8 Jenis Bahan Pangan yang Pantang Dikonsumsi Penderita Tifus

Jenis bahan Pangan yang Pantang Dikonsumsi Penderita Tifus
Tifus; penyakit yang menjadi momok tersendiri di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Berikut 8 jenis bahan pangan yang menjadi pantangan bagi penderita tifus

GoDok – Jenis Bahan Pangan yang Pantang dikonsumsi Penderita Tifus – Tifus; penyakit yang menjadi momok tersendiri di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak! Selain membutuhkan waktu yang cukup lama untuk disembuhkan, virus tifus yang dapat menyebar melalui udara juga seringkali membuat penderitanya kehilangan nafsu makan dan berat badan.

Lalu, adakah bahan pangan tertentu yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tifus agar dapat pulih dengan segera? Berikut poin-poinnya.

8 jenis bahan pangan yang pantang dikonsumsi penderita tifus

1. Kafein dan minuman bersoda

Jika Anda atau anggota keluarga menderita tifus, maka bahan pangan pertama yang harus dihindari untuk sementara adalah minuman yang mengandung kafein dan soda. Selain karena memicu efek perut terasa kembung, soda dan kafein juga tidak baik bagi kondisi usus pasien.

(Baca: Bolehkah Anak Minum Soda?)

2. Gorengan dan makanan bersantan

Walaupun terkenal akan kelezatannya, namun makanan yang tinggi akan kandungan minyak serta lemak tidaklah disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita tifus. Mengapa? Sebab, makanan seperti gorengan dan rendang dipercaya dapat meningkatan risiko penderita mengalami komplikasi penyakit tifus, seperti mual, muntah, bahkan penderahan internal.

(Baca: Gorengan, Si Nikmat Sumber Penyakit)

3. Makanan instan/kemasan

Alasan mengapa penderita tifus dilarang mengonsumsi makanan instan/kemasan adalah karena tingginya kandungan senyawa perasa, pewarna, dan pengawet di dalamnya. Jadi, mau tidak mau, Anda yang sedang menderita tifus harus menjauhi beberapa jenis panganan, seperti mi instan, untuk sementara waktu.

(Baca: Hati-Hati! Ini Dia Bahaya Mengonsumsi Mi Instan Dengan Nasi)

4. Makanan pedas

Walaupun terkenal dapat meningkatkan selera makan, namun makanan yang bercita rasa pedas tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pasien tifus. Mengapa? Sebab makanan pedas justru dapat melukai lambung serta usus. Inilah yang dipercaya dapat memperlambat proses penyembuhan, bahkan memperparah, penyakit tifus yang diderita.

(Baca: Manfaat Cabai Rawit untuk Kesehatan, Apa Saja?)

5. Sayuran berserat tinggi

Jika pada keadaan normal konsumsi sayuran yang tinggi akan serat sangat dianjurkan, maka tidak begitu halnya dengan penderita tifus. Usut punya usut, sayuran berserat tinggi -seperti daun singkong dan daun pepaya- justru dapat memperberat kerja usus dan lambung. Inilah yang menyebabkan penyakit tifus sukar untuk disembuhkan.

6. Makanan tinggi karbohidrat

Sama seperti halnya konsumsi sayuran berserat tinggi, asupan karbohidrat -terutama yang termasuk ke dalam golongan karbohidrat kompleks- sangat tidak disarankan bagi penderita tifus. Solusinya, gantilah sumber karbohidrat dengan jenis yang lebih mudah dicernba dan bertekstur lembut, seperti bubur dan nasi tim.

(Baca: Ini Dia Kalori Dari Menu Sarapan Versi Orang Indonesia!)

7. Buah-buahan ‘ber-gas’

Tahukah Anda, bahwa beberapa jenis buah-buahan mengandung gas yang tinggi? Ya, beberapa jenis buah, seperti nangka dan durian, dapat memicu lambung terasa begah sebab sifatnya yang menghasilkan gas. Karenanya, konsumsi keduanya pada penderita tifus sangatlah tidak disarankan.

(Baca: Durian, Si Raja Buah yang Kaya Manfaat)

8. Makanan asam

Terakhir, bahan pangan yang baiknya dihindari oleh penderita tifus adalah makanan yang bercita rasa masam. Alasannya tio\dak lain karena makanan jenis ini dapat meningkatkan kadar pH dalam lambung sehingga meningkatkan risiko terjadinya iritasi sistem pencernaan.

(Baca: Daftar Buah yang Kaya akan Vitamin C)

Itu tadi 8 jenis bahan pangan yang bahan pangan yang pantang dikonsumsi penderita tifus. Semoga bermanfaat!

Comments are closed.