Jangan Lengah! Waspadai 7 Gejala Gonore

gejala gonore

Go Dok- Gejala gonore- Siapa sih yang tidak mengenal penyakit menular seksual gonore? Kondisi medis yang dipicu oleh infeksi bakteri Neissaria gonorrhoeae ini bisa menular melalui beragam cara –mulai dari seks (oral, anal, atau vaginal), kebiasaan bergonta-ganti pasangan, hingga kecenderungan menghindari penggunaan kondom. Lantas, adakah gejala gonore yang baiknya diwaspadai sejak dini?

Segera konsultasikan kesehatan Anda jika mengalami gejala gonore berikut ini:

1. Buang air kecil sering & nyeri

Gejala gonore yang pertama adalah buang air kecil yang sering dan terasa nyeri. Lengkapnya, pasca tubuh terinfeksi virus penyebab gonore, penderita akan sering merasakan keinginan untuk buang air kecil. Namun, berbeda dengan  kondisi normal, proses berkemih biasanya akan diiringi dengan sensasi nyeri –bahkan panas.

2. Keluar cairan dari lubang kelamin

Selanjutnya, gonore juga umum ditandai dengan keluarnya cairan dari lubang vagina/penis. Cairan ini tidaklah bening, namun cenderung bertekstur layaknya krim dan berwarna kuning atau kehijau-hijauan. Jika Anda mengalami kondisi ini, maka jangan ragu lagi untuk segera mengonsultasikan kesehatan pribadi ke dokter atau rumah sakit terdekat.

3. Bengkak pada kelamin

Gejala gonore yang selanjutnya adalah bengkak pada kelamin. Jika pada pria biasanya bengkak terjadi pada bagian testis, maka pasien wanita biasanya mengeluhkan bengkak yang menimpa vulva. Mengerikan!

4. Nyeri pada tenggorokan

Jarang yang mengetahui bahwa salah satu gejala umum gonore adalah nyeri pada tenggorokan. Memang, kondisi ini dapat terjadi akibat faktor lain –sebut saja karena infeksi virus influenza. Namun, satu hal yang membedakan nyeri tenggorokan akibat gonore adalah bahwa kondisi ini akan datang secara terus-menerus. Selain itu, beberapa kasus juga menunjukkan bahwa nyeri juga bisa muncul pasca pasien melakukan oral seks.

5. Nyeri pada panggul atau perut bagian bawah

Nyeri pada panggul dan perut bagian bawah merupakan gejala gonore yang umum terjadi pada pasien wanita. Karena saru dengan gejala pre-menstrual syndrome, ada baiknya Anda telah lebih teliti saat kondisi ini muncul. Jika nyeri panggul atau perut bawah disertai dengan gejala lainnya, maka kemungkinan besar Anda telah terinfeksi penyakir menular seksual tersebut.

6. Muncul flek

Yang dimaksud dengan muncul flek adalah keluarnya bercak darah –padahal Anda sedang tidak menstruasi. Volume darah yang keluar bisa sangat bervariasi –mulai dari sedkit bercak saja hingga perdarahan sedang. Jika sudah begitu, jangan ragu lagi untuk segera berobat ke rumah sakit, ya!

7. Demam

Terakhir, gejala gonore yang harus diwaspadai adalah demam. Sejatinya, demam adalah reaksi yang diberikan tubuh ketika melawan infeksi virus. Namun, seperti halnya bakteri gonore, ada banyak bakteri lain yang tidak bisa mati dengan sendirinya dan membutuhkan terapi medis dengan segera. Karenanya, segera berkonsultasi ke dokter demi mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat.

Itu tadi 7 gejala gonore yang harus Anda ketahui dan waspadai. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.