Jangan Ragu! Ternyata, Ini Manfaat Ciuman dan Pelukan Bagi Kesehatan

GoDok – Ciuman dan pelukan; dua hal yang sering kita lakukan untuk menunjukkan rasa sayang pada seseorang, seperti orangtua, saudara, sahabat, atau bahkan kekasih. Walaupun kadang tabu untuk diperbincangkan, namun ternyata pelukan dan ciuman memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, lho!

Ternyata, ciuman dan pelukan tidak sebatas aktivitas fisik saja, lho! Buktinya, kegiatan ini turut memengaruhi keseimbangan sistem saraf serta produksi beberapa jenis hormon di dalam tubuh. Penasaran jenis hormon apa saja yang dipengaruhi oleh 2 kebiasaan penuh cinta ini; serta apa manfaatnya bagi tubuh? Yuk, simak poin lengkapnya di bawah!

1. Oksitosin

Jenis hormon pertama yang produksinya terpacu oleh ciuman dan pelukan adalah hormon oksitoksin. Oksitosin -yang juga dikenal sebagai hormon cinta- berfungsi untuk mengurangi rasa cemas, ketegangan, dan stres. Lebih lanjut, produksi oksitosin dalam tubuh juga terbukti dapat menciptakan perasaan nyaman, empati, serta gairah seksualitas.

2. Kelenjar timus

Seperti yang telah kita ketahui, kelenjar timus yang terletak di dada bagian atas merupakan organ utama pada sistem limfatik. Lalu, apa fungsi kelenjar ini? Usut punya usut, kelenjar timus berfungsi untuk menghasilkan hormon yang mendorong pertumbuhan, perkembangan dan pematangan seksual, serta sebagai katalisator produksi sel imun yang disebut limfosit T. Limfosit T, atau sel-T, adalah sel darah putih yang bertugas melindungi tubuh dari organisme asing (bakteri dan virus) agar tidak menginfeksi tubuh.

3. Dopamin

Dopamin; senyawa neurotransmitter yang dibentuk di otak dan organ tubuh lainnya. Pada susunan saraf pusat, dopamin berperan dalam mengatur pergerakan tubuh, perkembangan kognitif, daya ingat, emosi, serta siklus tidur. Selain itu, dopamin yang juga dikenal sebagai anti-depresan alami, juga berkhasiat sebagai mood booster. Hasilnya, tidak hanya motivasi pribadi saja yang meningkat, namun Anda pun akan terhindar dari  stres, penurunan nafsu makan, gangguan seksual, serta mood swing.

4. Serotonin

Hormon selanjutnya yang diproduksi tubuh ketika Anda berpelukan atau berciuman adalah serotinin. Apa saja fungsi hormon ini? Ini dia penjelasan lengkapnya!

–  Berperan dalam mempengaruhi perasaan

Fungsi utama serotonin adalah sebagai neurotransmitter yang bekerja pada susunan saraf pusat di otak. Karenanya, serotonin berperan dalam mempengaruhi perasaan bahagia dan hasrat, merangsang rasa lapar, mengatur suhu tubuh, hingga meningkatkan daya ingat.

– Berkontribusi dalam proses penyembuhan luka

Tahukah Anda, bahwa serotonin akan dikeluarkan oleh trombosit ketika darah menggumpal? Nah, dari fakta inilah, dapat dipahami bahwa serotonin juga berfungsi untuk membantu mengatur pembekuan darah, hemostasis, serta vasokonstriktor.

5. Keseimbangan sistem saraf

Bayangkan! Pada saat berpelukan atau berciuman, akan terjadi kontak serta sentuhan antar-kulit. Nah, perlu Anda ketahui, kulit mengandung jaringan yang berhubungan langsung dengan otak melalui saraf vagus dan sistem saraf parasimpatik.  Apa itu saraf vagus dan sistem parasimpatik; serta apa fungsinya? Yuk, intip penjelasan lengkapnya di bawah ini!

–  Saraf vagus

Saraf vagus -yang merupakan jenis saraf terpanjang dan paling banyak didistribusikan dalam tubuh manusia- berperan dalam pengiriman sinyal antara otak dengan berbagai sistem tubuh. Jangan anggap remeh saraf yang satu ini, ya! Sebab, pengiriman sinyal dari saraf vagus erat kaitannya dengan ritme detak jantung, kemampuan berbicara, tekanan darah, sistem pencernaan, produksi glukosa, serta sistem pernapasan.

–  Sistem parasimpatis

Perlu Anda ketahui bahwa proses pengiriman sinyal dari saraf vagus ternyata memicu kerja sistem saraf parasimpatis. Jika sudah begitu, maka Anda akan merasakan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti meningkatnya  kekebalan sel, organ, jaringan, dan sel-sel induk.

Itu tadi beberapa manfaat ciuman dan pelukan bagi kesehatan -terutama yang berhubungan dengan sistem saraf serta produksi hormon- yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!