Jika Menderita Hipertensi, Anda Wajib Tahu 9 Makanan Ini

GoDok – Ayo, absen! Siapa di antara Anda yang memiliki tensi darah tinggi? Di Indonesia, menurut hasil Riset Kesehatan Dasar, penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi diperkirakan telah menyerang sebanyak 25% dari populasi keseluruhannya pada tahun 2013. Penyebabnya, tidak lain adalah karena pola makan masyarakat Indonesia, terutama di kota-kota besar, ke arah konsumsi junk food dan makanan berpengawet, yang mengandung kadar garam dan lemak jenuh tinggi. Kedua hal tersebut kemudian akan memicu naiknya tekanan darah Anda, jika dikonsumsi secara berlebihan.

Menurut Prof. dr. Tjandar Yoga Aditama, Dirjen Pengendalian dan Penyehat Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, penanggulangan terjadinya hipertensi dapat Anda mulai dengan merubah pola hidup ke arah yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan tidak sembarangan mengonsumsi berbagai makanan. Perlu Anda ingat, bahwa seorang penderita hipertensi diwajibkan untuk melakukan diet rendah garam. Selain itu, mereka juga disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan rendah lemak jenuh. Nah, apa sajakah makanan tersebut? Mari kita simak daftar berikut ini :

1. Sayuran hijau

Siapa sih yang tidak tahu tentang khasiat sayuran hijau bagi kesehatan? Sayuran hijau, seperti bayam dan seledri memiliki kandungan kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Karenanya, makanan ini dicap baik untuk dikonsumsi oleh para penderita hipertensi.

2. Tomat

Tomat, oh tomat. Selain mengandung kalsium, magnesium, serta vitamin C, D, dan E yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, tomat juga mengandung lycopine dan karotenoid yang kaya akan antioksidan. Karenanya, tomat juga dinilai bermanfaat melawan radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Bawang putih

Jarang lho yang tahu bahwa bawang putih bisa membantu mencegah penebalan pembuluh darah dan pembekuan darah. Tidak hanya itu, bawang putih juga dapat membuat pembuluh darah menjadi rileks dengan merangsang produksi oksida nitrat. Dengan begitu, dapat membantu tekanan darah menjadi turun, khususnya tekanan darah sistolik. Untuk merasakan manfaat tersebut, Anda cukup memakan satu siung bawang putih dan langsung meminum air hangat sesudahnya atau menambahkan lebih banyak bawang putih pada masakan Anda.

4. Lemon

Bagi Anda penderita hipertensi, tidak ada salahnya untuk meminum air lemon hangat setiap pagi, lho. Sebab, lemon memiliki kandungan kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara mengurangi efek natrium di dalam tubuh. Ditambah lagi, lemon juga mampu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kolestrol tinggi.

5. Mengkudu

Khasiat mengkudu untuk mengatasi hipertensi telah dikenal luas di Indonesia. Nah, untuk pengolahannya menjadi obat hipertensi, Anda dapat menyiapkan beberapa buah mengkudu yang sudah matang dan menumbuknya hingga halus. Kemudian, peras mengkudu dan campur air perasannya dengan madu murni, lalu aduk sampai merata. Konsumsilah campuran ini sebanyak 2 kali dalam sehari secara teratur, dan rasakan manfaatnya segera.

6. Pisang

Selain rasanya yang enak untuk dimakan dan mengenyangkan, pisang ternyata juga baik bagi penderita hipertensi. Hal ini karena kemampuannya mengurangi kadar natrium dalam tubuh  sehingga tekanan darah menjadi mudah turun. Selain itu, kandungan kaliumnya dapat membantu mengurangi terjadinya stroke dan penyakit jantung.

7. Blueberry

Para ahli di seluruh dunia meyakini bahwa blueberry dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 7 mmHg apabila dikonsumsi secara teratur. Lho, kok bisa? Hal ini  disebabkan oleh kandungan fitonutrien pada blueberry yang ternyata juga mampu melawan beberapa penyakit.

8. Yoghurt

Berdasarkan hasil analisis dari sembilan penelitian yang dimuat dalam jurnal Hypertension,  mereka yang mengonsumsi prebiotik cenderung memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi. Tak hanya itu, yoghurt juga mampu menurunkan gula darah dan mengatur kolestrol. Karena itu, tak ada salahnya lho memasukkan yoghurt dalam daftar asupan sehari-hari Anda.

9. Teh hijau

Teh hijau, atau disebut juga ocha, adalah minuman yang cukup populer dikonsumsi di negeri sakura. Nah, jika ingin menurunkan tekanan darah, sisipkanlah teh hijau dalam menu sehari-hari Anda. Sebab, selain membuat Anda lebih rileks, kandungan antioksidan di dalam teh hijau ternyata mampu menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 2,6 mmHg.

Comments are closed.