Inilah Hal yang Harus Dilakukan Setelah Kehujanan

hal yang harus dilakukan setelah kehujanan

Go Dok- Hal yang harus dilakukan setelah kehujanan- Musim hujan telah tiba! Anda harus bersiap-siap dengan awan mendung dan segala persiapan untuk beraktivitas. Tidak jarang, hujan datang tiba-tiba di saat Anda tidak melakukan persiapan dari rumah. Anda pun harus pulang dalam keadaan basah kuyup. Jangan sampai Anda harus jatuh sakit setelah kehujanan. Karena, ada beberapa hal yang harus dilakukan setelah kehujanan agar Anda masih tetap sehat dan bugar. Penasaran apa saja hal tersebut?

Simak hal yang harus dilakukan setelah kehujanan berikut ini!

1. Hindari gerimis pertama

Hujan terkadang romantis, tetapi terkadang menyebalkan! Terlebih ketika Anda sedang tidak bersiap untuk basah kuyup. Eit, tapi ada baiknya Anda menghindari gerimis pertama yang turun di musim penghujan. Mengapa demikian? Curahan hujan yang pertama turun biasanya ringan, namun airnya membawa polutan yang berada di udara. Jadi, jika tidak ingin sakit, hindari gerimis yang pertama turun ya!

2. Tanggalkan baju yang basah

Hal yang harus dilakukan ketika kehujanan yang membuat baju Anda basah adalah Anda harus segera tanggalkan baju yang basah dan menggantinya dengan baju kering. Hal tersebut ditujukan agar kelembapan tidak merembes hingga ke paru-paru Anda dan menyebabkan batuk. Peraturan ini juga berlaku untuk kaus kaki dan baju dalam Anda, ya!

3. Segera mandi dan keramas dengan air hangat

Jika memungkinkan untuk mandi, maka sebaiknya Anda bergegas ke kamar mandi dan membasuh kepala Anda dengan air hangat. Segala bakteri dan penyebab infeksi yang menempel pada tubuh Anda akibat air hujan segera pergi. Gunakan sabun antiseptik agar tubuh Anda tidak hanya bersih, tetapi juga terbebas dari sumber penyakit!

4. Bersihkan kaki

Ketika mandi, berikan perhatian khusus pada kaki-kaki Anda. Di musim hujan, sulit bagi Anda untuk menghindari genangan atau cipratan dari air hujan. Tidak heran jika kaki Anda menjadi sasaran utama bagi bakteri untuk hidup. Belum lagi jika alas kaki Anda basah dan lembap, bakteri tentunya senang untuk berkembang biak. Oleh karena itu, cuci kaki Anda hingga benar-benar bersih. Jika perlu, rendam kaki Anda di air panas dan sikat secara harus dengan garam untuk membasmi penyebab infeksi yang Anda bawa.

5. Keringkan rambut

Hal yang harus dilakukan setalah kehujanan selanjutnya dengan segera mengeringkan rambut Anda setelah keramas. Hal tersebut ditujukan agar Anda tidak terserang demam. Gunakan pengering rambut agar cepat kering dan Anda bisa segera beristirahat dengan nyaman!

6. Gunakan pelembap

Mandi dengan air hangat setelah disiram air hujan memang terasa nyaman dan menenangkan. Namun, Anda harus segera menggunakan pelembap pada kulit Anda. Karena, air hujan dan air hangat dapat membuat kulit Anda kering, gatal, hingga menimbulkan infeksi jika tidak segera ditangani.

7. Perbanyak asupan vitamin C

Anda tentu tidak ingin terserang penyakit bukan? Oleh karenanya, bantu sistem kekebalan tubuh Anda melawan penyakit dengan mengonsumsi vitamin C. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C melalui sumber alami, seperti  jeruk, kentang, anggur, atau stroberi. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen atau minuman dengan kandungan tersebut.

8. Perbanyak konsumsi air putih

Hal yang harus dilakukan setelah kehujanan yang terakhir dengan memperbanyak asupan mineral pada tubuh Anda. Pasalnya, air mineral merupakan obat mujarab untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Dengan banyak mengonsumsi air mineral, tubuh akan lebih mudah untuk melawan demam dan virus flu. Selain itu, air mineral juga membantu Anda membersihkan tubuh dengan membuang penyebab penyakit melalui eksresi. Selalu penuhi kebutuhan air mineral Anda dengan meminum 8 gelas sehari.

Itu tadi hal yang harus dilakukan  setelah kehujanan. Jaga selalu kesehatan Anda, ya!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.