Jeruk; Si Asam yang Kaya Akan Manfaat

GoDokJeruk, oh jeruk. Siapa sih yang tidak kenal dengan buah berwarna orange yang satu ini? Selain karena rasanya yang lezat, jeruk juga terkenal bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C-nya pun sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Karenanya, jeruk pun kerap menjadi kesayangan banyak orang.

Tak hanya itu, sebutir jeruk juga hanya mengandung sekitar 85 kalori, tanpa kandungan lemak, kolesterol, maupun sodium. Hal ini menjadikan buah tersebut panganan favorit mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Mau tahu manfaat jeruk lainnya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

(Baca: Konsumsilah Makanan Berikut! Berkhasiat untuk Menyembuhkan Demam Berdarah)

1. Mengurangi kolesterol dan menjaga sistem kekebalan tubuh

Tahukah Anda, bahwa jeruk sangat berperan dalam mengurangi kolesterol dan menjaga sistem kekebalan tubuh manusia? Hal ini dikarenakan serat di dalam jeruk dapat mengambil senyawa kolesterol berlebih di dalam usus dan mendorong mereka keluar saat buang air besar. Selain itu, dijelaskan pula dalam sebuah studi di tahun 2010 dalam Jurnal Nutrition Research, bahwa meminum jus jeruk selama 60 hari ternyata dapat pula menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh Anda.

(Baca: Turunkan Kolesterol dengan 8 Makanan Ini!)

Lalu, bagaimana dengan sistem imun? Nah, tentu sudah Anda ketahui bahwa jeruk memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Kandungan tersebut akan dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dengan cara menetralisir radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kronis. Dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, tentu kemungkinan Anda terhindar dari infeksi virus dan bakteri jahat juga akan berkurang. Hebat, bukan?

2. Mencegah diabetes

Jeruk yang kaya akan kandungan serat dapat menurunkan kadar gula darah pada mereka yang menderita diabetes Tipe 1. Sedangkan bagi Anda yang menderita diabetes tipe 2, jeruk juga dapat memperbaiki kadar gula darah, lemak, dan insulin dalam tubuh, lho.

(Baca: Anda Menderita Diabetes? Berikut Makanan yang Dapat Anda Konsumsi)

3. Mencegah penyakit jantung

Jarang lho, yang tahu bahwa mengonsumsi jeruk juga dapat mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung. Jeruk mengandung vitamin C, kalium, kolin dan serat yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung dan kanker. Jadi, dijelaskan pada sebuah studi tahun 2012, orang-orang yang mengonsumsi 4.069 mg kalium setiap hari hanya memiliki 49% resiko kematian karena penyakit jantung, dibandingkan orang-orang yang hanya mengonsumsi kalium kurang dari 1.000 mg per hari.

(Baca: Ingin Jantung Sehat? Yuk, Hindari Kebiasaan Buruk Ini!)

Selain itu, potassium yang ditemukan pada jeruk juga dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah serta melindungi tubuh dari penyakit stroke. Keuntungaan lainnya adalah kandungannya yang kaya akan folate, yang bermanfaat untuk menurunkan kadar homocysteine, yang adalah sebuah faktor risiko kardiovaskular.

4. Menurunkan risiko penyakit kanker

 Nah, jeruk juga mencegah kanker usus besar dan leukemia, lho! Vitamin C dalam jeruklah yang mengambil peran penting dalam mencegahnya. Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa mengonsumsi jeruk dalam dua tahun pertama kehidupan, dapat mengurangi risiko leukimia.

(Baca: Katakan Tidak Pada Kanker di Hidup Anda!)

Lebih lanjut, kandungan vitamin C di dalam jeruk juga memiliki kaitan dengan penurunan risiko kanker usus. Kok bisa? Tentu bisa, karena vitamin C mencegah terjadinya mutasi DNA pada tubuh Anda. Sebuah studi menunjukkan bahwa sekitar 10%-15% dari keseluruhan kasus kanker usus memiliki mutasi gen yang disebut BRAF.

5. Menjaga kulit tetap sehat

Nah, selain 3 manfaat diatas, jeruk juga membantu menjaga kulit Anda dari keriput dan melawan sel-sel kulit yang rusak, lho! Menurut Health Consultant Cleveland Clinic, jeruk mengandung kolagen yang baik untuk mengurangi keriput dan memperbaiki keseluruhan tekstur kulit.

(Baca: Ingin Kulit Cantik dan Sehat? Pakai Oatmeal Saja!)

6. Mencegah anemia

Anemia merupakan sebuah kondisi di mana jumlah hemoglobin dalam darah menurun, biasanya dikarenakan tubuh Anda kekurangan zat besi. Meskipun bukanlah sumber utama zat besi, namun jeruk merupakan sumber asam organik terbaik, seperti Vitamin C (asam askorbat)  dan asam citrus. Kedua kandungan asam ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi dari saluran pencernaan Anda. Karena itulah, jeruk dikatakan bagus untuk mencegah datangnya anemia.

(Baca: Penyakit Anemia)

Nah, setelah mengetahui banyaknya manfaat jeruk, tentu Anda sudah tak sabar lagi untuk melahapnya. Tapi, tunggu dulu! Memakan jeruk pun harus ada batasannya, lho. Sebab, konsumsi jeruk yang berlebihan dapat mempengaruhi sistem pencernaan Anda, sehingga menyebabkan kram perut dan diare. Terlalu banyak mendapat asupan vitamin C juga tidak bagus bagi tubuh Anda, dan dapat menyebabkan rasa mual, muntah, panas dalam perut, kembung, insomnia, sakit kepala, dan batu ginjal. Cukup seram, bukan? Karenanya, yuk konsumsi jeruk sesuai dengan batas yang dianjurkan!

(Baca: Daftar Buah yang Kaya akan Vitamin C)

Semoga bermanfaat!

Comments are closed.