Kanker Lambung; Penyakit Mematikan yang Siap Mengintai

Kanker lambung

Kanker lambung merupakan kondisi medis yang dicirikan dengan berkembangnya sel ganas pada jaringan lambung.

Go Dok- Kanker Lambung- Memang, jika dibandingkan dengan kanker jenis lain, kanker lambung memang relatif lebih jarang terjadi. Eits, tapi bukan berarti Anda dapat lengah, lho! Karena kanker jenis ini bisa kapan saja mendera Anda ataupun keluarga. Tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Karenanya, yuk, simak penjelasan lengkap mengenai kanker lambung berikut ini!

Apa itu kanker lambung?

Sesuai dengan namanya, kanker lambung merupakan kondisi medis yang dicirikan dengan berkembangnya sel ganas pada jaringan lambung. Berdasarkan jenisnya, kanker lambung dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. Adenocarcinoma, jenis kanker lambung yang paling umum. Biasanya ditandai dengan pertumbuhan sel ganas pada lapisan mukosa atau lapisan penghasil asam lambung.
  2. Limfoma, jenis ini dicirikan oleh pertumbuhan sel ganas pada sistem limfatik lambung.
  3. Sarcoma, terakhir, jenis ini dicirikan oleh pertumbuhan sel ganas pada jaringan ikat -seperti lemak, otot, dan pembuluh darah.

Jika ditelisik lebih lanjut, maka bisa disimpulkan bahwa kanker lambung dipicu oleh beberapa faktor, seperti:

  1. Infeksi bakteri. Bakteri yang dimaksud adalah bakteri pyloriyang terbukti menjadi dalang timbulnya beberapa keluhan pada lambung, seperti tukak lambung dan gangguan pencernaan.
  2. Infeksi lambung kronis. Faktanya, infeksi lambung kronis dapat meningkatkan risiko penderitanya turut terkena penyakit ini.
  3. Merokok. Selain buruk bagi kesehatan paru-paru, kebiasaan merokok juga membuat Anda berisiko 2 kali lebih besar terkena kanker lambung. Jadi, yakin masih mau merokok?
  4. Makanan. pola makan yang tidak sehat -seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan instan dan tinggi daram.
  5. Usia dan jenis kelamin. Tahukah Anda, bahwa laki-laki lebih rentan terkena kanker lambung dibanding wanita? Selain itu, usia yang semakin menua juga turut meningkatkan risiko Anda terkena penyakit mematikan ini.
  6. Riwayat keluarga. Faktanya, memiliki kerabat dekat yang menderita kanker lambung turut meningkatkan risiko Anda terkena penyakit serupa.
  7. Riwayat pribadi menderita kanker jenis lain.
Apa saja gejala kanker lambung yang harus saya waspadai?

Sejatinya, gejalanya sangatlah beragam dan bergantung pada stadium yang diderita. Lengkapnya, simak penjelasan di bawah!

  • Stadium awal; perut mudah terasa kenyang dan kembung, mual dan muntah, penurunan nafsu makan dan berat badan, serta sering mengeluhkan mulas dan gangguan pencernaan lainnya.
  • Stadium lanjut; sakit pada ulu hati, muntah dan BAB yang disertai dengan keluarnya bercak darah, serta tubuh yang mudah terasa lemah dan lemas.
Apa yang harus saya lakukan agar terhindar dari kanker lambung?

Sebenarnya, terdapat beberapa langkah yang dapat Anda coba agar terhindar dari penyakit ini, seperti:

– Menerapkan pola hidup sehat dengan menghindari kebiasaan merokok, atau tinggal di lingkungan yang sering terpapar asapnya.

– Memperbaiki pola makan dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan

– Menjaga berat badan agar tetap ideal

– Hindari penggunaan obat-obatan tanpa resep dan pengawasan dokter.

Itu tadi sekelumit penjelasan mengenai kanker lambung yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Donwload aplikasi Go Dok di sini.