Jangan Salah, ya Bunda! Ini Dia 8 Makanan Agar Anak Pintar

makanan agar anak pintar

GoDok- Makanan agar anak pintar- Memiliki buah hati yang pintar sudah pasti menjadi impian setiap orang. Karenanya, tidak heran jika kemudian banyak yang rela melakukan berbagai cara agar anaknya dapat berprestasi di sekolah; mulai dari mendaftarkannya ke berbagai tempat les hingga merutinkan belajar bersama di malam hari. Namun, tahukah Anda, bahwa kecerdasan anak juga dapat dirangsang dengan asupan makanan tertentu?

Berikut 8 makanan agar anak pintar yang harus Anda ketahui:

 1. Oatmeal

Makanan agar anak pintar yang pertama adalah oatmeal. Ya, selain terkenal karena kandungan serat dan karbohidrat kompleksnya, oatmeal juga terbukti baik bagi perkembangan otak si kecil karena mengandung potasium, seng, vitamin B dan E. Jadi, jangan ragu lagi untuk menyajikan oatmeal sebagai menu sarapan anak, ya!

2. Kacang-kacangan

Faktanya, beragam jenis kacang-kacangan –seperti almonds dan cashew– mengandung beragam senyawa esensial yang bermanfaat untuk perkembangan dan kesehatan otak anak. Senyawa yang dimaksud meliputi vitamin, mineral, protein, dan asam lemak.

3. Telur

Selain dipandang sebagai sumber protein baik bagi tubuh, telur juga terbukti secara medis mengandung kolin –zat yang berperan aktif dalam meningkatkan memori dan daya ingat anak. Karenanya, jangan ragu untuk sesekali memasukkan telur ke dalam menu makan buah hati!

4. Daging rendah lemak

Ingin anak tumbuh menjadi sosok yang pintar dan cerdas? Maka, sering-seringlah menyajikan daging sapi rendah lemak sebagai menu makanannya. Alasannya karena daging sapi rendah lemak terbukti kaya akan kandungan zat besi. Zat besi sendiri merupakan jenis mineral yang penting untuk meningkatkan memori dan konsentrasi anak.

5. Sayuran

Makanan agar anak pintar yang selanjutnya adalah sayur-sayuran –terutama yang berwarna hijau gelap, seperti brokoli dan bayam. Mengapa? Karena dalam sayuran jenis inilah terkandung nutrisi dan senyawa antioksidan dalam jumlah tinggi yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan sel-sel otak.

6. Buah berry

Tahukah Anda, bahwa dalam buah berry (strawberry, blackberry, raspberry, dll) terkandung senyawa antioksidan yang berkhasiat untuk menjaga fungsi sel otak anak sekaligus menurunkan risikonya terkena kanker? Selain itu, dalam buah jenis ini pula terkandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk meningkatkan memori dan daya ingat.

7. Susu

Susu; makanan yang sudah dipercaya sejak lama dapat meningkatkan kecerdasan anak. Tidak mengherankan! Sebab dalam susu terkandung berbagai senyawa yang penting untuk perkembangan otak, semial protein, kalsium, dan zat besi. Karenanya, jangan ragu untuk membiasakan si kecil minum susu di pagi dan malam hari, ya!

8. Salmon

Makanan agar anak pintar yang terakhir adalah salmon. Alasannya tidak lain karena dalam ikan jenis ini terkandung protein baik dan omega 3 yang sayang jika dilewatkan. Nah, demi mendapatkan hasil yang optimal, ada baiknya Anda menyajikan salmon secara sehat -misal, dengan cara dipanggang atau dikukus.

Itu tadi  8 makanan agar anak pintar yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Pantau perkembangan buah hati Anda dengan nikmati fitur ‘Tanya Dokter’, GRATIS! Langsung dari Smartphone Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.