Kaki Pecah-Pecah? Atasi dengan Cara Alami Ini

GoDok – Pernahkah Anda mengalami kaki pecah-pecah? Bagi kaum hawa, tentunya hal ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain karena kaki terasa nyeri dan sakit saat berjalan, Anda juga akan didera rasa tidak percaya diri saat memakai sepatu yang menampakkan bentuk kaki.

Sebenarnya, salah satu kunci untuk menjaga kaki tetap lembut dan sehat adalah dengan merawatnya secara rutin. Sayangnya, banyak dari Anda yang masih bersikap cuek dan lupa melakukan hal tersebut setiap harinya. Padahal, selain karena terlalu banyak terkena paparan sinar matahari dan sering mengalami gesekan, kaki pecah-pecah juga bisa terjadi karena kurangnya perawatan atau minimnya asupan vitamin pada kaki Anda.

Nah, jika Anda sudah terlanjur mengalami kaki pecah-pecah, maka cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan mengembalikan nutrisi dan asupan vitaminnya.  Jika Anda bingung bagaimana caranya, berikut tips-tips alami yang dapat Anda praktikkan  :

1.  Gunakan batu apung dan getah pepaya muda

Pada dasarnya, memakai lotion yang mengandung pelembab sudah cukup membantu mengatasi permasalahan kulit pecah pada kaki. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah pula batu apung setelahnya. Gosok bagian telapak kaki dan tumit Anda yang mengalami pecah-pecah dengan batu apung selama 10 menit. Setelah itu, oleskanlah getah pepaya muda di atasnya. Lakukanlah secara teratur, karena kedua hal ini sangat berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di telapak kaki Anda.

2. Oleskan bawang putih dan madu

Kedua bahan tradisional ini juga telah terbukti ampuh mengatasi kulit pecah-pecah. Caranya, parutlah 4 siung bawang putih dan campur dengan sedikit air bersih. Oleskan pada telapak kaki yang pecah-pecah pada malam hari sebelum Anda tidur. Saat bangun keesokan paginya, bersihkanlah tumit Anda dengan air dingin lalu oleskan madu setelahnya. Dijamin, kaki Anda akan mulai terasa lebih halus.

3. Campurkan air mawar dengan gliserin

Jarang yang tahu bahwa campuran air mawar dan gliserin ternyata berguna untuk mengobati kaki pecah-pecah. Untuk penggunaannya, campurlah kedua bahan ini lalu oleskan pada bagian kaki yang mengalami pecah-pecah. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, kemudian gosoklah kaki Anda menggunakan scrub dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan hal ini secara rutin untuk membantu mengangkat sel-sel kulit yang mati. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab setelahnya, ya!

4. Gunakan minyak pijat

Memijat telapak dan tumit kaki Anda dengan minyak zaitun atau minyak kelapa dapat melembapkan kulit dan menjaganya agar tidak kering. Caranya, pijatlah bagian telapak kaki Anda dengan minyak secara perlahan. Lakukan secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Manfaatkan mentimun

Ya! Tidak salah lagi! Mentimun sangat populer sebagai bahan untuk merawat kulit kaki sebab ia bisa didapatkan dengan mudah. Sebagai penanganan kulit kaki kering, tumbuklah mentimun secukupnya hingga halus dan gunakan tumbukkan tersebut untuk memijat tumit kaki yang mengalami pecah-pecah. Cukup mudah, bukan?

6. Gunakan perasan jeruk nipis

Satu lagi bahan alami populer yang berguna membasmi kulit pecah-pecah dan bisa Anda dapatkan dengan mudah, jeruk nipis. Penggunaannya pun cukup mudah, lho. Anda hanya perlu membelah sebuah jeruk nipis yang sudah tua menjadi dua bagian, lalu menggosokkannya ke tumit atau telapak kaki yang pecah-pecah. Lakukan hal ini secara rutin agar kulit kaki Anda kembali halus.

Selain keenam cara di atas, Anda juga dapat melakukan tindakan pencegahan seperti merendam kaki dengan air hangat, perbanyak minum air putih, selalu menggunakan alas kaki yang tertutup sempurna, serta selalu memakai kaus kaki. Jangan lupa, pilih pula ukuran yang tepat saat membeli sepatu untuk mengurangi terjadinya gesekan pada tumit dan telapak kaki. Ingat, hal-hal sederhana tersebut dapat berdampak besar bagi kesehatan kaki Anda. Jadi, selamat mencoba!

Comments are closed.