Jaga Kesehatan Anda dan Keluarga dengan Kenali 6 Gejala Bronkitis

gejala bronkitis

Go Dok- Gejala Bronkitis- Tentunya, Anda sudah sering mendengar nama penyakit ‘bronkitis’. Namun, seberapa dalam Anda mengenal gejalanya? Daripada salah kaprah, ada baiknya Anda menyimak penjelasan lengkap mengenai 6 gejala bronkitis berikut ini!

1. Dada terasa nyeri

Gejala bronkitis yang pertama adalah timbulnya sensasi nyeri di dada. Mengapa bisa begitu? Para ahli mengungkapkan bahwa kondisi ini bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor, seperti batuk secara terus-menerus, penumpukan cairan pada paru-paru, atau karena adanya peradangan (inflamasi).

2. Batuk berdahak

Selanjutnya, gejala bronkitis ditandai dengan batuk berdahak. Berbeda dengan batuk berdahak karena alasan medis lain, dahak khas bronkitis umumnya berwarna kuning atau hijau keabuan. Keluarnya dahak ini kemungkinan besar disebabkan oleh infeksi pada par-paru yang terlanjur parah. Hati-hati! Jika bronkitis tidak segera ditangani, maka batuk bisa saja disertai dengan keluarnya bercak darah. Ini menandakan bahwa peradangan sudah mencapai tingkat kronis.

3. Keluar suara mengi

Perlu diketahui bahwa pada penderita bronkitis, saluran bronchus mengalami peradangan dan pembengkakan. Inilah yang ditenggarai sebagai penyebab keluarnya suara mengi setiap kali penderita menghirup dan mengehela napas.

Apa itu suara mengi? Mengi -atau yang dikenal juga dengan istilah ‘wheeze’- adalah kondisi yang ditandai dengan keluarnya bunyi ‘ngik…ngik’ seiring dengan helaaan dan hembusan napas. Ternyata, mengi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, namun yang paling umum adalah karena adanya penyempitan atau peradangan pada saluran pernapasan.

4. Tubuh demam dan mudah lelah

Gejala bronkitis yang selanjutnya adalah demam dan tubuh yang mudah lelah. Untuk gejala pertama -yaitu demam-, tingkat keparahannya biasanya bervariasi dan bergantung pada stadium bronkitis yang diderita.

Lantas, mengapa penderita bronkitis juga sering mengeluhkan tubuh yang mudah lelah? Penyebabnya ditenggarai karena bronkitis menyebabkan pasokan oksigen dalam darah berkurang. Akibatnya, penderita akan mudah merasa lelah, lesu, dan pucat.

5. Sesak napas

Seperti yang telah Anda ketahui, bronkitis menyebabkan paru-paru penderitanya dipenuhi lendir atau cairan. Akibatnya, volume paru-paru dalam menampung oksigen akan berkurang. Selain itu, lendir dan cairan juga bisa membuat jalur masuk dan keluarnya oksigen menjadi terhambat. Nah, dua kondisi tadilah yang ditenggarai sebagai penyebab munculnya keluhan sesak napas. Mengerikan, bukan?

6. Sakit pada kepala & tenggorokan

Gejala bronkitis yang terakhir adalah sakit pada kepala dan tenggorokan. Untuk gejala yang pertama -yaitu sakit kepala-, biasanya hal ini disebabkan oleh menurunnya suplai oksigen ke otak. Lantas, mengapa penderita bronkitis juga sering mengeluhkan sakit tenggorokan? Banyak ahli yang percaya bahwa hal ini disebabkan oleh batuk yang muncul secara terus-menerus.

Itu tadi 6 gejala bronkitis yang harus Anda ketahui dan waspadai. Ingat! Jika Anda atau keluarga terbukti mengalami beberapa atau banyak gejala di atas, maka jangan ragu lagi untuk berkonsultasi ke dokter atau rumah sakit terdekat. Karena semakin cepat bronkitis ditangani, maka semakin besar pula kemungkinan Anda dapat sembuh secara total. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggung? Segera chat dokter untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasinya di sini.