KB Suntik; Tentang Sisi Positif dan Negatifnya

Kb suntik

KB suntik adalah  jenis kontrasepsi yang diberikan dengan cara disuntikkan ke dalam tubuh. Sama halnya dengan alat kontrasepsi lainnya, jenis KB ini memiliki sisi postif dan negatif yang harus Anda ketahui.

Go Dok- Dari sekian banyak jenis kontrasepsi yang umum dicoba oleh wanita yang sudah berumah tangga, kb suntik pastinya sudah bukan lagi jenis yang asing. Bagaimana tidak! Selain praktis, jenis kb ini juga dipandang banyak pihak sebagai pilihan yang efektif dan murah. Eits, tunggu dulu! Sebelum Anda memutuskan untuk mencoba jenis kb yang satu ini, ada baiknya ketahui dulu sisi positif dan negatifnya!

Tentang KB Suntik

Sesuai dengan namanya, kb suntik adalah  jenis kontrasepsi yang diberikan dengan cara disuntikkan ke dalam tubuh. Dilihat dari jangka waktu keefektifannya, Jenis kb ini ternyata dibagi menjadi 2 jenis, yaitu kb suntik 1 bulan dan kb suntik 3 bulan.

Jika kb suntik 1 bulan mengandung Medroxyprogesterone  dan Estradiol Cypionate dan wajib diberikan setiap bulan, maka kb suntik 3 bulan yang mengandung Depo Medroxyprogesterone Acetate (DMPA) wajib didapatkan oleh wanita setiap 3 bulan sekali.

Sisi positif

Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih kb jenis ini:

  1. Praktis; jika dibandingkan dengan jenis kb pil yang harus diminum setiap hari, kb suntik hanya perlu dilakukan satu kali saja setiap 1 atau 3 bulan.
  2. Aman bagi ibu menyusui; khusus untuk kb suntik 3 bulan, ternyata jenis ini aman diberikan bagi ibu yang sedang menyusui. Karenanya, kb ini merupakan pilihan ideal bagi wanita yang enggan hamil dalam jarak waktu dekat.
  3. Tidak memengaruhi gairah seksual; sehingga tidak berpengaruh pada hubungan Anda dan pasangan.
  4. Tidak memerlukan prosedur medis; tidak seperti halnya pemasangan jenis kb lain (semisal kb spiral), jenis kb ini tidak melibatkan prosedur medis –seperti pemeriksaan panggul.
  5. Tidak menghambat kehamilan; banyak wanita yang khawatir jika kb justru akan membuat mereka susah hamil nantinya. Eits, hal ini tidak akan terjadi jika Anda memilih kb suntik. Karena setelah kb dihentikan, Anda akan memperoleh kesempatan untuk hamil kembali.
  6. Dapat digunakan oleh semua wanita; termasuk mereka yang sudah berusia >35 tahun.
Sisi negatif

Jika ada sisi positif, maka ada sisi negatif yang harus Anda pertimbangkan. Berikut sisi negatif kb suntik:

  1. Mengganggu siklus haid; ternyata, pada banyak kasus kb suntik, wanita sering mengalami gangguan pada siklus mentruasinya. Menstruasi bisa saja menjadi lebih panjang, tidak teratur, bahkan tidak haid sama sekali –terutama di bulan-bulan awal pemakaian kb suntik.
  2. Perubahan kondisi hormonal;banyak wanita yang mengeluhkan perubahan kondisi hormonal pasca di-kb suntik. Kondisi ini ternyata memicu pertumbuhan jerawat, payudara yang terasa nyeri, dan mood swing.
  3. Memicu kenaikan berat badan;ini dia efek samping kb suntik yang paling sering dikeluhkan. Ya, banyak wanita yang mengalami kenaikan berat badan signifikan pasca mendapatkan kb suntik.
  4. Tidak melindungi wanita dari penyakit menular seksual
  5. Memicu osteoporosis; studi mengungkapkan bahwa kb suntik ternyata dapat mengurangi kepadatan tulang wanita. Karenanya, jika tidak diimbangi dengan asupan kalsium yang baik, kb jenis ini dapat memicu osteoporosis.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS!Download aplikasi Go Dok, di sini.