Jaga Kesehatan Anda dengan Hindari 5 Penyebab Disentri

penyebab disentri

GoDok- Penyebab disentri- Anda tentu sudah sering mendengar istilah ‘disentri’. Ya, istilah yang mengacu pada diare akut yang ditandai dengan adanya bercak darah atau lendir pada feses ini memang umum sekali menimpa masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak. Hati-hati! Jika dibiarkan berlarut-larut, disentri dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya, seperti membesarnya megakolon (usus besar), timbulnya luka pada dinding usus, hingga keracunan darah. Tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Sebaiknya, hindari 5 penyebab disentri berikut ini:

1. Tidak mencuci tangan

Penyebab disentri yang pertama adalah kurangnya perhatian Anda terhadap kebersihan diri -contohnya adalah dengan tidak membiasakan diri mencuci tangan. Padahal, kuman penyebab disentri bisa dijumpai di mana saja, baik pada tanah, pohon, hewan peliharaan, dan tempat-tempat publik yang Anda kunjungi. Karenanya, biasakan mencuci tangan Anda dengan air bersih dan sabun setelah bepergian, sebelum makan, dan setelah buang air kecil/besar.

2. Mengonsumsi makanan atau air mentah

Ternyata, kebiasaan mengonsumsi air sungai atau sumur yang tidak dimasak dengan benar dapat membuat Anda dan keluarga rentan terkena disentri. Pasalnya, air ini bisa menjadi sarana penularan kuman penyebab disentri.

Selain itu, kebiasaan mengonsumsi makanan mentah -terutama sayur dan buah yang sering dikonsumsi tanpa dimasak- ternyata juga bisa jadi sarana penyebaran disentri, lho! Karenanya, mulai sekarang biasakanlah untuk mencuci terlebih dahulu kedua panganan tersebut dengan sabun pencuci makanan.

3. Jajan sembarangan

Penyebab disentri yang selanjutnya adalah kebiasaan anak-anak yang sering jajan sembarangan. Memang, hal ini sering dianggap lumrah oleh kebanyakan orang tua; namun, apakah Anda bisa mematikan kebersihan serta kandungan gizi makanan dan minuman yang dikonsumsi si kecil di luaran sana? Bisa saja, jajanan anak terbuat dari bahan yang tidak higienis, atau dibuat di lingkungan yang kumuh.

Solusinya, pastikan bahwa Anda selalu membekali anak makanan dan minuman yang dibuat di rumah. Memang terkesan repot; namun, kesehatan anak merupakan proritas utama Anda sebagai orangtua, bukan?

4. Malas membersihkan rumah dan WC

Kebiasaan yang kerap dilakukan, terutama oleh anak kos dan bujangan, adalah malas membersihkan kamar dan WC. Padahal, bakteri penyebab disentri paling rentan ditularkan melalui feses dan air yang tergenang, dua hal yang umum ditemukan di WC Anda.

Tak hanya kebersihan kakus, kebersihan rumah dan lingkungan sekitar juga penting. Karenanya, teraturlah dalam membersihkan kamar, rumah kos, dan lingkungan sekitar Anda. Yuk, mulai kebiasaan baik ini dari sekarang!

5. Malas mandi

Penyebab disentri yang terakhir adalah kebiasaan jorok Anda yang enggan mandi secara teratur, minimal 2 kali sehari. Padahal, cara ini merupakan alternatif yang paling mudah dipraktikkan demi mencegah penyebaran disentri, lho!

Itu tadi beberapa penyebab disentri yang harus diketahui agar Anda dan keluarga terhindar dari disentri. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.