Jantung : Kenali Si Organ Vital Pemasok Darah Ini

jantung
Jelajahi kembali pengetahuan dasar tentang fungsi jantung dan bagimana ia bekerja melalui penjelasan berikut ini!

GoDok – Jantung – Tak perlu dipungkiri, bahwa dewasa kini banyak dari Anda yang kurang memperhatikan jantung. Akibatnya, kesehatan jantung pun terbengkalai dan kelamaan menjadi rusak. Bahkan, menurut American Heart Association, pada setiap tahun setidaknya sebanyak 150.000 orang warga AS dengan rentang usia antara 40-65  tahun meninggal akibat penyakit jantung. Mengerikan, bukan? Untuk itu, ada baiknya Anda memahami kembali betapa vitalnya organ ini untuk tubuh. Yuk, jelajahi kembali pengetahuan dasar tentang fungsi jantung dan bagimana ia bekerja melalui penjelasan berikut ini!

Apa itu jantung?

Jantung merupakan sebuah organ yang merupakan pusat hidup seluruh tubuh Anda, dengan ukuran yang hanya sekitar satu kepalan tangan. Organ ini terdiri dari jutaan sel-sel yang bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh Anda. Tahukah Anda bahwa untuk mengerjakan hal tersebut,organ ini telah diprogram untuk bekerja secara otomatis setiap detik, setiap hari, sepanjang hidup Anda? Keadaan mental dan fisik Anda, apakah sakit atau tidak, tak akan memmpengaruhi hal ini. Artinya, jantung tak pernah istirahat sedetik pun. Wah, makanya jangan ragu buat menjaga kesehatannya ya!

(Baca: 10 Fungsi Ginjal Bagi Tubuh)

Apa fungsinya?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, organ ini bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tanpa kerja yang optimal dari organ ini, tentu seluruh organ lain di dalam tubuh tidak akan bisa bekerja dengan baik. Pasalnya, aliran darah yang diedarkan oleh jantung mengandung oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap organ dan sel dalam tubuh dalam menjalankan fungsinya masing-masing, termasuk sel-sel di dalam jantung itu sendiri. Duh, kebayang kan, bagaimana jika organ vital ini terhambat kerjanya? Bisa-bisa sistem seluruh tubuh Anda berantakan!

Di mana letaknya?

Organ ini terletak di tengah dada Anda, tepatnya di belakang tulang dada dan di antara kedua paru-paru dan  termasuk salah satu organ yang dilindungi oleh keduabelas pasang tulang rusuk, dan terletak pada sebuah ruang yang bersuhu cukup lembap di antara rusuk-rusuk. Meski begitu, Anda tentu sering mendengar perkataan bahwa jantung terletak di dada atas sebelah kiri. Kenyataannya, hal ini dikarenakan ruang yang sebelah kiri memompa darah lebih kuat, sehingga detaknya  lebih terasa di sisi tersebut.

(Baca: Serba Serbi Penyakit Hati)

Bagaimana cara bekerjanya?

Dalam melaksanakan fungsinya, organ ini berdetak sekitar 70 kali per menit, atau 100.000 kali per hari dan sekitar 2,5 miliar kali selama masa hidup rata-rata seseorang. Detakan ini berasal dari gerakan berkontraksi dan relaksasi jantung saat ia mengisi 4 ruang di dalamnya dengan aliran darah segar. Keempat ruang yang bertumpuk ini membentuk dua pompa terpisah yang dibatasi oleh sebuah dinding otot bernama septum. Nah, dua ruang paling atas ini disebut atrium, yang terhubung dengan dua ruang lainnya di bagian bawah, yang disebut ventrikel.

Saat berkontraksi, maka akan memompa aliran darah yang kekurangan oksigen dari atrium kanan ke ventrikel kanan. Dari sini, aliran darah akan dibawa menuju suatu pembuluh dasar besar yang tersambung ke bagian atas jantung. Pembuluh darah tersebut memiliki dua buah arteri, di mana salah satunya akan memompa aliran darah ke paru-paru. Di sana, aliran darah akan diperkaya dengan oksigen dan kehilangan karbondioksida.

(Baca: Mitos VS Fakta Seputar Bersin)

Tak lama, aliran darah kaya oksigen tersebut dibawa kembali ke jantung, dengan memasuki atrium kiri dan dibawa ke ventrikel kiri. Dari situ, aliran darah kembali didorong ke pembuluh darah besar yang memompanya lagi ke seluruh bagian tubuh lainnya. Lalu, voila! Bekerjalah seluruh organ Anda dengan datangnya pasokaan darah ini. Hebat, bukan?

Yuk, mulai jaga kesehatannya dari sekarang! Semoga bermanfaat!