Jangan Salah! Ini Dia Seputar Fakta Tentang Tinggi Badan

Fakta tentang tinggi badan

Go Dok- Fakta tentang tinggi badan – Ada yang bilang bahwa tinggi badan seseorang ditentukan oleh faktor keturunan. Tapi, ada juga yang bilang bahwa tinggi badan sebenarnya ditentukan oleh faktor asupan makanan sejak kecil. Lho, jadi mana fakta yang benar?

Yuk, kenali fakta tentang tinggi badan lewat penjelasan khas Go Dok di bawah ini!

Fakta 1 : Tinggi badan tidak selalu ditentukan oleh genetika

Pertama, fakta tentang tinggi badan yang harus Anda ketahui adalah bahwa genetika tidak selalu berperan dalam menentukan tinggi badan seseorang. Ternyata, genetika hanya memiliki peran sebesar 60-80% saja (persentase bervariasi pada tiap individu), sedangkan sisanya ditentukan oleh asupan makanan dan kebiasaan sehari-hari, semisal aktivitas harian, frekuensi berolahraga, hingga kebiasaan tidur.

Karenanya, jika ingin memiliki tubuh yang tinggi; maka mulailah ubah kebiasaan sehari-hari Anda. Mulai sekarang, biasakan untuk tidur minimal 6 jam sehari, rutin berolahraga setidaknya 2 kali dalam seminggu, serta memperhatikan makanan agar seimbang kandungan nutrisi dan gizinya.

Fakta 2: Tinggi Anda ditentukan sejak masa kandungan

Ini dia fakta tentang tinggi badan yang menarik; ternyata, tinggi Anda ditentukan sejak Anda masih dalam kandungan! Ya, studi terakhir menunjukkan bahwa ibu hamil yang memiliki kebiasaan merokok (atau terpapar asap rokok), mengonsumsi minuman beralkohol, serta tidak memerhatikan asupan makanan selama masa kehamilan berisiko besar melahirkan anak dengan tinggi yang minim.

Tidak ingin anak Anda bertubuh pendek, bukan? Maka, selalu perhatikan kebiasaan serta kondisi lingkungan selama menjalani masa kehamilan. Dianjurkan untuk rajin mengonsumsi makanan dengan nutrisi dan gizi yang seimbang, menghindari minuman beralkohol, serta menghentikan kebiasaan merokok (atau tinggal di lingkungan yang sering terpapar asap rokok).

Fakta 3: Hati-hati! Konsumsi obat-obatan juga bisa memengaruhi tinggi badan, lho!

Jarang yang mengetahui bahwa konsumsi obat-obatan ternyata dapat memengaruhi tinggi badan. Ya, banyak ahli menyimpulkan bahwa konsumsi rutin beberapa jenis obat-obatan (terutama jenis obat yang ditujukan untuk mengobati masalah psikologis) yang dimulai sejak kecil dapat membuat individu terkait tumbuh dengan badan yang kurang tinggi.

Jadi, apa yang harus dilakukan? Jika anak Anda memang diharuskan mengonsumsi obat-obatan, maka imbangi hal ini dengan asupan makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi serta gizi. Dengan cara begini, Anda telah menekan dampak buruk konsumsi obat-obatan terhadap kesehatan dan laju perkembangan tulang anak.

Fakta 4: Perhatikan asupan makanan Anda jika ingin mendapatkan tubuh tinggi

Fakta tentang tinggi badan yang terakhir adalah bahwa asupan makanan turut menentukan seberapa pesat perkembangan tinggi badan Anda. Singkatnya, jika Anda ingin memiliki tubuh yang tinggi, maka mulailah memerhatikan keseimbangan nutrisi serta gizi makanan yang disantap setiap hari. Ada baiknya untuk memperbanyak asupan makanan yang tinggi akan vitamin C, D, protein, serta kalsium.

Itu tadi fakta tentang tinggi badan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Ingin miliki tubuh ideal? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar tipsnya dengan dokter, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasinya di sini.