Jus Buah untuk Sahur Membuat Puasa Anda Lancar

jus buah untuk sahur
Tahukah Anda, bahwa terdapat beberapa jenis jus buah yang sangat dianjurkan untuk disajikan ketika waktu sahur?

GoDok – Jus Buah untuk Sahur – Berniat sahur dengan menu apa hari ini? Memang, sahur umumnya diisi dengan sajian makanan berat, seperti nasi dan lauk-pauknya. Namun, bagi sebagian orang yang enggan repot menyajikan sajian lengkap, waktu sahur biasanya diisi oleh jus buah-buahan. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan keputusan ini, mengingat buah-buahan juga bisa menjadi sumber tenaga dan nutrisi Anda selama menjalani puasa. Namun, tahukah Anda, bahwa terdapat beberapa jenis jus buah yang sangat dianjurkan untuk disajikan ketika waktu sahur?

Berikut, Go Dok paparkan 6 jus buah  untuk sahur yang dimaksud:

1. Blewah

Jus buah untuk sahur pertama yang baik disajikan adalah blewah. Selain kaya akan vitamin A, senyawa dalam blewah juga bersifat menyerap zat-zat dalam usus yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh, seperti sisa bumbu makanan dan endapan obat-obatan.

Jika dikonsumsi secara rutin, blewah ternyata juga berkhasiat untuk mengurangi rasa mual yang diakibatkan oleh stres dan depresi berlebih. Hebat, bukan

2. Apel

Ketiga, jus buah untuk sahur adalah jus buah apel. Ingin berat badan tetap terjaga saat puasa? Maka, ada baiknya Anda menyajikan jus apel ketika waktu sahur. Faktanya, apel kaya akan serat; namun rendah kalori. Inilah yang membuat buah merah ini ampuh sekali dalam melancarkan sistem pencernaan dan menurunkan berat badan. Tertarik?

3. Alpukat

Karena kaya akan kandungan Omega-3, alpukat baik disajikan sebagai jus saat sahur karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, serat tinggi yang ada dalam buah ini juga menjadikannya ideal sebagai santapan bagi Anda yang memiliki masalah dengan pencernaan; atau sedang berusaha menurunkan berat badan.

4. Pisang

Selain kaya akan kandungan kalium, pisang juga dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin A, B1, B2, dan C dalam jumlah yang cukup tinggi. Inilah alasan mengapa buah ini cocok sekali disajikan sebagai jus buah untuk sahur dan dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah dengan asam lambung.

Selain itu, konsumsi jus pisang saat sahur juga dapat menjaga keseimbangan air di dalam tubuh selama puasa. Hasilnya, Anda akan jarang merasakan haus.

5. Pepaya

Jarang yang mengetahui bahwa kandungan vitamin C dan provitamin A dalam pepaya ternyata berkhasiat untuk memecah serat makanan. Inilah alasannya mengapa konsumsi rutin buah pepaya dipercaya sejak lama dapat melancarkan kerja sistem pencernaan. Wah, jadi jangan ragu sajikan jus buah untuk sahur ya?

6. Pir

Jus buah untuk sahur selanjutnya adalah jus buah pir. Mengapa? Sebab kandungan serat dan air yang tinggi pada buah ini terbukti mampu mengatasi konstipasi serta menjaga agar tubuh Anda terhindar dari dehidrasi.

7. Mangga

Terakhir, jus buah untuk sahur adalah jus mangga. Lagi-lagi, tingginya kandungan vitamin A, C, dan E pada mangga menjadikan buah yang satu ini baik dikonsumsi karena dapat merangsang proses detoksifikasi tubuh agar berjalan lebih maksimal. Tapi, ingat! Hindari penggunaan mangga yang belum matang sebab hal ini justru dapat melukai lambung dan memicu penyakit maag.

Itu tadi 7 jus buah untuk sahur yang dapat Anda sajikan menemani sahur Anda dan keluarga. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasi Go Dok di sini.