karena, alkohol akan terbawa oleh aliran darah, masuk ke plasenta dan tali pusar, lalu mencapai ke janin Anda. Hal tersebut dapat membahayakan organ dan otak pada janin yang sedang dalam tahap perkembangan.

3. Menggunakan sepatu hak runcing

Jika Anda terbiasa dengan sepatu hak tinggi dan runcing untuk beraktivitas sehari-hari di kantor, Anda perlu menggantinya dengan sepatu dengan hak lebih rendah. Ketika Anda mengandung, titik gravitasi Anda akan berubah. Anda tentu tidak ingin memiliki pergelangan kaki yang bengkak, bukan? Anda bisa menggantinya dengan sepatu kitten heels, wedges, atau flatshoes.

4. Mengonsumsi banyak kafein

Kebiasaan buruk saat hamil selanjutnya adalah mengonsumsi terlalu banyak kafein. Menurut dr. Laura Riley dari Massachusetts General Hospital di Boston, konsumsi kafein pada ibu hamil tidak boleh lebih dari 200 miligram sehari. Pasalnya, konsumsi kafein pada saat hamil merupakan salah satu penyebab dari keguguran. Jadi, hentikan segera kebiasaan Anda untuk meminum kopi, teh, atau soda terlalu banyak!

5. Tidak sarapan

Anda mungkin sering merasa mual di pagi hari, bukan? Hal tersebut wajar terjadi ketika Anda mengandung. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan sarapan, lho! Ketika Anda tidak mengisi perut di pagi hari, Anda berisiko mengalami hipoglikemik; sebuah kondisi di mana kadar gula darah Anda turun drastis dan menimbulkan rasa pusing. Untuk menggugah selera makan, Anda bisa mengganti menu sarapan dengan smoothies atau potongan buah.

6. Kekurangan minum

Ketika Anda sedang mengandung, cairan tubuh Anda akan banyak keluar dari pembuluh darah menuju jaringan tubuh. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya dengan banyak meminum air putih. Selain itu, meminum cukup air putih dapat menghindari kelahiran prematur. Pasalnya, ketika ibu hamil kekurangan cairan, tubuh akan membuat hormon yang dapat menstimulasi kontraksi.

7. Duduk atau berdiri terlalu lama

Ketika Anda sedang tidak mengandung, duduk atau berdiri terlalu lama mungkin tidak terasa berat dan membahayakan. Namun, hal ini menjadi salah satu kebiasaan buruk saat hamil. Ketika Anda hamil, berada pada satu posisi terlalu lama dapat menimbulkan pergelangan yang bengkak serta beberapa masalah pembuluh darah. Coba untuk sesekali bergerak untuk melemaskan otot atau naikkan kaki sejenak.

Itu tadi beberapa kebiasaan buruk saat hamil yang harus Anda hentikan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.