Jenis Kondom; Cari Tahu Apa Saja dan Sesuaikan Manfaatnya!

jenis kondom

GoDok- Jenis Kondom- Dari sekian banyak alat kontraspsi yang ada, Anda pasti sangat akrab dengan kondom. Ya, selain praktis, kondom juga seringkali dianggap sebagai alat kontrasepsi yang ekonomis. Nah, tahukah Anda, bahwa faktanya terdapat beberapa jenis kondom yang dijual di pasaran? Tidak percaya?

Simak penjelasan lengkap seputar jenis-jenis kondom khas Go Dok berikut ini!

1. Kondom lateks

Jenis kondom yang pertama adalah kondom yang terbuat dari lateks. Dibandingkan jenis yang lain, kondom lateks merupakan jenis yang paling sering ditemui. Berdasarkan penelitian terakhir, kondom lateks terbukti dapat mencegah kehamilan hingga 85%.

2. Non-lateks

Jika Anda atau pasangan terbukti memiliki alergi terhadap paparan lateks, maka kondom non-lateks bisa menjadi pilihan. Sesuai dengan namanya, kondom jenis ini tidaklah terbuat dari lateks, namun bahan lain -umumnya terbuat dari usus hewan, polyurethane, atau polyisoprene.

3. Kondom wanita

Siapa bilang kondom hanya tersedia untuk pria saja? Nyatanya, Anda juga bisa menemukan kondom bagi wanita. Cara kerjanya hampir sama dengan kondom pada umumnya; hanya saja kondom jenis ini dimasukkan ke dalam lubang vagina wanita. Tujuannya adalah untuk menghalangi masuknya sperma.

4. Thin/Extra thin

Enggan memakai kondom karena takut alat kontrasepsi ini mengurangi kenikmatan bercinta? Tidak usah khawatir! Karena kini telah dijual kondom yang ketebalannya masuk dalam kategori thin -bahkan extra thin. Jadi, sudah tidak ada lagi alasan untuk mengenakan kondom, bukan?

5. Bergerigi (tekstur)

Jenis kondom yang selanjutnya adalah kondom bergerigi, atau bertekstur. Biasanya, kondom jenis inilah yang disenangi para wanita. Mengapa? Sebab gerigi yang ada pada permukaan kondom konon dapat menambah sensasi dan stimulus pada vagina. Hasilnya, wanita bisa mendapatkan kepuasan lebih dalam berhubungan seksual.

6. Flavored condom

Mint, strawberry, coklat, dan permen karet -itu tadi beberapa varian rasa yang mungkin saja Anda temukan. Ya, seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, kini Anda bisa menambah sensasi bercinta dengan memakai kondom berbagai rasa.

7. Lubricated condom

Jenis kondom yang terakhir adalah kondom berpelumas, atau lubricated condom. Jenis ini dapat Anda pilih jika merasa lubrikasi normal yang diproduksi organ initim tidaklah cukup, atau karena enggan menggunakan produk lubricant lainnya.

Itu tadi beberapa jenis kondom yang harus Anda ketahui. Ingat! Selalu praktikkan kegiatan seksual yang sehat dan aman; salah satunya adalah dengan rutin menggunakan kondom. Mengapa? Sebab, selain dapat menghindarkan Anda dari kehamilan yang tidak diinginkan, kondom juga terbukti memiliki beragam manfaat lain, seperti:

  • Mencegah penularan beragam penyakit seksual, seperti klamidia, gonore, hingga HIV.
  • Menurunkan risiko Anda dan pasangan terinfeksi beragam jenis virus, semisal virus Hepatitis B, HPV (Human Papilloma Virus), dan HSV (Herpes Simplex Virus).
  • Menambah kenikmatan bercinta

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.