Jangan Pandang Sebelah Mata 11 Bahaya Shisha

Bahaya shisha

GoDokBahaya ShishaFamilairkah Anda dengan shisha? Ya, cara merokok khas Timur Tengah ini melibatkan penggunaan tabung berisi tembakau yang dipanaskan. Lantas, apa yang membuat shisha begitu digandrungi? Ternyata, salah satu alasannya adalah karena dalam shisha, telah ditambahkan essen buah-buahan. Inilah yang konon membuat shisha terasa lebih nikmat dibanding rokok tembakau biasa.

Pertanyaanya, apakah merokok shisha lebih aman ketimbang merokok tembakau? Jawabannya mengejutkan! Seperti yang dilansir dari laman resmi WHO, merokok shisha selama satu jam sama berbahayanya dengan menghisap 100 batang rokok tembakau.

Untuk lebih lengkapnya, berikut Go Dok paparkan 11 bahaya shisha untuk kesehatan:

1. Kanker

Bahaya shisha untuk kesehatan yang pertama adalah meningkatnya risiko terkena beragam jenis kanker -semisal kanker mulut, kandung kemih, dan paru-paru. Ya, hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa dalam shisha terkandung senyawa berbahaya, seperti karbon monoksida, logam, dan zat additif lainnya.

2. Penyakit jantung

Ingin terhindar dari penyakit jantung? Maka, hindarilah kebiasaan merokok; terutama shisha! Mengapa? Sebab, asap yang terhirup saat merokok shisha terbukti dapat memicu penyumbatan pembuluh darah penyebab penyakit jantung.

3. Bayi berbobot rendah

Bahaya shisha yang harus diwaspadai lainnya adalah meningkatnya risiko janin lahir dengan bobot rendah. Inilah alasannya mengapa Anda yang sedang menjalani proses kehamilan dianjurkan untuk menghindari kebiasaan menghisap shisha.

4. Gangguan otak pada janin

Ternyata bahaya shisha, selain memicu janin lahir dengan bobot yang rendah, berbahaya pula untuk  perkembangan otak janin. Jika hal ini dibiarkan berlanjut, maka si jabang bayi berisiko besar terlahir dengan gangguan fungsi kognitif.

5. Infeksi penyakit menular

Bahaya shisha untuk kesehatan yang selanjutnya adalah meningkatnya risiko terinfeksi penyakit menular. Ya, sebagai pengguna, Anda tidak dapat memastikan 100 persen kehigienisan serta kesterilan selang dan tabung shisha yang dipakai. Inilah alasannya mengapa merokok shisha dapat membuat Anda rentan terkena penyakit menular, seperti tuberkulosis dan herpes.

6. Menurunnya kesuburan pria

Jangan kira bahwa menurunnya kesuburan pria hanya dapat dipicu oleh kebiasaan merokok tembakau saja! Karena faktanya, kebiasaan merokok shisha juga dapat menyebabkan hal serupa. Hal ini dikarenakan dalam shisha terkandung beragam jenis logam berat, seperti timbal dan timah. Jika tubuh terus-menerus terpapar logam berbahaya ini, maka siap-siap saja dengan risiko menurunnnya kualitas serta kuantitas sperma; bahkan kemandulan permanen!

7. Radang lambung

Tahukah Anda, bahwa kombinasi logam berat dan nikotin dalam shisha terbukti dapat mengiritasi lambung? Jika dibiarkan, hal ini dapat memicu infeksi yang berujung pada peradangan lambung dan sistem pencernaan.

8. Penyakit gusi

Jarang yang mengetahui bahwa salah satu bahaya shisha untuk kesehatan adalah timbulnya penyakit gusi. Bagaimana tidak! Kebiasaan merokok shisha terbukti dapat memicu penumpukan nikotin dalam darah dan air ludah, Inilah yang kemudian menyebabkan gusi sering mengalami sariawan dan pendarahan.

9. Gangguan sistem pernafasan

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan bahaya shisha yang satu ini. Ya, layaknya kebiasaan merokok tembakau, merokok shisha juga dapat menyebabkan dada terasa nyeri; serta nafas yang pendek dan berat. Mengerikan!

10. Kemunduran fungsi hati

Jika Anda menyayangi organ hati; maka, hindarilah kebiasaan merokok shisha! Mengapa? Sebab, kebiasaan ini terbukti dapat menurunkan performa dan fungsi hati. Jika sudah begitu, tubuh akan rentan terkena penyakit sebab hati tidak dapat menyaring racun dengan sempurna.

11. Gangguan mata

Bahaya shisha untuk kesehatan yang terakhir adalah timbulnya gangguan pada organ mata. Hal ini dikarenakan asap yang keluar dari tabung shisha terbukti dapat mengiritasi jaringan mata. Inilah mengapa penikmat shisha sering mengeluhkan mata yang terasa pedih, gatal, dan berair.

Itu tadi 11 bahaya shisha untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.