Kaku Leher Saat Bangun Tidur? Atasi dengan 5 Cara Ini!

atasi kaku leher saat bangun tidur
Sakit pada leher ketika bangun tidur dikenal sebagai muscle strain, kondisi ini dipicu oleh kesalahan posisi bantal yang menyangga kepala serta leher saat Anda tidur. Atasi kaku leher saat bangun tidur dengan 5 cara ini

GoDok – Apakah Anda pernah merasakan sakit atau kaku pada leher ketika bangun tidur? Meskipun bukan merupakan gangguan kesehatan yang serius, namun rasa sakit dan kebas pada area leher tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Bayangkan saja! Malas sekali rasanya ketika harus menoleh ketika ada yang memanggil, atau ketika Anda harus menundukkan kepala untuk mencari barang yang terjatuh. Duh, menyebalkan!

Menurut Ade Sri Wahyuni, dokter spesialis rehabilitasi medik, sakit pada leher ketika bangun tidur dikenal sebagai muscle strain. Umumnya, kondisi ini dipicu oleh kesalahan posisi bantal yang menyangga kepala serta leher saat Anda tidur. Lebih lanjut, beberapa kebiasaan sehari-hari -seperti kepala yang terlalu maju ketika berada di depan komputer atau posisi duduk yang tidak sesuai saat menyetir mobil- juga dapat memicu timbulnya rasa sakit pada leher.

Berikut Go Dok paparkan 5 langkah mudah untuk atasi kaku leher saat bangun tidur :
1. Jangan langsung bergerak terlalu cepat

Meskipun sakit leher umumnya disebabkan oleh posisi tidur atau bantal yang salah, namun dalam beberapa kasus, sakit leher juga dapat dipicu oleh urat tegang yang dipaksa harus langsung bekerja. Karenanya, hindari kebiasaan menggerakkan anggota tubuh terlalu cepat ketika baru bangun tidur. Ada baiknya, buat otot serta urat tubuh rileks terlebih dahulu dengan cara melakukan gerakan peregangan ringan. Mudah, bukan?

2. Kompres leher

Mengompres biasanya dilakukan jika badan terasa kaku atau lebam. Karenanya, mengompres dengan air hangat atau dingin juga ampuh, lho, untuk menyembuhkan leher yang terasa sakit dan kaku! Perhatikan urutan air yang digunakan untuk mengompres. Pertama, Anda dapat menggunakan air dingin untuk mengompres leher, baru kemudian disusul oleh kompresan air hangat. Dengan begitu, otot leher yang tegang dan kaku dapat kembali normal seperti sedia kala.

(Baca: Bolehkah Kaki Terkilir Dipijat?)

3. Mandi air hangat

Selain dengan cara mengompres, Anda juga dapat mengurangi rasa sakit atau kaku pada leher dengan mandi menggunakan air hangat. Ssst, saat air mengenai leher, gerakkan bagian tubuh ini secara perlahan ke samping, atas, dan bawah, ya! Dengan cara begitu, dijamin leher akan kembali nyaman.

4. Memijat bagian leher

Ketika leher mulai terasa kaku dan sakit, segera pijat lembut bagian tubuh ini. Demi mendapatkan hasil yang optimal, Anda juga dapat menggunakan balsem atau minyak kayu putih untuk memberikan sensasi hangat yang menenangkan otot.

5. Jemur bantal

Meskipun banyak orang menganggap cara ini sebatas mitos saja, namun pilihan untuk menjemur bantal demi menghindari leher yang kaku dan sakit saat bangun tidur benar adanya, lho! Lho, kok bisa? Usut punya usut, langkah ini terbukti ampuh dalam meningkatkan kualitas bantal sehingga akan terasa lebih empuk dan nyaman saat digunakan.

Itu tadi 5 langkah mudah yang dapat Anda praktikkan demi mengatasi serta menghindari leher yang kaku saat bangun tidur. Semoga bermanfaat!

Comments are closed.