Intip Cara Sederhana Mengatasi Mata Kering

cara sederhana mengatasi mata kering
Mata kering merupakan kondisi saat seseorang tak memiliki kadar air mata yang cukup dan berkualitas untuk melembapkan serta menutrisi matanya

GoDokCara sederhana Mengatasi Mata KeringMenatap layar gadget -baik laptop, tablet, maupun ponsel pintar- adalah suatu hal yang kini cukup sering Anda saksikan di berbagai tempat. Baik muda-mudi maupun dewasa tampaknya dimaklumi untuk tenggelam dalam ragam layanan gadget mereka. Tak jarang, hal ini menyebabkan mata Anda menjadi tidak sehat, dan menderita kekeringan.

Menurut American Optometric Association, mata kering merupakan kondisi saat seseorang tak memiliki kadar air mata yang cukup dan berkualitas untuk melembapkan serta menutrisi matanya. Sering, Anda menggunakan obat tetes mata atau air mata buatan untuk mengatasi kondisi ini. Padahal, hal ini justru bisa membuat kondisi mata bertambah parah dan menyebabkan ketergantungan. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?

Selain berkonsultasi dengan dokter, berikut cara sederhana yang dapat Anda praktikkan sebagai cara mengatasi mata kering :

Cara sederhana mengatasi mata kering

1. Kurangi kecepatan kipas angin

Cara mengatasi mata kering yang pertama adalah dengan mengurangi kecepatan kipas angin. Pasalnya, salah satu penyebab mata kering adalah terlalu banyak terkena angin, apalagi jika mata Anda kerap terbuka dan jarang berkedip. Nah, mengurangi pergerakan angin yang berlebihan dapat mengatasi hal ini.

2. Gunakan sampo bayi dan air hangat

Cara sederhana mengatasi mata kering yang kedua adalah dengan mencuci kelopak mata menggunakan sampo bayi sembari memijatnya. Setelah itu, Anda harus membilasnya, serta mengompresnya dengan handuk hangat. Langkah-langkah ini sangat berguna untuk mengatasi radang kelopak mata, atau masalah lain pada kelenjar kelopak mata.

3. Konsumsi omega-3 tinggi

Meurut suatu penelitian di tahun 2005, wanita yang mengonsumsi makanan kaya omega-3 akan memiliki mata lebih baik. Nah, karenanya Anda dianjurkan untuk melakukan diet kaya omega-3 dengan memasukkan salmon, kenari, dan biji rami dalam daftar menu makan. Jika perlu, konsumsi pula minyak ikan kod, ya!

(Baca: Penyebab Mata Bintitan; Benarkah Karena Rajin Mengintip?)

4. Minum lebih banyak air

Menurut Andrew Weil, M.D, seorang profesor klinis kedokteran di University of Arizona, meminum banyak air putih terbukti mampu menjaga kelembapan selaput lendir mata Anda. Karenanya, banyak-banyaklah minum air, dan hindari pula terlalu lama di lingkungan yang panas, guna menjaga kelembapan selaput mata.

5. Kompreslah mata Anda

Menurut beberapa ahli, mata kering dapat diatasi dengan mengompresnya menggunakan sesuatu yang lembap dan dingin. Seringnya, alat yang digunakan adalah handuk air dingin. Bersantailah sejenaak, tinggalkan layaar komputer, laptop, dan ponsel pintar Anda, lalu kompres mata. Selain air dingin, Anda dapat pula menggunakan mentimun atau kantung teh dingin.

6. Konsumsi Vitamin C

Cara sederhana mengatasi mata kering yang terakhir adalah dengan memperbanyak konsumsi vitamin C. Pasalnya, kekurangan vitamin C merupakan salah satu penyebab kurangnya air mata yang dihasilkan selaput mata. Karenanya, Anda disarankan untuk banyak mengonsumsi buah-buahan, seperti jambu biji, pepaya, stoberi, dan -tentu saja- jeruk.

(Baca: 6 Penyebab Munculnya Mata Panda)

Nah, itu dia 7 cara sederhana mengatasi mata kering yang penting untuk diketahui. Ingat, jangan mengucek mata terlalu sering demi kesembuhan mata Anda, ya! Semoga bermanfaat!