Jaga Kesehatan Kuku dengan Praktikkan 5 Langkah Mudah Ini!

GoDok – Memiliki penampilan yang sempurna sudah barang tentu jadi impian setiap orang, terutama kaum hawa. Karenanya, kini banyak salon dan pusat kecantikan yang menawarkan perawatan seluruh tubuh, termasuk prosedur untuk menjaga kesehatan sekaligus mempercantik kuku.

Walaupun berukuran kecil, namun kesehatan organ tubuh yang satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Alasannya tidak lain karena kuku yang kotor tidak hanya mencerminkan tingkat kehigienisan pemiliknya, namun juga dapat jadi sarang berkembang biaknya kuman dan bakteri penginfeksi tubuh.

Nah, karena alasan kebersihan dan estetika tadi, banyak kaum hawa yang kemudian melakukan berbagai cara untuk merawat kuku, termasuk dengan mencoba praktik menicure & pedicure. Sayangnya, terlalu sering melakukan perawatan ini juga tidak baik untuk kesehatan kuku. Alasannya tidak lain karena paparan berlebih bahan kimia yang digunakan dalam meni & pedi justru dapat membuat kuku Anda rapuh, lho! Lalu, bagaimana caranya agar kuku tetap sehat secara alami? Berikut poin-poin penting yang harus Anda ketahui :

1. Jaga kuku dan tangan Anda tetap kering dan bersih

Perlu Anda ketahui bahwa langkah ini bertujuan untuk mencegah munculnya bakteri di sela-sela kuku. Selain itu, tangan yang terlalu sering basah juga terbukti dapat membuat kuku patah. Karenanya, Anda disarankan untuk menggunakan sarung tangan karet setiap Anda mencuci piring atau pakaian. Mudah, bukan?

2. Hindari kebiasaan menggigit kuku

Jika Anda memiliki kebiasaan menggigit kuku, sebaiknya hentikan hal tersebut mulai dari sekarang. Mengapa? Sebab, selain karena kurang sedap dipandang, kebiasaan ini juga dapat menyebabkan kuku Anda rusak. Selain itu, kebiasaan menggigit kuku juga mempercepat proses perpindahan bakteri dari kuku ke mulut, yang kemudian dapat tertelan dan masuk ke dalam tubuh.

3. Rawat kutikula kuku Anda

Kutikula merupakan lapisan tipis kulit mati yang berada tepat di pangkal kuku. Jangan anggap sepele bagian ini, ya! Sebab kutikula berfungsi untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam akar kuku. Untuk menjaga kesehatan kutikula, Anda disarankan untuk menggunakan pelembap agar kutikula kuku tidak terlalu kering. Mudah, bukan?

4. Gosok kuku dengan sabun

Ketika kuku terlihat kotor akibat tinta, tanah, atau zat lainnya yang sulit hilang; Anda dapat mencoba untuk membersihkannya dengan cara menggosokan sabun. Deterjen pada sabun dijamin dapat menghilangkan kotoran yang berada di dalam kuku secara efektif.

5. Memakan makanan sehat dan bergizi

Selain dengan melakukan perawatan dari luar, Anda juga harus menjaga kesehatan kuku dari dalam. Caranya, cukupi kebutuhan gizi dan nutrisi kuku dengan mengonsumsi beberapa bahan pangan yang kaya akan keratin, seperti kacang almond, pisang, blueberry, dan melon.

Itu tadi beberapa tips dan trik jitu demi menjaga kesehatan kuku. Mulai sekarang, yuk, jaga kesehatan kuku Anda! Semoga bermanfaat!

Comments are closed.