Jangan Anggap Remeh Penyebab Keringat Dingin!

penyebab keringat dingin

Go Dok- Penyebab keringat dingin- Keringat dingin; sebuah kondisi yang sudah tidak asing lagi karena dapat dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita dari segala rentang usia. Karena umum terjadi, banyak orang yang kemudian menganggap keluarnya keringat dingin sebagai hal yang wajar dan melihatnya sebagai angin lalu saja. Padahal, ada beragam penyebab keringat dingin yang ternyata berbahaya dan membutuhkan penanganan medis segera. Apa saja penyebabnya?

Berikut penjelasan lengkap penyebab keringat dingin:

1. Infeksi

Penyebab keringat dingin yang pertama adalah adanya infeksi pada tubuh, Beragam infeksi yang dimaksud meliputi influenza, hepatitis, tuberkolosis, bahkan HIV. Biasanya, keringat dingin yang disebabkan oleh infeksi akan diiringi oleh gejala lain, seperti demam, otot tubuh yang terasa nyeri, dan kelemahan.

2. Syok

Selanjutnya, keringat dingin juga bisa dipicu oleh syok. Nyatanya, kondisi ini bukan hanya disebabkan oleh cedera parah saja, tapi juga karena adanya riwayat penyakit akut –sebut saja keracunan darah, kerusakan sistem saraf, atau bahkan gagal jantung.

3. Hipoglikemia

Seperti yang telah Anda ketahui, hipoglikemia adalah kondisi medis yang ditandai dengan rendahnya kadar gula darah dalam tubuh. Selain menyebabkan penderitanya merasa lemah dan pusing, hipoglikemia juga umum sekali memicu keluarnya keringat dingin. Cara paling ampuh untuk menangani kondisi ini adalah dengan segera mengonsumsi makanan/minuman manis.

4. Tekanan darah rendah

Selain hipoglikemia, keringat dingin juga bisa disebabkan oleh hipotensi (tekanan darah rendah). Ya, jika tekanan darah Anda terukur kurang dari 120/80 mmHg, maka Anda benar tengah mengalami hipotensi. Banyak alasan yang dapat memicu kondisi medis ini, seperti kurang minum air, asupan gizi dan nutrisi yang buruk, hingga karena faktor genetik.

5. Sakit & nyeri

Penyebab keringat dingin yang selanjutnya adalah karena Anda sedang mengalami sakit dan nyeri yang parah. Ini pulalah yang terjadi pada individu yang terbukti sedang menderita migrain, luka berat akibat cedera, atau patah tulang.

6. Penyakit jantung

Siapa sangka bahwa keluarnya keringat dingin ternyata dapat menjadi tanda adanya penyakit jantung! Nyatanya, Anda perlu waspada jika keringat dingin terus keluar di siang dan malam hari, karena kondisi ini ternyata dapat mengindikasikan ada yang salah dengan organ jantung Anda. Segera konsultasikan kondisi kesehatan Anda ke dokter atau rumah sakit terdekat jika keluarnya keringat dingin diiringi dengan keluhan lain, seperti nyeri dan sakit pada dada, sulit bernafas, serta detak jantung yang tidak beraturan.

7. Hiperhidrosis

Hiperhidrosis dapat dipahami sebagai kondisi medis yang membuat individu terkait memproduksi keringat dalam jumlah berlebih. Nah, kondisi ini pulalah yang dipercaya ahli dan dokter sebagai salah satu penyebab keluarnya keringat dingin.

8. Kanker

Terakhir, penyebab keringat dingin adalah kanker. Beberapa jenis kanker –seperti kanker limfoma dan ovarium- terbukti dapat membuat penderitanya mengeluarkan keringat dingin, padahal suhu tubuh terukur tinggi (demam).

Itu tadi 8 penyebab keringat dingin yang harus diwaspadai sejak dini. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.